Apakah Anda Butuh Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar

Apakah anda butuh contoh Surat lamaran kerja yang baik & benar

Apakah Anda Butuh Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar

Apakah Anda Butuh Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik & Benar

Apakah anda butuh contoh Surat lamaran kerja yang baik & benar ini kami buatkan untuk para pencari kerja yg mau melamar pekerjaan di sebuah bidang perusahaan atau instansi tertentu. Surat lamaran kerja ialah salah satu jenis surat pribadi yg isinya bisa dibilang resmi. Surat tersebut memuat keinginan pelamar untuk bekerja pada sebuah instansi atau perusahaan. Pada umumnya, mereka para pencari kerja mendapat informasi adanya lowongan pekerjaan tersebut dari beberapa media seperti cetak maupun media sosial yang saat ini sangat mudah mengaksesnya melalui koneksi internet bahkan dapat juga mendapat informasi melalui pegawai/karyawan dari perusahaan atau instansi yg bersangkutan. Salah satu persyaratan bagi para pencari kerja yg mau bekerja di sebuah perusahaan atau instansi  ialah surat lamaran.

Kriteria surat lamaran kerja yg baik & benar di antaranya ialah terdapatnya data pribadi pelamar yg disebut kualifikasi pelamar, yg dilengkapi dengan lampiran-lampiran yg dianggap perlu sebagai bahan pertimbangan bagi sebuah perusahaan atau instansi bersangkutan. Pelamar kerja mesti mengemukakan beberapa poin-poin penting yg relevan dengan persyaratan pekerjaan yg ditawarkan. Surat lamaran itu selanjutnya mendapat tanggapan dari pihak yg menawarkan pekerjaan.

Penulisan surat lamaran kerja berbeda dengan penulisan surat-surat lainnya. Dalam menulis surat lamaran kerja, kita mesti menggunakan bahasa yg sopan jelas, & tak bertele-tele. Lamaran yg terlalu panjang membuat orang menjadi jenuh membacanya, bahkan mungkin saja tidak akan dibaca sama sekali. Hal tersebut juga dapat saja menggambarkan kepribadian Anda kurang mampu menggunakan kalimat secara efektif. Surat lamaran yg terlalu panjang dapat membuat pembacanya kurang memperhatikan inti dari surat yg anda buat. Usahakan agar isi surat lamaran Kamu tidak lebih dari satu halaman saja. Dalam setiap paragraf batasilah maksimal sebanyak enam baris.
Tips Membuat Surat Lamaran Kerja
Berikut ini beberapa tips yg dapat Anda ikuti dalam melakukan pembuatan surat lamaran kerja yg baik & benar :

Sampaikan mengenai keinginan Anda untuk melamar sebuah pekerjaan dengan syarat-syarat yg telah Anda penuhi. Tulislah dengan singkat & jelas agar memudahkan pembacanya menangkap pesan utama yg mau Anda sampaikan.
Isi surat Anda sebaiknya tidak terkesan berlebih-lebihan sehingga pihak pembaca tidak akan menganggap Anda terlalu hebat atau malah dianggap hanya mengada-ngada saja. Dalam menulis surat lamaran Kamu mesti dapat membayangkan bahwa Kamu sedang berbicara empat mata dengan pembacanya. Usahakan membuat surat yg bernuansa pribadi & ciptakanlah rasa penasaran (keingintahuan) bagi mereka agar mau mengundang Anda buat bertemu.

[toggle title=”Tips Dalam Membuat Surat Lamaran Kerja“]

  1. Gunakan bahasa secara baik dan benar
  2. Format penulisan rapi dan dengan menggunakan bahasa yang singkat padat
  3. Surat lamaran kerja bisa di tulis tangan atau di ketik sesuai dengan permintaan sebuah perusahaan atau instansi yang bersangkutan
  4. Lengkapi surat lamaran kerja anda sesuai data yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan atau instansi yang bersangkutan
  5. Lampirkan surat kelengkapabn lainnya seperti sertefikat,daftar riwayat hidup dan pengalaman kerja

[/toggle]

Syarat Surat Lamaran Kerja

Ada beberapa syarat yg mesti diperhatikan pelamar apabila hendak membuat surat lamaran kerja. Kata-kata yg dipakai dalam surat lamaran kerja mesti sopan, sederhana, & ringkas. Isi surat lamaran kerja mesti menggambarkan kemampuan kerja pelamar & keyakinannya bahwa bidang atau jenis pekerjaan yg dilamar sesuai dengan kemampuan, tingkat pendidikan, & cita-citanya. Terutama untuk sebuah perusahaan swasta, surat lamaran kerja tak boleh bernada meminta belas kasihan atau hal-hal yg sifatnya merendahkan martabat sendiri.
Seandainya surat lamaran kerja harus ditulis tangan, tulislah dengan tulisan tangan anda sendiri, janganlah meminta orang lain untuk menuliskan lamaran anda. Mungkin Saja dengan melihat langsung tulisan tangan si pelamar, pihak perusahaan ingin mengetahui sebuah gambaran watak atau kepribadian si pelamar. Usahakan surat lamaran kerja itu rapi & sebersih mungkin. Kesalahan-kesalahan penulisan atau coretan-coretan akan memberi citra bahwa si pelamar kurang rapi & ceroboh. Bila tidak diharuskan ditulis tangan, surat lamaran boleh diktik dengan rapi & bersih.

[toggle title=”Cara membuat surat lamaran kerja“]Untuk membuat surat lamaran pekerjaan secara benar, kita harus mencakup beberapa bagian surat dan struktur penulisan seperti berikut :
1.    Tulis tempat dan tanggal penulisan
2.    Tulis nama perusahaan/instansi yang akan kita tuju
3.    Awali dengan sebuah salam
4.    Tulis Kata Pengantar
5.    Biodata Pribadi/Tentang kepribadian anda
6.    Tulis pengalaman kerja yang pernah anda dapat sebelumnya dan Skil
7.    Harapan anda dalam melamar
8.    Penutup[/toggle]

Sekian informasi yang dapat saya berikan dalam pembuatan surat lamaran kerja mudah-mudahan ini dapat membantu teman-teman dalam membuat surat lamaran kerja untuk melamar sebuah pekerjaan…

»» Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja Perawat Untuk Melamar pekerjaan Di Rumah sakit

»» Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja Bidan Untuk Melamar pekerjaan Di Rumah sakit

»» Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Melamar Pekerjaan Di Perbankan

»» Lihat Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Melamar pekerjaan Perusahaan BPJS

 

You may also like...

2 Responses

  1. May 24, 2016

    […] »»  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika […]

  2. June 9, 2016

    […] »» Lihat contoh Surat lamaran kerja yang baik & benar […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *