Komplikasi Pada Diabetes Tipe 2

Komplikasi Pada Diabetes Tipe 2

Komplikasi Pada Diabetes Tipe 2

Komplikasi Pada Diabetes Tipe 2

Kali ini admin iginn memberikan informasi mengenai Komplikasi Pada Diabetes Tipe 2 , atau umumnya disebut penyakit gula darah. Sebelumnya apakah teman-teman sudah ada yang tau komplikasi apa saja yang sering terjadi pada penyakit diabetes ? baiklah jika belum, admin akan berbagi sedikit informasi tersebut. 

Kadar gula darah yg tinggi dapat menyebabkan kerusakan terhadap pembuluh darah, saraf, & organ tubuh. Pada akhirnya diabetes dapat mengakibatkan sejumlah komplikasi apabila tak ditangani dengan baik. Peningkatan kadar gula darah yg tidak signifikan & meski tak memicu gejala pun dapat mengakibatkan dampak secara jangka panjang.

Komplikasi yg Menyebabkan Penyakit Jantung & Stroke

Penderita diabetes mempunyai risiko lima kali lebih tinggi untuk terkena penyakit jantung atau stroke. Keseimbangan kadar gula darah yg dibiarkan tak terjaga dalam waktu cukup lama dapat meningkatkan risiko aterosklerosis, yakni penyempitan pembuluh darah yg umumnya terjadi akibat akumulasi kolesterol. Komplikasi ini memiliki risiko-risiko sbg berikut :

  • Menyebabkan serangan jantung atau stroke dikarenakan peningkatan risiko penyumbatan pembuluh darah pada jantung/ otak.
  • Menghambat aliran darah ke jantung & menyebabkan serangan angina (angin duduk). sebbuah Serangan angina terindikasi dengan adanya sakit dada yg terasa menekan.

Komplikasi yg Menyebabkan Kerusakan Neuropati (Saraf)

Kadar gula darah yg berlebihan bisa merusak saraf & pembuluh darah halus. Hal ini akan menyebabkan sensasi kesemutan atau terbakar yg biasa berawal dari ujung jari tangan & kaki lalu menyebar ke bagian tubuh lain. Selain itu, komplikasi saraf ini dapat menciptakan kaki menjadi mati rasa sehingga tidak terasa sakit disaat terluka & akhirnya mengakibatkan borok. Kerusakan saraf yg menyerang system pencernaan dapat menyebabkan rasa mual, muntah, diare, atau konstipasi.

Komplikasi yg Menyebabkan Kerusakan pada Organ Kaki

Kerusakan pada syaraf/ terhambatnya aliran darah pada kaki penderita diabetes dapat meningkatkan risiko komplikasi kesehatan kaki yg umumnya terlambat disadari. Ada sekitar 10% penderita diabetes yg mengalami infeksi serius akibat adanya sebuah luka atau sekadar goresan kecil pada kaki.

Penderita yg telah di diagnosa mengalami kerusakan syaraf sebaiknya memeriksakan kakinya setiap hari & mengkonsultasikan perubahan yg dirasakan kepada dokter. Komplikasi pada kaki yg mesti Kamu waspadai antara lain :

  • Pembengkakan.
  • Kulit yg terasa panas disaat disentuh.
  • Luka yg tidak kunjung sembuh.
  • Periksakanlah kaki Kamu kepada dokter secara teratur tiap tahun.

Komplikasi yg Menyebabkan Kerusakan Retina

Retinopati muncul ketika terjadi masalah pada pembuluh darah di retina (jaringan pada mata yg sensitif terhadap cahaya) yg dapat mengakibatkan kebutaan apabila dibiarkan. Pembuluh darah tersebut akan bocor, tersumbat, atau dapat tumbuh secara acak sehingga menghalangi masuknya cahaya untuk sampai ke retina.

Lakukanlah pemeriksaan mata dengan cara teratur tiap th. Seandainya ada kerusakan serius, Kamu bakal dirujuk ke dokter spesialis mata supaya akan ditangani secepatnya. Keseimbangan kadar gula darah yg terjaga bersama baik pun mampu menurunkan risiko Kamu.

Retinopati diabetik yg terdeteksi sejak dini bakal ditangani bersama operasi laser. Tapi penanganan ini cuma bertujuan buat mempertahankan daya penglihatan yg tersisa & bukan buat menyembuhkan.
Komplikasi yg Menyebabkan Kerusakan Ginjal

Ginjal mempunyai jutaan pembuluh darah halus yg menyaring limbah dari darah. Apabila pembuluh darah halus tersebut tersumbat atau bocor, kinerja ginjal Kamu dapat menurun. Komplikasi ini umumnya juga berhubungan dengan tekanan darah tinggi. Sangatlah penting untuk pilih penanganan yg tepat.

Kerusakan parah pada ginjal bahkan bisa menyebabkan gagal ginjal. Apabila Kamu mengalami gagal ginjal, Kamu membutuhkan dialisis (proses pengobatan yg meniru fungsi ginjal) atau bahkan transplantasi ginjal.

Komplikasi yg Menyebabkan gangguam Disfungsi Seksual

Kerusakan pembuluh darah halus serta saraf pada para penderita diabetes pria (terutama perokok) bisa mengakibatkan adanya gangguan disfungsi ereksi. Gangguan ini umumnya bisa diatasi dengan obat-obatan.

Penderita diabetes pada wanita juga dapat mengalami adanya gangguan disfungsi seksual, contohnya :

  • Kepuasan seksual yg menurun.
  • Kurangnya gairah sex.
  • Vagina yg kering.
  • Rasa sakit disaat berhubungan intim.
  • Gagal mencapai orgasme.

Penderita diabetes wanita yg mengalami kekurangan cairan vagina atau merasa sakit disaat berhubungan intim bisa menggunakan pelumas atau gel.

Keguguran & Kelahiran Mati

Kadar gula darah yg tinggi mampu membahayakan sang ibu & janin. Risiko keguguran & kelahiran mati dapat meningkat apabila diabetes pada ibu hamil tidak ditangani dengan saksama. Kadar gula darah yg tidak dijaga dengan baik pada awal kehamilan juga dapat mempertinggi risiko cacat lahir.

Ibu hamil yg menderita diabetes dianjurkan untuk selalu memeriksakan kondisi diabetesnya dengan cara teratur kepada dokter spesialis obstetri, rumah sakit, atau klinik. Konsultasi rutin ini dapat membantu dokter untuk memantau kondisi kadar gula darah sang ibu, termasuk juga mengendalikan dosis insulin yg mesti diberikan, & perkembangan janin.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *