Wednesday , 26 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol

Makanan Sehat untuk Penderita Kolesterol – Mengonsumsi makanan yang sehat dapat membantu Anda mengurangi tingkat kolesterol dalam darah. Kolesterol saat ini sudah bukan lagi menjadi masalah orang tua, bahkan di usia muda pun seseorang bisa menderita kolesterol. Penyebabnya sangat beragam dan salah satunya ialah kurang mengkonsumsi makanan sehat. Banyak mengkonsumsi makanan cepat saji juga dapat meningkatkan kadar kolesterol. Bila kolesterol sudah bersarang pada tubuh kita maka dapat menyebabkan berbagai penyakit seperti serangan jantung, stroke & beberapa penyakit lainnya. Bila teman-teman memang sudah terlanjur menderita kolesterol tinggi, sudah seharusnya teman-teman menjaga makanan dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat.

Untuk menurunkan tingkat kolesterol dalam darah, teman-teman membutuhkan makanan yang sehat yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Berikut ini ialah beberapa makanan yang baik untuk teman-teman konsumsi:

1. Makanan yang mengandung kacang kedelai.
Jenis makanan seperti puding kedelai tanpa gula, susu kedelai, dan tahu mengandung protein yang bisa mengurangi kadar kolesterol dalam darah. Mengkonsumsinya sebanyak 0,5 ons dalam sehari dapat mengurangi kolesterol yeng teman-teman miliki setidaknya 6%.

2. Buah dan sayuran.
Tidak perlu teman-teman ragukan lagi, bila teman-teman  ingin lebih sehat sebaiknya  teman-teman mengonsumsi lebih banyak buah & sayur. Kenapa coba ? lantaran  buah & sayur merupakan makanan dengan lemak jenuh yg rendah. Bila teman-teman mengkonsumsinya lebih banyak maka teman-teman akan lebih merasa kenyang sehingga dapat mengurangi kemungkinan mengkonsumsi makanan dengan lemak jenuh.

3. Kacang-kacangan.
Kacang dapat mengurangi kolesterol di dalam darah lantaran mengandung protein, vitamin E, lemak tidak jenuh, serat, magnesium, dan kalium. Teman-teman dapat  menurunkan kolesterol sebanyak 5 % bila mengkonsumsi sekitar 1-2 ons jenis  kacang-kacangan dalam sehari.

4. Ikan dan asam lemak omega 3.
Jenis Ikan seperti salmon, tuna, , makarel, dan sarden memiliki kandungan asam lemak omega 3 yg baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Omega 3 memang tidak berpengaruh pada kadar kolesterol jahat LDL darah,Namun dapat juga menurunkan risiko terjadinya  bekuan darah. Konsumsilah setidaknya dua hingga tiga kali dalam seminggu.

5. Avokad.
Buah ini merupakan salah satu yang kaya kandungan lemak tak jenuh. Usahakan untuk mengkonsumsi buah avokad dalam bentuk buah, bukan dalam yang sudah bentuk jus yang telah dicampur dengan gula dan susu. Bagi para penderita kolesterol tinggi perlu untuk membatasi asupan lemak jenuh.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates