Pertanyaan Tes Wawancara Rumah Sakit

Pertanyaan Tes Wawancara Rumah Sakit

Pertanyaan Tes Wawancara Rumah Sakit

Pertanyaan Tes Wawancara Rumah Sakit

Pertanyaan Tes Wawancara Rumah Sakit – Salam Kesehetan hai kawan-kawan, apakah sebelumnya sudah ada yang pernah memiliki pengalaman untuk wawancara untuk tes masuk rumah sakit ….
jika belum, saat ini juga saya akan membagikan sedikit informasi mengenai pengalaman saya ketika mengikuti tes wawancara rumah sakit.  Ada beberapa pertanyaan yang sering muncul disaat wawancara berlangsung.
Sebelum anda mengikuti wawancara, ada satu pertanyaan yang harus anda jawab saat ini ” Apakah Anda Siap untuk Mengikuti Tes Wawancara” karna ini merupakan sebuah modal penting bagi anda, ketika anda menjawab dengan kata ” YA” maka anda harus siap baik dalam kondisi kesehatan maupun secara fisik. Dan apabila siap untuk diwawancarai berarti siap untuk menjawab berbagai pertanyaan yang nanti akan diberikan, lantaran dalam wawancara ini akan berlangsung proses tanya jawab antara anda dengan pewawancara dan jawaban anda akan sangat berpengaruh untuk anda mendapatkan sebuah pekerjaan yang sedang anda lamar tersebut, tentu bukan dengan jawaban yang asal keluar dari mulut anda. melainkan dari proses berfikir atau suatu konsep yang sudah anda pikirkan secara baik. Menyinggung mengenai soal pertanyaan, ada banyak macam pertanyaan yang akan anda temukan dalam proses wawancara kerja ini, terutama pertanyaan yang sifatnya menjebak, hati-hati dalam menjawab beberapa pertanyaan tersebut. Jangan sampai anda salah dalam menjawab atau malah membuat anda kebingungan untuk memberikan jawaban. Pastinya anda penasaran bukan atas pertanyaan jebakan itu pertanyaan yang bagaimana yaa?

Inilah beberapa pertanyaan yang sifatnys menjebak dan tips untuk menjawabnya :

1.    Ceritakan mengenai diri Anda

Ini pertanyaan yang paling sering muncul atau ditanyakan saat proses  interview berlangsung dan yang paling sering dijawab dengan salah.

Contoh salah satu jawaban yg kurang sesuai:
Usia saya 27 tahun, lahir di bandung, 1 Januari 1989. Meupakan anak ke 3 dari 5 bersaudara. Ayah saya merupakan pegawai negri, Ibu saya merupakan Ibu Rumah Tangga. Hobi saya jalan-jalan shoping, nonton, dan jalan-jalan….

Jawablah dengan jawaban seputar your strengths and weaknesses point. Jangan hanya menceritakan yang bagus-bagus saja tentang diri Anda, karena hanya akan disangka sebuah kebohongan, namun Anda juga harus dapat menceritakan mengenai kelemahan anda tetapi dengan konsep yang baik.
Contohnya:
Saya merupakan tipe seseorang yang optimis, pekerja keras, kreatif, dan memiliki penampilan yang menarik. Saya mampu bekerja secara personal maupun bekerja sama dalam sebuah tim. namun kadang  kala saya suka melupakan mengenai hal-hal kecil, tapi untuk menutupi atau mengatasi kelemahan saya itu, saya selalu menyiapkan notepad kecil untuk  bisa mencatat segala hal kecil agar tidak lupa. (ini merupakan kelemahan yg dikemas dengan baik).

2.   Kenapa anda berhenti dari pekerjaan Anda sebelumnya?

Jawab dengan hal positif. Jangan pernah Anda coba untuk menjelekkan perusahaan tempat Anda bekerja sebelumnya, apalagi jika membicarakan kejelekan atasan, rekan kerja, bahkan kantor, tetapi Anda harus berusaha mencoba menjawab pertanyaan dengan senyuman & katakan hal-hal positif seperti “mencari sebuah kesempatan yang lebih baik untuk berkarir/berkembang”, “mencari sebuah tantangan baru”, dll.

3.   Apa pengalaman Anda di bidang ini?

Jika Anda seorang fresh graduate dan tidak memiliki sebuah pengalaman sama sekali, jawablah dengan secara  jujur. Tapi tambahkan statement bahwa Anda merupakan orang yg senang mempelajari hal-hal/tantangan baru & seorang fast learner. Apabila Anda tidak punya pengalaman di bidang itu (namun anda memiliki pengalaman didalam bidang tertentu), jawablah dengan senyambung mungkin.
Contoh: Anda melamar kerja di bidang perawat sementara pengalaman anda di sebelumnya hanya sebagai admin. Jawablah kalau Anda memiliki skill sewaktu kuliah dan latar belakang pendidikan anda ialah seorang perawat dan ini akan menjadi sebagai PR yang pastinya akan anda pelajari kembali.

4.   Apa yang anda ketahui tentang Rumah Sakit  ini?

Pertanyaan ini juga lumayan sering ditanyakan. Jadi hal yang sangat penting untuk melakukan background checking pada Rumah Sakit yang Anda lamar. bagaimana mengenai profil Rumah Sakit ini? Bagaimana sejarah perkembangannya? ,dll. Informasi tersebut bisa didapatkan via internet atau company website/profile.

5.    Apakah anda sedang melamar di Rumah Sakit lain selain disini?

Jawablah dengan jujur, Namun janganlah membahasnya  kelamaan. Tetap fokus pada proses interview yang sedang berlangsung saat ini.

6.  Kenapa Anda ingin bekerja di Rumah Sakit  ini?

Jawaban mengenai pertanyaan yang satu ini harus dipikirkan atau di konsep terlebih dulu & juga harus didasari oleh “background checking” yg sudah Anda lakukan terkait Rumah Sakit yang Anda lamar ini. Ketulusan dalam menjawab akan sangat terlihat di pertanyaan yang satu ini. Jadi Anda harus bisa menjawabnya dengan jawaban yang benar-benar berhubungan dengan tujuan karir Anda dalam jangka panjang kedepan.

7.   Apakah anda ada memiliki kenalan di Rumah Sakit ini?

Anda harus lebih sangat berhati-hati lagi dalam menjawab pertanyaan yang satu ini. Pada beberapa Rumah Sakit tertentu ada kebijakan-kebijakan mengenai hal ini. Jadi, apabila lowongan tersebut Anda ketahui dari teman atau bahkan kerabat dekat anda, tanyakan dulu kepada mereka mengenai kebijakan yang ada di Rumah Sakit tersebut.

8.  Jelaskan mengapa Rumah Sakit kami harus mempekerjakan Anda?

Jawab dengan rasa semangat, optimis, dan antusias. Ini merupakan kesempatan yang bagus untuk “menjual” diri Anda. Katakan hal-hal yang bersifat positif tentang diri Anda yang dibutuhkan oleh Rumah Sakit ini atau bahkan hal yang bisa menunjang kemajuan Rumah Sakit ini. Berikan beberapa alasan yang termasuk dalam skill, pengalaman, dan interest yang Anda miliki.

9.   Apa saja kekuatan diri Anda?

Kuncinya tetap memiliki pola pikir positif. misalnya : kemampuan Anda untuk me-manage skala prioritas, kemampuan Anda untuk dapat fokus dalam sebuah pekerjaan, kemampuan Anda untuk dapat bekerja di bawah tekanan, kemampuan atau koping Anda dalam memecahankan suatu masalah, kemampuan yang  Anda miliki dalam memimpin sebuah team, dll.

10. Apakah Anda memilki sebuah pertanyaan?

Selalu siapkan satu atau dua pertanyaan agar dapat menimbulkan kesan positif. Misalnya seperti seputar job description, ruang lingkup kerja dan lain sebagainya.

11.  Berapa gaji yang Anda inginkan?

Mungkin anda bingung dan serba salah untuk dapat menjawab pertanyaan mengenai gaji, terutama bagi anda yang belum pernah memiliki sebuah pengalaman yang cukup.
Tips Menjawab : Jangan menyebutkan juumlah gaji tanpa tahu pasaran gaji untuk posisi tersebut, oleh karna itu sebelum wawancara kerja dimulai sebaiknya anda mencari tahu pasaran gaji yang tepat untuk posisi yang ditawarkan. Beritahu pewawancara bahwa Anda sangat terbuka untuk membicarakan mengenai kompensasi bila saatnya tiba. Apabila anda terpaksa, berikan sebuah jawaban yang berupa kisaran angka, bukan jumlah angka tertentu. Sebutkan batas minimum & maksimum gaji yang anda diinginkan.

 

You may also like...

1 Response

  1. July 29, 2016

    […] »» Lihat Tes Wawancara Rumah Sakit Yang Sering Muncul […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *