Tanda Dan Gejala Preeklamsia

Tanda Dan Gejala Preeklamsia

Tanda Dan Gejala Preeklamsia

Tanda Dan Gejala Preeklamsia

Tanda Dan Gejala Preeklamsia-Preeklamsia merupakan suatu komplikasi pada kehamilan yg ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) & tanda-tanda kerusakan organ, contohnya kerusakan ginjal yg ditunjukkan oleh tingginya kadar protein pada urine (proteinuria).

Gejala preeklamsia umumnya muncul diwaktu usia kehamilan memasuki minggu ke-20 atau lebih (paling umum usia kehamilan 24-26 minggu) sampai tidak lama sesudah bayi lahir. Preeklamsia yg tidak disadari oleh sang ibu hamil dapat berkembang menjadi eklamsia, kondisi medis serius yg mengancam keselamatan ibu hamil & janinnya.

»» Lihat Faktor Penyebab Preeklamsia

Pada tahun 2014 preeklamsia & eklamsia menjadi penyebab kematian disaat kehamilan No. tiga tertinggi didunia, dengan menyumbang 14 % dari total kematian disaat kehamilan seluruh dunia, menurut lembaga kesehatan intenasional.
Gejala Preeklamsia

Kadang, preeklamsia dapat berkembang tanpa gejala apa pun atau cuma muncul gejala-gejala ringan.

Tanda dan gejala utama dari preeklampsia ialah tekanan darah yg terus meningkat. Naiknya tekanan darah dapat terjadi dengan lambat, akibatnya sulit untuk memastikan kondisi ini. Oleh lantaran itu, memonitor tekanan darah secara teratur menjadi faktor utama untuk dilakukan selama masa kehamilan. Apabila tekanan darah perempuan hamil mencapai 140/90 mm Hg atau lebih, segeralah berkonsultasi dengan dokter kandungan, terutama apabila tekanan darah di level ini ditemukan dalam 2 kali pemeriksaan teratur yg terpisah.

Selain hipertensi, tanda dan gejala umum yang lain dari preeklamsia yaitu :

  • Sesak napas, lantaran ada cairan di paru-paru.
  • Berkurangnya volume urine.
  • Sakit kepala parah.
  • Gangguan penglihatan. Pandangan hilang sementara, menjadi kabur, & sensitif pada cahaya.
  • Mual & muntah.
  • Rasa nyeri pada perut bagian atas. Kebanyakan dibawah tulang rusuk sebelah kanan.
  • Meningkatnya kandungan protein pada urine (proteinuria).
  • Gangguan fungsi hati.
  • Pembengkakan pada telapak kaki, pergelangan kaki, wajah & tangan.
  • Berkurangnya jumlah trombosit dalam darah.

Laju pertumbuhan janin yg melambat pun dapat menandakan sang ibu mengidap preeklamsia. Keadaan ini disebabkan berkurangnya pasokan darah ke plasenta maka janin mengalami kekurangan pasokan oksigen & nutrisi.

Agar preeklamsia dapat langsung terdiagnosis & ditangani, lakukanlah konsultasi teratur dengan dokter kandungan setiap bulan. Jangan Sampai ragu untuk melakukan konsultasi dengan dokter kandungan lebih sering apabila merasakan gejala-gejala yg tidak wajar selagi masa kehamilan.

You may also like...

1 Response

  1. March 18, 2016

    […] »» Lihat Tanda Dan Gejala Preeklamsia […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *