Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Penyebab dan Faktor Risiko Diabetes

Agar dapat mengetahui mengenai diabetes Melitus atau gula darah kamu mesti mengerti bagaimana glukosa diproses didalam tubuh secara normal.

Bagaimana glukosa bekerja secara normal

Glukosa merupakan salah satu sumber energi utama yang sangat penting bagi tubuh. Glukosa berasal dari dua sumber yg utama, yaitu makanan & hati. Disaat mencerna makanan gula diserap ke dalam aliran darah dan dibantu oleh hormon insulin (hormon yg bertugas mengatur metabolisme karbohidrat). Hormon insulin dihasilkan oleh organ pankreas. Dalam proses ini hati (liver) yang bertindak sebagai gudang penyimpanan & pusat pengolahan. Misalnya waktu kamu tidak makan untuk beberapa waktu, hati bakal melepaskan glukosa yg tersimpan untuk menjaga kadar glukosa tetap normal.

»» Lihat Gejala Diabetes Melitus Atau Gula Darah

Penyebab Diabetes

Penyebab diabetes type 1

Pada diabetes type 1, system imun kamu yg normalnya berfungsi untuk melawan bakteri atau virus malah menyerang hormon insulin. Keadaan ini menciptakan kamu kekurangan atau bahkan tak mempunyai insulin. Alih-alih dihantarkan ke dalam sel, gula dapat menumpuk di dalam aliran darah.

Penyebab prediabetes & diabetes tipe 2

Pada kondisi prediabetes – yg mampu menyebabkan diabetes type 2 – & diabetes type 2, sel menjadi resisten terhadap hormon insulin. faktor ini menyebabkan pankreas tak sanggup menghasilkan cukup insulin. Alih-alih mengalirkan ke dalam sel, gula akan menumpuk di dalam darah. Penyebab pastinya tidak diketahui meski kelebihan lemak & perilaku pasif merupakan hal utama.

»»  Lihat 8 Jenis Buah Segar Yang Baik Buat Penderita Diabetes

Penyebab gestational diabetes

Disaat kehamilan, plasenta memproduksi hormon untuk menopang kehamilan. Hormon ini menciptakan sel lebih resisten pada insulin. Seiring pembesaran plasenta pada tiga bln ke-2 & ke-3, sehingga hormon tersebut makin banyak dihasilkan.

Normalnya pankreas dapat merespon dengan menghasilkan lebih banyak insulin. Tetapi terkadang pankreas justru tak dapat meresponnya. Ini menciptakan glukosa banyak menumpuk di darah & tak terserap ke dalam sel.

Factor Risiko Terkena Diabetes

Factor risiko diabetes didasarkan pada type diabetes.

Factor risiko diabetes type 1

Meskipun penyebab pasti diabetes type 1 tak diketahui, factor keturunan kemungkinan mempengaruhi. Factor lain yg memungkinkan adalah terkena penyakit yg disebabkan virus.

Factor risiko diabetes type 2

  • Lemak. Semakin banyak lemak pada jaringan tubuh kamu, makin tinggi pula resistensinya pada insulin.
  • Perilaku pasif. Perilaku pasif dapat menciptakan lemak dalam tubuh tak terbakar. Aktifitas fisik akan membantu mengontrolnya & semakin banyak pemakaian glukosa untuk energi sehingga semakin sensitif sel kamu terhadap glukosa.
  • Factor keturunan. Resiko diabetes yg bersumber dari sejarah keluarga, bila keluarga dekat kamu pernah mengidap diabetes, waspadalah bila diabetes juga bakal terjadi terhadap kamu.
  • Umur. Risiko dapat meningkat seiring dengan umur di mana aktifitas fisik cenderung menurun.
  • Gestational diabetes. Seandainya kamu mempunyai gestational diabetes diwaktu hamil, sehingga risiko mengalami prediabetes & diabetes type 2 akan meningkat setelah itu. Apabila bayi yg kamu lahirkan mempunyai berat lebih dari 4 kilogram maka kamu juga berisiko terkena diabetes type 2.
  • Polycystic ovary syndrome. Ditandai dengan masa menstruasi yg tidak rutin, tumbuh rambut yg terlalu banyak & obesitas.

»» Lihat 10 Tips Mencegah Diabetes Melitus

Keadaan lain yg terkait diabetes antara lain :

  • Tekanan darah tinggi (Hipertensi)
  • Kolesterol tinggi

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *