Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah

Ciri Ciri Nyamuk Demam Berdarah-Membedakan nyamuk Aedes Aegepty cukuplah mudah lantaran dia mempunyai karakter wujud & penampilan yg berbeda dari kategori nyamuk yang lain. Aegypti cenderung berukuran sedang & mempunyai wana kecoklatan. Pada tungkai kaki ditutupi sisik juga bintik-bintik (yg sebenarnya garis) berwarna putih. Seandainya Kamu jeli, sehingga pada bagian punggung Kamu dapat menjumpai bagian dorsal atau punggung dengan dua garis lengkung secara vertical tepat di sektor kiri juga kanan. Nyamuk ini pun mempunyai sisik pada badan, tetapi di sayangkan tidak dapat diliat dengan cara kasat mata.

»» Lihat Penyebab Terjadinya Penyakit Demam Berdarah

Nyamuk ini digolongkan ke dalam jenis diurnal, yg bermakna bahwa dirinya aktif baik itu tengah malam ataupun siang hari. Menariknya, nyamuk jantan & betina A. Aegypti ini mempunyai pola konsumsi yg tidak serupa. Nyamuk jantan sama sekali tidak menghisap darah Kamu karena kebutuhan energinya tercukupi dengan cara menghisap nektar bunga atau tumbuhan lain. Justru sang betina-lah yg selama ini berperan sebagai penyebar virus lewat gigitannya dikarenakan kebutuhan energinya didapatkan melalu mengkonsumsi darah.

Nyamuk demam berdarah senang kondisi yg minim cahaya pula tertarik pada wana hitam & merah. Sebenarnya tak seluruhnya nyamuk Aedes Aegypti betina mampu menularkan virus dengue. Hanya yg sudah terinfeksi virus dengue saja yg berperan sebagai vector dengue. Uniknya, kalau nyamuk sudah terjangkiti virus dengue, maka kemampuannya untuk menghisap darah jadi menyusut bahkan lebih sering tidak berhasil. Hal inilah yg memicu penyakit demam berdarah cepat tersebar lantaran si nyamuk cenderung berpindah-pindah pada target yg satu ke yg lain. Mengingat gigitan nyamuk yg satu ini tidak selalu berhasil menghisap darah.

»» Gejala Penyakit Demam Berdarah Dengue

Ciri Ciri Lain Nyamuk Demam Berdarah Yaitu :

Masa aktif

Kedua jenis tipe nyamuk ini biasanya sering aktif di pagi hingga sore hari. Yg bertugas menyedot darah merupakan nyamuk betina, usai kawin. Zat dalam darah dimanfaatkan nyamuk betina untuk mengawali pembiakan. Masa puncak nyamuk menyerang di pagi hari pada jam 08.00-11.00. Setelah Itu di sore hari pada pukul 15.00-18.00.

Tempat hidup

Aedes aegypti suka bertelur di dalam rumah & menghisap darah makhluk hidup di dalam rumah. Aedes albopictus biasanya bertelur & berkembang biak di wilayah sekitar luar rumah & menghisap darah diluar rumah. Keduanya sama-sama senang menempatkan telur-telurnya di air yg jernih. Benih nyamuk rata rata tumbuh menjadi nyamuk dewasa yg lebih kuat pada periode kemarau sebab terlatih bertahan di cuaca yg ekstrem. Tapi di masa hujan, benih nyamuk dapat semakin banyak, seiring banyak terdapat genangan air. Tidak dibutuhkan genangan air yg dalam utk menciptakan telur-telur nyamuk berkembang.

»» Lihat Pencegahan Penyakit Demam Berdarah

Yang disukai aedes

Nyamuk aedes menyukai beristirahat di tempat-tempat yg lembap, seperti pada gantungan baju-baju Kamu & pepohonan. Warna-warna gelap seperti hitam & biru pula lebih disukainya. Bau keringat Kamu dapat menariknya datang & menghisap darah. Semakin pekat bau keringat, sehingga aedes dapat lebih tajam mengendus keberadaan Kamu.

Yang tidak disukai aedes

Benih nyamuk tak dapat sanggup bertahan di lingkungan kering atau tanpa air. Bau-bauan tertentu pula mampu membuatnya pergi jauh, seperti bau tanaman zodiac, bunga lavender, rosemarry, & sere wangi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *