Wednesday , 29 March 2017
Home » Info Kesehatan » Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan – Jahe merupakan jenis tanaman herbal yang kerap di percaya oleh masyarakat dapat menyembuhkan berbagai kondisi penyakit, baik mulai dari mual, gejala batuk, nyeri otot hingga dalam penanganan kanker. Bila kita lihat  dari segi medis, setidaknya terdapat lima manfaat dari jahe yang baik bagi tubuh. Jahe memiliki sebuah senyawa kimia yang dipercaya dapat menimbulkan efek positif di lambung & usus. Ternyata, senyawa ini juga bisa meredam rasa mual dengan cara memberikan efek di otak & system saraf.

Lima Manfaat Jahe Bagi Kesehatan

Berikut merupakan  lima kondisi yang mungkin sangat efektif jika diatasi dengan mengonsumsi jahe:

1. Mengurangi Rasa Pusing.
Kondisi ini membuat teman-teman merasa seperti berputar (vertigo) atau kepala terasa sanat ringan (lightheadedness). Dapat juga seperti terasa kehilangan keseimbangan atau terasa melayang. Jahe telah banyak terbukti dapat meringankan pusing dengan cara merangsang aliran darah yang menuju ke otak. Selain itu jahe dipercaya dapat meringankan mual.

2. Mengurangi Nyeri Menstruasi.
Khususnya bagi para wanita yang sering merasa nyeri ketika menstruasi, dapat mencoba  mengonsumsi ekstrak jahe dengan sebanyak dosis empat kali sehari selama tiga hari berturut-turut di awal menstruasi. Beberapa penelitian mengemukakan bahwa mengkonsumsi jahe dapat membantu mengurangi gejala nyeri saat menstruasi. Khasiat meminum jahe sepertinya dapat disamakan dengan obat ibuprofen dan asam mefenamat yangbterjual di apotik

3. Mencegah Morning Sickness.
Kondisi seperti mual dan muntah ini kerap dialami oleh banyak  wanita di awal masa kehamilan. Sepertinya kondisi tersebut dapat teman-teman minimalisasi dengan cara mengkonsumsi jahe. Namun yang perlu di ingat, ibu hamil tidak boleh sembarang dalam mengonsumsi asupan tertentu, khususnya obat-obatan tradisional. Oleh sebab  itu, sebelum meminum jahe  konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter .

4. Osteoarthritis.
Menurut beberapa penelitian, rasa sakit atau nyeri akibat kondisi ini dapat diatasi dengan cara mengonsumsi ekstrak jahe. Senyawa kimia yan ada pada jahe dapat mengurangi zat kimia yang memicu terjadinya peradangan sendi. Selain itu, jahe juga ternyata bisa merangsang tubuh untuk memproduksi asam salisilat, yaitu sebuah zat yang dapat  meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan pada anda.

5. Mual dan muntah usai operasi.
Ternyata mengonsumsi jahe sebelum tindakan operasi sepertinya dapat mengurangi rasa mual & muntah setelah tindakan operasi berlangsung. Selain dikonsumsi melalui oral atau mulut, mengoleskan minyak jahe pada pergelangan tangan juga sepertinya dapat  mencegah rasa mual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates