Penyakit Kanker Darah Atau Leukemia

Penyakit Kanker Darah Atau Leukemia

Penyakit Kanker Darah Atau Leukemia

Penyakit Kanker Darah Atau Leukemia

Pengertian

Kanker darah atau leukemia merupakan kanker yg menyerang sel-sel yg membentuk sel darah dalam sumsum tulang. Pada keadaan normal, sel-sel darah putih dapat berkembang secara teratur di saat tubuh membutuhkannya untuk memberantas infeksi yg muncul.

Tetapi lain halnya dengan pengidap kanker darah. Sumsum tulang akan memproduksi sel-sel darah putih yg abnormal, tidak mampu berfungsi dengan baik, & secara berlebihan. Jumlahnya yg berlebihan dapat mengakibatkan penumpukan dalam sumsum tulang sehingga sel-sel darah yg sehat akan berkurang.

Jenis-jenis Kanker Darah

Ada berbagai type kanker darah. Berdasarkan sesuai proses kecepatan perkembangannya, kanker ini dapat dikelompokkan menjadi akut & kronis.

Kanker darah akut berkembang dengan secara cepat akibat penambahan jumlah sel darah putih yg abnormal yg pesat & penyebarannya ke dalam aliran darah. Type ini mesti ditangani dengan cepat.

Sementara itu, kanker darah kronis berkembang secara perlahan-lahan & dalam jangka panjang. Gejalanya cenderung tidak langsung dapat dirasakan sehingga baru terdiagnosis sesudah bertahun-tahun. Sel-sel darah putih yg seharusnya sudah mati dapat tetap hidup & menumpuk dalam aliran darah, sumsum tulang, serta organ-organ lain yg terkait.

Kanker darah bisa juga dikategorikan menurut type sel darah putih yg diserang. Kanker darah yg menyerang sel-sel limfa dikenal dengan sebuah istilah leukemia limfotik & yg menyerang sel-sel mieloid dinamakan leukemia mielogen.

Berdasarkan hasil dua pengelompokan di atas, terdapat empat type kanker darah yg paling sering terjadi. Berikut ini penjelasan untuk masing-masing type.

  • Leukemia limfotik akut atau acute lymphocytic leukemia (ALL)
    ALL dapat menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya berpotensi mengalami infeksi yg serius. Kanker darah ini biasanya diidap oleh anak-anak, namun juga mungkin menyerang dewasa.
  • Leukemia mielogen akut atau acute myelogenous leukemia (AML)
    Ini merupakan type kanker darah yg biasanya menyerang dewasa. namun AML juga dapat diidap oleh anak-anak pula remaja. Kanker ini dapat membentuk sel-sel mieloid yg tidak sempurna & bakal menyumbat pembuluh darah.
  • Leukemia limfotik kronis atau chronic lymphocytic leukemia (CLL)
    Jenis kanker darah ini hanya dialami oleh orang dewasa. CLL biasanya baru terdeteksi pada stadium lanjut dikarenakan pasien cenderung tidak merasakan gejala-gejalanya untuk waktu yg lama.
  • Leukemia mielogen kronis atau Chronic myelogenous leukemia (CML)
    Jenis kanker darah ini biasanya diderita oleh dewasa. CML memiliki dua tahap. Pada tahap pertama, sel-sel abnormal dapat berkembang dengan cara perlahan-lahan. Lalu disaat memasuki tahap ke-2, jumlah sel-sel abnormal bakal bertambah dengan pesat maka kondisi pasien akan menurun dengan cara drastis.

Secara umum, kanker darah atau leukemia terjadi akibat produksi sel darah putih yg terlalu cepat maka banyak sel yg masih belum terbentuk secara sempurna & hasilnya kekebalan tubuh penderitanya tidak berfungsi secara maksimal.

»» Lihat Tanda Dan Gejala Kanker Darah Atau Leukemia

»» Lihat Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah

You may also like...

2 Responses

  1. April 12, 2016

    […] »» Lihat Penyakit Kanker Darah Atau Leukemia […]

  2. April 12, 2016

    […] »» Mengenal Penyakit Kanker Darah Atau Leukemia […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *