Pemeriksaan Pap Smear

Pemeriksaan Pap smear atau Pap Test merupakan tes spesifik yg dimanfaatkan untuk dapat mendeteksi dini terjadinya kanker leher rahim / kanker serviks. Aktivitas seksual adalah salah satu  predisposisi penyebab kanker serviks. Maka karena itu, Pap Smear menjadi salah satu pemeriksaan yg utama dilakukan oleh para wanita yg sudah aktif secara seksual. Meskipun Pap smear cuma metoda skrining yg fungsinya buat pencegahan Kanker Serviks, tapi metode ini sanggup mendeteksi adanya lebih dari 90 persen kanker leher rahim tahap awal yg tetap mungkin saja untuk disembuhkan.

Pap Smear

Pap Smear

Cara Kerja Pap Smear
Pap smear sebaiknya dapat dilakukan minimal satu kali dalam satu tahun. Pap Smear dilakukan tepat diatas meja ginekologi oleh seseorang dokter kandungan atau tenaga kesehatan lainnya, langkah-langkah dalam melakukan pemeriksaan Pap Smear ialah sebagai berikut :

Pemeriksaan dalam ini memakai spekulum yg sangat berfungsi buat membuka liang pada vagina.
Setelah terbuka pemeriksa dapat dilakukan & cairan leher rahim diambil dengan memakai  spatula & sebuah sikat kecil yg sangat halus. Cairan yang berasal dari serviks tersebut selanjutnya dioles pada sebuah object glass & dibawa ke laboratorium untuk dilakukan proses & membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 3–7 hari untuk didapatkan hasilnya dari laboratoriumnya.
Dari hasil pemeriksaan dapat diketahui apakah sel-sel leher rahim normal atau telah menunjukkan adanya tanda-tanda tidak normal (gejala awal terjadinya kanker serviks)
Dari 80 % sel yg tidak normal belum pasti itu merupakan Gejala kanker Serviks, dikarenakan hanya mampu disebabkan oleh virus yg telah terinfeksi atau dikarenakan adanya peradangan oleh sebab lain pada Vagina. apabila di lihat dari perbandingan, mungkin cuma kira kira sekitar 10 persen hasil pap smear yg bermasalah. & dari seluruh hasil pap smear yg menunjukkan masalah, cuma sekitar 1 % saja yg berpotensi untuk berkembang menjadi kanker serviks pada wanita.

Persiapan Sebelum Melakukan Pemeriksaan Pap Smear

Bila kamu berencana melaksanakan Pemeriksaan Pap Smear maka hasil yg dihasilkan akuratatau positif, sebaiknya kamu menghindari banyak hal sebagai berikut :

√  Jalankan Pemeriksaan Pap Smear diwaktu kamu Tidak sedang dalam keadaan haid atau ada perdarahan.
√  Laksanakan Pemeriksaan Jika 3 hari setelah haid selesai.
√  Tidak boleh melakukan hubungan seksual, minimal 3 hari(3×24 jam).
√  Tidak boleh menggunakan douch, cairan pembersih vagina atau antiseptik sejenisnya yg dimasukkan ke dalam mulut vagina (Tetapi untuk membersihkan daerah pada bagian luar vagina masihlah diperbolehkan).
Tidak dalam keadaan hamil. melakukan Pemeriksaan papsmear sebaiknya dilakukan dua atau tiga bulan sesudah melahirkan, atau disaat darah nifas telah bersih.

Utuk Lebih Jelasnya Bagainmana Melakukan Pemeriksaan Pap Smear, Lihat Tutorial Video Ini

 

“Semoga Dapat Bermanfaat”

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *