Tanda Dan Gejala Penyakit Dermatitis

Tanda Dan Gejala Penyakit Dermatitis

Tanda Dan Gejala Penyakit Dermatitis

Tanda Dan Gejala Penyakit Dermatitis

Tanda Dan Gejala Penyakit Dermatitis – Seringkali beberapa orang tidak menyadari ada gejala-gejala dermatitis pada kulitnya. Kadang mereka menganggapnya biasa & dikira dapat mudah hilang.

Ditinjau dari parah tidaknya akibat yg ditimbulkan maka penyakit dermatitis dapat dibagi 2, yakni :

Dermatitis Ringan

Dikatakan ringan dikarenakan gejala yg ditimbulkan hanya berupa kulit yg memerah kering yg dapat atau pun tidak bisa menimbulkan rasa gatal. umumnya menyerang daerah kaki atau lengan.

Dermatitis Akut

Selain mempunyai gejala yg hampir mirip dengan dermatitis ringan tetapi yg membedakan ialah rasa gatal yg dialami terus-menerus (intens) & setiap daerah kulit dipengaruhi. Seperti pada bagian depan siku, belakang lutut & wajah. Eksim ini semakin parah pada waktu musim dingin dikarenakan udara dalam ruangan sangat kering.

Maka bagi yg mau melihat apakah ada tanda-tanda umum dari penyakit dermatitis ini, antara lain : kulit kemerah-merahan, dapat kering atau juga basah, & rasa gatal yg apabila digaruk dalam jangka panjang menyebabkan kulit menjadi lebih tebal & bersisik dengan warna yg agak kehitaman

»» Lihat Penyebab Dermatitis

Penanganan yg Dapat Dilakukan

Penanganan bagi penderita dermatitis dapat bervariasi. Jika masih ringan sebenarnya tidak butuh diobati tetapi disarankan untuk menjaga kebersihan & kulit dijaga agar tidak terlalu kering. Tetapi apabila terjadi infeksi akibat daerah gatal yg digaruk, disarankan untuk menggunakan krim hidrokortison beberapa kali pemakaian dalam sehari.

Bagi penderita dermatitis akut, dapat memakai krim steroid bisa juga dengan obat antihistamin untuk dapat mengontrol rasa gatal, melakukan kompres dingin & pemberian antibiotik. apabila tidak ada perubahan sejak pengobatan tersebut, maka periksakanlah ke dokter. Tetapi pemakaian antibiotik ini mesti diperhatikan supaya tidak memunculkan efek samping antibiotik yg semakin memperparah kondisi.

Meskipun penyakit dermatitis tidak menular & tidak membahayakan jiwa, penting juga untuk mengenalinya. Dengan begitu bisa dihindari resikonya. Seperti contoh, disaat telah mengetahui penyebab dari penyakit dermatitis (eksim) yg diderita, maka sebaiknya langsung dihindari supaya jangan sampai berkepanjangan. Dermatitis yg diderita dapat diperburuk dikarenakan kondisi penderita yg secara emosional mengalami stres, perubahan suhu & kelembaban udara. Meski penyebab stres terdengar sepele tetapi apabila tidak ditangani dengan cara tepat dapat menyebabkan gejala depresi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *