Reflek Pada Bayi

Reflek Pada Bayi

Reflek Pada Bayi

Reflek Pada Bayi

Bayi yg baru lahir sebenarnya telah mempunyai reflek sebagai pertanda bahwa ia siap menjalani kehidupan selanjutnya di luar kandungan. Refleks yg terjadi pada bayi dapat juga sebagai ungkapan bayi untuk memberikan pertanda pada sang ibu. Salah satu refleks yg utama pada bayi ialah reflek menghisap, di mana apabila sektor bibir bayi tersentuh sehingga ia dapat mengakses mulut utk lakukan hisapan. Menjadi buat para ibu diinginkan peka kepada aktivitas kegiatan yg dilakukan oleh sang buah hati lantaran itu cara komunikasi bayi dengan ibu. Berikut merupakan 12 macam refleks pada bayi.
Macam – Macam Refleks Pada Bayi

  1. Reflek moro
    Apabila bayi tersentuh & kaget disaat kita meletakkan benda didekat bayi atau kita menyeret alas tidurnya dengan cara tiba tiba, sehingga bayi akan muncul respon membentangkan ke dua tangan & kaki dengan cara bersamaan & kembali lagi. Bersamaan dengan itu bayi dapat menggenggamkan ke-2 tangannya.
  2. Reflek rooting
    Reflek rooting umumnya digunakan oleh ibu ketika hendak menyusui bayi, sebab pada reflek ini jika pipi atau sudut bibir bayi disentuh maka kepala bayi akan berputar kearah rangsangan.
  3. Reflek swallowing
    Saat kita memasukkan puting susu atau dot & bayi mulai menghisap seterusnya menelan. & waktu bayi sedang menelan inilah yg dinamakan reflek swallowing.
  4. Reflek berkedip
    Sebenarnya pada reflek berkedip tidak hanya dimiliki oleh bayi saja melainkan dimiliki oleh seluruh usia, seandainya seseorang tidak memiliki reflek berkedip maka itu suatu pertanda adanya masalah. Reflek berkedip dapat kita lihat disaat mata terkena sinar matahari, atau cahaya lampu, ataupun tersentuh tangan atau benda asing sehingga automatis mata dapat menutup.
  5. Reflek pupil
    Reflek pupil dapat kita lihat dengan memanfaatkan sinar terang didekatkan pada mata seandainya terjadi kontriksi maka normal. Reflek pupil pun berlangsung pada semua usia.
    refleks bayi lahir tak normal
  6. Reflek glabela
    Apabila kita melakukan ketukan halus pada bagian antara ke-2 mata sehingga mata bakal berkedip.
  7. Reflek crawling
    Apabila kita memposisikan bayi tengkuarap sehingga si bayi akan memposisikan kakinya seakan-akan dapat merangkat. Hal tersebut terjadi dikarenakn disaat didalam kandungan posisi kaki bayi tertekuk kearah kakinya.
  8. Reflek stepping
    Apabila bayi dipegang pada bagian ketiaknya selanjutnya diposisikan seperti berdiri, sehingga bayi akan memposisikan kakinya tungkai diluruskan seakan akan ingin jalan.
  9. Reflek babinski
    Jika kita meletakkan tangan kita pda telapak tangan atau telapak kaki pada bayi maka tangan & kaki bayi akan muncul respon mengkerutkan jari jarinya seolah olah mau menggenggam.
  10. Reflek plantar
    Disaat kita menyentuh telapak bayi dengan lembut sehingga jari jari bayi dapat mencengkeram sangat erat.
  11. Reflek menghisap
    Apabila kita sentuh daerah sekitar bibir bayi maka bayi dapat memutar kepalanya kearah rangsangan & membuka mulutnya sebagai pertanda bayi siap untuk disusui.
  12. Reflek swimming
    Merupakan gerakan mengayuh & menendang seperti berenang akan muncul disaat bayi diletakkan dalam lokasi yg berisi air. Reflek swimming biasanya akan mulai menghilang disaat bayi telah menginjak umur 4 bulan.

»» Lihat Lima Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi

»» Lihat Nilai Apgar Score Pada Bayi Baru Lahir

»» Lihat SOP Perawatan Tali Pusat

You may also like...

1 Response

  1. May 30, 2016

    […] »» Lihat Reflek Pada Bayi […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *