Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara-Kanker payudara ialah jenis kanker yg berkembang hidup dari sel-sel payudara. Kanker payudara umumnya dimulai dari lapisan dalam saluran susu atau lobulus. Kanker payudara yg awalnya dimulai dalam lobulus dikenal juga sebagai karsinoma lobular, sementara yg terjadi di dalam saluran susu dinamakan karsinoma duktal.

Kanker payudara merupakan kanker invasif yg paling umum pada perempuan di seluruh dunia. Kanker jenis ini menyumbang 16% dari seluruh kanker yg menyerang perempuan & 22,9% dari kanker invasif pada perempuan. Sebanyak 18,2% dari seluruh kematian akibat kanker di seluruh dunia, termasuk juga pria & wanita, berasal dari kanker payudara.

»» Jenis Jenis Kanker Payudara

Sebagian besar kanker payudara memiliki prognosis yg lebih baik bila dilakukan tindakan perawatan pada fase awal perkembangannya. Oleh sebab itu, deteksi dini dari tanda & gejala kanker payudara akan sangat penting, terlebih pada perempuan dengan risiko tinggi terkena kanker payudara.

Angka kejadian tentang kanker payudara jauh lebih tinggi pada negara maju di bandingkan dengan negara berkembang. Ada beberapa argumen terjadinya fenomena ini, dengan kemungkinan adanya harapan hidup menjadi salah satu factor kunci – kanker payudara seringkali terjadi pada perempuan lansia; wanita di negara-negara maju hidup lebih lama di bandingkan di negara-negara berkembang. Para ahli pula meyakini gaya hidup & kebiasaan makan yg berbeda dari wanita di negara-negara maju & berkembang jugamenjadi hal penyebab.

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Suatu gejala hanya dirasakan oleh pasien, & dapat dijelaskan ke dokter atau perawat, seperti nyeri/sakit kepala atau sakit, sedangkan tanda ialah sesuatu yg pasien & orang lain akan mendeteksinya, misalnya ruam atau pembengkakan.

Gejala awal kanker payudara ini umumnya ditandai dengan penebalan suatu area dari jaringan di payudara wanita, atau terkadang ditemui benjolan. Walaupun mayoritas benjolan bukanlah kanker, tetapi, apabila menemui benjolan di payudaranya, seorang perempuan mesti langsung memeriksakan diri pada ahli kesehatan.

Menurut National Health Service (NHS), Inggris, perempuan yg mendeteksi tanda-tanda atau gejala berikut mesti langsung memeriksakan diri :

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

Tanda Dan Gejala Kanker Payudara

  • Rasa sakit di ketiak atau payudara yg tampaknya tidak terkait dengan masa menstruasi
  • Adanya benjolan di payudara
  • Pitting atau kemerahan pada kulit payudara; terkadang seperti kulit jeruk
  • Penebalan sebuah area dari jaringan di payudara
  • Ruam di sekitar (atau di atas) salah satu puting
  • Pembengkakan (benjolan) di salah satu ketiak
  • Kulit puting susu atau kulit payudara mulai mengelupas, bersisik atau menyerpih.
  • Salah satu puting mengelupas, kadang-kadang mungkin terdapat darah
  • Perubahan ukuran atau bentuk payudara
  • Perubahan puting dalam penampilan, bisa saja menjadi cekung atau terbalik

You may also like...

1 Response

  1. March 17, 2016

    […] »» Tanda Dan Gejala Kanker Payudara […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *