Monday , 23 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ulasan Lengkap Mengenai Mitos Persalinan

Ulasan Lengkap Mengenai Mitos Persalinan

Ulasan Lengkap Mengenai Mitos Persalinan

Ulasan Lengkap Mengenai Mitos Persalinan

Ulasan Lengkap Mengenai Mitos Persalinan

Ulasan Lengkap Mengenai Mitos Persalinan – Penasaran Mengenai Mitos Saat Persalinan? Jika iya, mari simak artikel berikut ini dengan penus serius. Untuk para calon ibu jangan sampai ketinggalan untuk terus menyimak kebenaran mitos-mitos seputar persalinan agar sang buah hati terjaga kesehatannya. Berikut pembahasan selanjutnya:

1. Dilarang tidur siang
Ibu setelah melahirkan harus cukup istirahat dan kurangi kerja berat, jika ibu tidak tidur siang kapan lagi waktu untuk beristirahat. Belum lagi bayi sering terbangun di malam hari. Jadi sebisa mungkin selagi ada waktu untuk beristirahat, istirahatlah demi kesehatan ibu dan bayi.

2. Ibu harus puasa setelah waktu Maghrib
Ibu memerlukan makanan yang cukup agar ASI dapat keluar dengan lancer untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bayi, jadi tidak ada batasan waktu untuk ibu makan atau sekedar ngemil.

3. Tidak boleh keluar rumah sebelum 40 hari setelah melahirkan
Ibu dan bayi baru lahir harus memeriksakan kesehatannya sekurang-kurangnya 2 kali dalam bulan pertama yaitu umur 0-7 hari dan 8-30 hari.

4. Ibu setelah melahirkan dan bayinya harus dipijat/diurut
Pijatan sangat berbahaya bagi ibu setelah melahirkan terlebih bayi baru lahir. Apalagi dilakukan oleh seseorang yang tidak dibekali ilmu, bisa-bisa membahayakan keduanya (ibu dan bayi).

5. Minum abu yang dicampur air, disaring, dicampur garam dan asam supaya ASI banyak
Tidak ada kandungan gizi yang terdapat pada campuran abu, garam dan asam dan sama sekali tidak diperlukan oleh ibu menyusui untuk memperbanyak produksi ASInya.

6.  Menanam ari-ari (plasenta), untuk bayi laki-laki di sebelah kanan pintu dan untuk bayi perempuan di sebelah kiri pintu dengan lampu teplok
Mitosnya bertujuan agar bayi tidak kesepian, dan supaya orang yang lewat tidak berisik karena mengetahui disitu ada bayi. Namun yang ada malah mengotori lingkungan karena dibuang sembarangan dan dapat menjadi sumber penyakit.

7.    Selama tahapan pembukaan jalan lahir, ibu tidak boleh tidur karena dikhawatirkan ibu meninggal
Hal ini dilakukan untuk menghindari perdarahan yang tidak segera tertangani.

8. Saat terjadi proses melahirkan lama, seluruh jendela dan pintu dibuka agar proses persalinan lancer dan tidak ada yang menghalangi
Jendela dan pintu yang dibuka dimaksudkan untuk memaksimalkan udara yang cukup.

9. Ibu memakai stagen untuk mengembalikan bentuk perut yang kendur
Stagen hanya membuat ibu setelah melahirkan terlihat kencang, walau pun pada kenyataannya tidak dapat mengembalikan bentuk perut yang kendur menjadi kencang seperti sebelum hamil memang.

10. Ibu meminum jamu paitan agar memperlancar ASI dan menyingsetkan perut
Jamu paitan hanya bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh ibu

11.  Dilarang tidur pagi-pagi karena dapat mengaburkan pandangan ibu
Tidak ada kaitannya tidur pagi-pagi dengan  pandangan kabur, hanya saja mitos ini menjadi sugesti karena pagi merupakan awal melakukan aktivitas.
Demikianlah mitos-mitos seputar melahirkan yang perlu calon Ibu ketahui, semoga artikel ini bisa bermanfaat sehingga bayi yang baru lahir senantiasa terjaga. Aamiin.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates