Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah

Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah

Penyebab dasar kanker darah hingga saat ini belum diketahui secara pasti. Namun terdapat beberapa faktor yg dicurigai dapat meningkatkan risiko seseorang untuk dapat terkena kanker ini. Faktor-faktor pemicu penyebab kanker darah tersebut meliputi:

Faktor keturunan. Apabila mempunyai anggota keluarga yg mengidap kanker darah/leukemia, risiko Anda untuk bisa terkena kanker yang sama akan meningkat.

  • Kelainan genetik, misalnya sindrom Down.
  • Pernah menjalani therapy pengobatan kanker. Kemoterapi atau radioterapi tertentu diduga dapat memicu penyebab kanker darah.
  • Pengaruh kelainan darah yg diderita, misalnya myelodysplastic syndrome.
  • Pernah mengalami pajanan terhadap radiasi tingkat tinggi atau zat-zat kimia tertentu. Misalnya orang yg pernah terlibat dalam kecelakaan yg berhubungan dengan reaktor nuklir/mengalami pajanan zat kimia
  • Merokok. Rokok tidak hanya dapat meningkatkan risiko kanker darah (terutama leukemia mielogen akut), tetapi juga risiko berbagai penyakit lain.

Diagnosis dan Pengobatan Kanker Darah

Pada tahap awal, dokter akan menanyakan gejala-gejala yg ada sebelum memeriksa kondisi fisik Anda. Jika diduga Anda mengidap kanker darah, misalnya karena ditemukan adanya pembengkakan pada limfa noda, hati, atau limpa, dokter akan menganjurkan pemeriksaan lebih lengkap yg meliputi tes darah serta biopsi sumsum tulang.

Tes darah akan menunjukkan kadar sel darah putih yang abnormal. Sementara biopsi sumsum tulang digunakan untuk mengetahui keberadaan sel-sel kanker darah. Prosedur yang dilakukan dengan mengambil sampel sumsum tulang ini juga digunakan untuk mengetahui jenis kanker darah.

Setelah anda diagnosis kanker darah positif, dokter akan mendiskusikan mengenai langkah pengobatan yg tepat. Jenis penanganan yg akan Anda jalani tergantung dari banyak faktor, diantaranya usia dan kondisi kesehatan Anda serta jenis & stadium kanker darah yg Anda idap. Berikut ini ialah metode pengobatan yg biasanya sering dianjurkan untuk menangani kanker darah.

  • Kemoterapi untuk membunuh sel-sel kanker.
  • Radioterapi untuk menghancurkan & menghambat dalam pertumbuhan sel-sel kanker.
  • Terapi terfokus untuk menyerang bagian-bagian rentan pada sel-sel kanker.
  • Terapi biologis untuk membantu system kekebalan tubuh mengenali & menyerang sel-sel kanker.
  • Transplantasi sel induk atau stem cell untuk penggantian sumsum tulang yg sudah rusak dengan yg sehat. Sel-sel induk yang digunakan bisa berasal dari tubuh Anda sendiri/tubuh orang lain sebagai pendonor. Kemoterapi atau radioterapi umumnya akan dilakukan sebagai langkah awal persiapan sebelum menjalani prosedur transplantasi ini.

»» Mengenal Penyakit Kanker Darah Atau Leukemia

»» Lihat Tanda Dan Gejala Kanker Darah Atau Leukemia

You may also like...

2 Responses

  1. April 12, 2016

    […] »» Lihat Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah […]

  2. April 12, 2016

    […] »» Lihat Penyebab dan Faktor Risiko Kanker Darah […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *