Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Obat Luka

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Obat Luka

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma Untuk Obat Luka

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Obat Luka

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Obat Luka

Manfaat Bunga Wijaya Kusuma untuk Obat Luka – Bunga Wijayakusuma yang memimiliki nama latin Epiphyllum anguliger termasuk kedalam jenis family suku kaktus. Nama Wijaya Kusuma hanyalah sebuah sebutan dari bunga ini oleh orang Indonesia. Banyak yang mengira bahwa tanaman ini asli berasal dari Indonesia, kenyataannya tanaman ini berasal dari Amerika Selatan. Belum ada keterangan resmi mengenai kapan dan bagaimana bunga ini dapat sampai ke Indonesia. Bahkan ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa bunga wijaya kusuma yang dimaksud oleh nenek moyang  zaman dahulu bukanlah bunga jenis kaktus yang beredar akhir-akhir  ini.

Tanaman kaktus sendiri memiliki  sekitar 1.500 jenis (famili) & masih ada beberapa jenis lainnya yang belum berhasil diidentifikasi untuk saat ini. Tanaman kaktus dapat tumbuh atau hidup subur di daerah sedang sampai tropis. Demikian juga seperti tanaman wijayakusuma. Tetapi  ada juga beberapa jenis kaktus yang dapat hidup di daerah kering seperti gurun pasir.

Bunga wijaya kusuma memiliki beberapa warna yaitu putih dan merah, ada juga yang agak keunguan. Namun seiring dengan adanya perkembangan teknologi kawin silang, saat  ini sudah banyak Nurseri yang memiliki bunga wijaya kusuma dengan perubahan warna yaitu  warna kuning dan jingga.

Ternyata tumbuhan wijayakusuma memiliki khasiat ampuh untuk meredam rasa nyeri atau sakit dan mampu menetralisir pembekuan darah. Bunga Wijayakusuma juga memiliki khasiat yang dapat mempercepat proses masaknya luka abses/bisul. Komposisi adanya kandungan kimia yang terdapat pada tumbuhan ini belum ada penemuanya di dalam penelitian.

Salah satu manfaat Bunga Wijayakusuma dalam kesehatan ialah :

Bunga wijayakusuma digunakan untuk menyembuhkan luka.  Dengan adanya khasiatnya tersebut, bunga wijayakusuma banyak digunakan oleh orang-orang  sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Tetapi yang digunakan untuk proses pengobatan bukan bagian bunganya, melainkan dari daunnya. Caranya awalnya, ambil satu helai daun wijaya kusuma, lalu ditumbuk hingga halus.  Dan tempelkan pada bagian tubuh yang terdapat luka, balut dengan menunakan perban. Untuk mempercepat matangnya bisul. Selain itu ada manfaat lain dari bunga wijaya kusuma ini yaitu sebagai obat dalam mengobati anti radang, obat batuk, juga terjadi pendarahan (hemostatis). Khasiat lain yaitu untuk mengatasi tuberkulosis paru, batuk darah, batuk karena asma, & muntah darah. Namun belum ada penelitian yang mengemukakan mengenai literatur yang membahas lebih rinci mengenai khasiat-khasiat dari bunga wijayakusuma tersebut.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates