Jenis Jenis Kanker Payudara

Jenis Jenis Kanker Payudara

Jenis Jenis Kanker Payudara

Jenis Jenis Kanker Payudara

Payudara terbentuk dari jaringan lemak, jaringan ikat, & ribuan lobulus (kelenjar kecil penghasil air susu). Ketika seseorang perempuan yang telah melahirkan, Air Susu Ibu (ASI) dapat dikirim ke puting melalui saluran kecil ketika menyusui.

Sel-sel dalam tubuh kita umumnya tumbuh & berkembang biak dengan cara teratur. Sel-sel baru cuma terbentuk disaat dibutuhkan. namun proses dalam tubuh pengidap kanker dapat berbeda.

Proses tersebut dapat berlangsung dengan cara tidak wajar maka pertumbuhan & perkembangbiakan sel-sel menjadi tidak terkendali. Sel-sel abnormal tersebut juga dapat tersebar ke bagian-bagian tubuh lain melalui aliran darah. Inilah yg dinamakan kanker yg mengalami metastasis.

»» Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Apabila terdeteksi pada stadium awal, kanker bisa diobati sebelum menyebar ke bagian lain tubuh. Gejala awal kanker payudara ialah benjolan atau penebalan pada jaringan kulit payudara. Namun sebagian besar benjolan belum pasti menandakan kanker.
Penderita Kanker Payudara di Indonesia

Kejadian kanker payudara di Indonesia sendiri mencapai sekitar 40 kasus setiap 100.000 penduduk pada thn 2012, menurut data yang didapat dari organisasi kesehatan dunia (WHO). Di Bandingkan dengan negara tetangga kita, Malaysia, & Singapore. kanker payudara di Indonesia lebih banyak diderita oleh perempuan usia muda & pada tahap yg lebih lanjut.

Kanker payudara tidak hanya menyerang kaum perempuan namun juga laki-laki meskipun jarang.
Apa saja Jenis Kanker Payudara?

Dua di antara tiga perempuan yg mengidap kanker payudara berusia diatas 50 thn. Disaat Kamu menyadari adanya gejala kanker payudara, Kamu dianjurkan untuk cepat mengonsultasikannya ke dokter. Sesudah pemeriksaan, dokter umumnya merujuk Kamu ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut guna menentukan diagnosis.

Jenis Jenis Kanker Payudara

Kanker payudara umumnya terbagi dalam dua jenis, yakni non-invasif & invasif. Penjelasan lebih detailnya ialah sebagai berikut :

Kanker payudara invasif

Bentuk paling umum dari kanker payudara invasif ialah kanker payudara duktal invasif yg berkembang pada sel-sel pembentuk saluran payudara. Kata invasif yang berarti kanker ini dapat menyebar di luar payudara. Kurang Lebih 80 % dari seluruh kasus kanker payudara invasif adalah jenis semacam ini.

Jenis kanker payudara invasif lain meliputi :

  • Kanker payudara lobular invasif. Penyakit ini dapat  berkembang pada sebuah kelenjar penghasil susu yg dinamakan lobulus.
  • Kanker payudara terinflamasi.
  • Kanker Paget pada payudara.

Jenis-jenis kanker ini pula dikenal juga sebagai kanker payudara sekunder/metastasis. Jenis ini akan menyebar ke bagian lain tubuh. Penyebarannya umumnya melalui kelenjar getah bening (kelenjar kecil yg menyaring bakteri dari tubuh) atau dalam aliran darah.

Kanker payudara non-invasif

Wujud kanker non-invasif umumnya ditemukan melalui mamografi dikarenakan jarang menimbulkan benjolan. type ini pun sering dinamakan pra kanker. Jenis yg paling umum dari kanker ini ialah duktal karsinoma in situ. Type kanker payudara ini memiliki sifat yang  jinak & biasanya ditemukan dalam saluran (duktus) payudara, serta belum menyebar.

You may also like...

1 Response

  1. March 17, 2016

    […] »» Jenis Jenis Kanker Payudara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *