10 Tips Mencegah Diabetes Melitus

10 Tips Mencegah Diabetes Melitus

10 Tips Mencegah Diabetes Melitus

10 Tips Mencegah Diabetes Melitus, Tips mencegah diabetes menjadi yg paling sering dicari banyak orang dikarenakan benar-benar penyakit ini mampu menjadi amat sangat serius ketika tidak dicegah semenjak dini. Ada jutaan orang yg mempunyai gaya hidup tidak sehat bahkan tidak pernah berolahraga yg dapat menyebabkan diabetes. Sebelum hal ini terjadi pada Kamu & keluarga, & juga sebelum terlambat,
Kamu dapat mencegah diabetes dengan melaksanakan perubahan gaya hidup. Lakukan beberapa perubahan sederhana dalam pola hidup Kamu saat ini akan mempermudah Kamu mencegah & mengendalikan diabetes. Memperhitungkan 10 tips kesehatan berikut untuk mencegah diabetes :

1. Laksanakan lebih tidak sedikit kegiatan fisik
Ada banyak manfaat berolahraga dengan cara teratur. Latihan olahraga akan membantu meningkatkan sensitivitas tubuh Kamu terhadap insulin, yg mempermudah untuk menjaga kadar gula darah dalam batas kisaran normal. Dalam sebuah penelitian yg dilakukan pada laki laki yg diikuti selama 10 tahun, untuk setiap 500 kkal yg dibakar per minggu lewat latihan, ada penurunan 6% risiko relatif untuk pengembangan diabetes. Penelitian itu pun mencatat manfaat yg lebih besar pada laki-laki yg lebih gemuk.

Dengan meningkatkan olahraga, tubuh memanfaatkan insulin lebih efisien hingga 70 jam sesudah latihan. Jadi, berolahraga 3-4 kali seminggu sangat bermanfaat sekali pada kebanyakan orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari latihan aerobik & latihan ketahanan bisa membantu mengendalikan diabetes, namun manfaat paling besar berasal dari program fitness yg meliputi keduanya. Perlu dicatat bahwa banyak manfaat olahraga yg independen pada penurunan berat badan. Tetapi, apabila dikombinasikan dengan penurunan berat badan, keuntungannya dapat meningkat secara substansial.

2. Dapatkan banyak serat dalam makanan
Makanan berserat tidak cuma mengurangi risiko diabetes dengan meningkatkan kontrol gula darah namun pula menurunkan resiko penyakit jantung & menjaga berat tubuh ideal dengan membantu Kamu merasa kenyang. Makanan tinggi serat antara lain buah-buahan, sayuran, biji-bijian, kacang-kacangan & umbi-umbian. Salah satu makanan tinggi serat yg terbukti mampu mengendalikan diabetes ialah dedak padi atau bekatul.

3. Makanlah kacang-kacangan & biji-bijian
Walaupun tidak jelas kenapa, biji-bijian dapat mengurangi risiko diabetes & membantu menjaga kadar gula darah. Dalam suatu studi pada lebih dari 83.000 wanita, mengkonsumsi kacang-kacangan (& selai kacang) tampaknya menunjukkan sekian banyak efek perlindungan terhadap pengembangan diabetes. Perempuan yg mengkonsumsi lebih dari lima porsi satu ounce kacang per minggu menurunkan resiko terkena diabetes di bandingkan perempuan yg tidak mengkonsumsi kacang sama sekali.

4. Turunkan berat badan
Kurang Lebih 80% penderita diabetes kegemukan & kelebihan berat badan. Apabila Kamu kelebihan berat badan, pencegahan diabetes akan bergantung pada penurunan berat badan. Setiap kg Kamu kehilangan berat badan mampu meningkatkan kesehatan Kamu. Dalam suatu penelitian, orang dewasa yg kegemukan mengurangi risiko diabetes mereka sebesar 16 % untuk setiap kilogram berat badan yg hilang. Serta, mereka yg kehilangan sebanyak berat setidaknya 5 hingga 10 % berat badan awal & berolahraga dengan cara rutin mengurangi risiko diabetes nyaris 60 persen dalam tiga tahun.

5. Perbanyak minum product susu rendah lemak
Data tentang product susu rendah lemak tampaknya berbeda-beda, tergantung apakah Kamu gemuk atau tidak. Pada penderita obesitas, makin banyak susu rendah lemak yg dikonsumsi, makin rendah risiko sindrom metabolik. Dengan Cara khusus, mereka yg mengkonsumsi lebih dari 35 porsi product susu tersebut seminggu mempunyai risiko jauh lebih rendah di bandingkan mereka yg sering mengkonsumsi kurang dari 10 porsi dalam seminggu. Menariknya, hubungan ini tidak demikian kuat pada orang yg ramping.

6. Kurangi lemak hewani
Dalam suatu penelitian pada lebih dari 42.000 orang, diet tinggi daging merah, daging olahan, product susu tinggi lemak, & permen, dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes nyaris dua kali dari mereka yg makan diet sehat. faktor ini independen pada berat tubuh & faktor-faktor lain.

7. Kurangi mengkonsumsi gula
Mengkonsumsi gula saja tidak terkait dengan pengembangan diabetes type 2. Tetapi, setelah disesuaikan dengan berat tubuh & variabel lainnya, tampaknya ada hubungan antara minum minuman sarat gula & pengembangan diabetes type 2. Perempuan yg selalu minum satu atau lebih minuman bergula sehari mempunyai nyaris dua kali lipat risiko terkena diabetes daripada perempuan yg hanya kadang-kadang atau tidak minum minuman bergula.

8. Berhenti merokok
Merokok selain berkontribusi pada penyakit jantung & menyebabkan kanker paru-paru namun pula terkait dengan pengembangan diabetes. Merokok lebih dari 20 batang sehari mampu meningkatkan risiko diabetes lebih dari tiga kali lipat di bandingkan orang yg tidak merokok. Penyebab pasti untuk faktor ini belum diketahui dengan baik. Bisa Jadi merokok secara langsung menurunkan kemampuan badan untuk menggunakan insulin. Tidak Hanya itu, ada jalinan antara merokok & distribusi lemak tubuh. Merokok cenderung mendorong bentuk badan “apel” yg merupakan faktor risiko untuk diabetes.

9. Hindari lemak trans
Hindari konsumsi lemak trans (minyak sayur terhidrogenasi) yg banyak sekali digunakan pada product olahan & makanan siap saji. Minyak tersebut berkontribusi pada peningkatan risiko penyakit jantung & diabetes tipe- 2.

10. Dapatkan dukungan
Dari, keluarga atau group yg meringankan Kamu dalam mencegah diabetes. Mereka mampu memberi dukungan Kamu dalam mempertahankan lifestyle sehat baru Kamu.

“Semoga Artikel Ini Dapat Bermanfaat”

You may also like...

1 Response

  1. February 10, 2016

    […] »» Lihat 10 Tips Mencegah Diabetes Melitus […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *