Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Hal Mitos Seputar Tentang Kehamilan

Beberapa Hal Mitos Seputar Tentang Kehamilan

Beberapa Hal Mitos Seputar Tentang Kehamilan

Beberapa Hal Mitos Seputar Tentang Kehamilan

Beberapa Hal Mitos Seputar Tentang Kehamilan

Beberapa Hal Mitos Seputar Tentang Kehamilan – Mitos tentang kehamilan sudah beredar di masyarakat, bahkan sebagian besar dari mitos tersebut bersifat turun-temurun sehingga banyak ibu hamil yang terlanjur menerapkannya. Maka untuk menepis mitos-mitos tersebut, penulis akan membahas mitos seputar kehamilan. Simak yu Bun!

1.  Ibu hamil yang perutnya membulat ke samping, berarti bayi yang dikandungnya berjenis kelamin perempuan. Jika perut ibu hamil meruncing ke depan, berarti bayi yang dikandungnya berjenis kelamin laki-laki
Bentuk perut ibu hamil tergantung bentuk tubuhnya. Jika ibu hamil bertubuh mungil, kemungkinan bentuk perutnya cenderung berbeda dengan bentuk perut ibu hamil yang berpostur tinggi/besar.

2.  Ibu hamil yang melihat gerhana bulan, memotong dan menjahit baju, bayi dalam kandungannya akan lahir dengan kondisi bibir sumbing
Bibir sumbing terjadi karena faktor genetik dan faktor lingkungan di sekitarnya.

3.  Ibu hamil tidak boleh mandi karena kotoran yang terdapat dalam air akan meresap dan membuat bayi terkontaminasi oleh kotoran tersebut
Bayi dilindungi oleh selaput lendir yang membungkus rahim, sehingga kotoran tak akan sampai ke dalam tubuh bayi.

4.  Ibu hamil harus makan untuk porsi 2 orang
Walaupun ibu hamil harus makan untuk 2 orang, bukan berarti dalam sekali waktu makan harus mengonsumsi 2 porsi untuk orang dewasa. Gambarannya, wanita dengan berat badan normal, saat hamil membutuhkan kalori tambahan sebesar 300 kalori/hari untuk menunjang pertumbuhan bayi. Jumlah setara dengan segelas susu skim. Jadi, jangan sampai menambahkan kalori berlebihan karena akan sulit membuang kalori lagi setelah melahirkan nanti.

5.  Ibu hamil yang naik pesawat akan meningkatkan risiko komplikasi kehamilan akibat radiasi karena mesin pemindai di bandara ataupun tempat ketinggian
Menurut seorang profesor ahli fetomaternal, mesin X-ray atau mesin pemindai tubuh yang ada di bandara dan di ketinggian dalam pesawat memang memancarkan radiasi yang terbilang kecil dan tidak cukup menembus ke dalam tubuh sehingga tidak akan mengganggu bayi yang berada dalam kandungan.

6.  Berhubungan seksual saat hamil dapat membahayakan kehamilan
Bayi dalam kandungan terlindung oleh kantong ketuban, otot rahim yang kuat, serta lapisan lendir tebal di mulut rahim jadi tidak akan memebahayakan janin. Termasuk orgasme tidak menyebabkan keguguran karena kontraksi otot pada saat orgasme berbeda dengan kontraksi saat melahirkan. Selama kondisi kehamilan tidak ada kelainan, tidak perlu dikhawatirkan. Namun bagi ibu yang berisiko keguguran, tanyakan terlebih dahulu ke dokter

7. Seluruh ibu hamil mengalami kondisi awal yang sama
Perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan membuat ibu hamil mengalami kondisi yang tidak stabil, seperti sensitif terhadap aroma tertentu, ingin menikmati makanan tertentu, atau mulut yang tak pernah berhenti m emproduksi air liur. Hal semacam ini tidak selalu sama, karena ibu hamil yang sensitif terhadap aroma tertentu belum tentu mengalami produksi air liur berlebih. Begitu juga dengan ibu hamil yang mengalami produksi air liur berlebih, belum tentu merasa ingin mengonsumsi makanan tertentu.

8.  Berhubungan intim pada bulan terakhir kehamilan mempermudah persalinan
Usia kehamilan 36-40 minggu, sebaiknya frekuensi berhubungan intim dikurangi, karena zat pada air mani jika bercampur dengan hormon ibu hamil akan mengakibatkan kontraksi dini.

9. Bayi dalam kandungan lebih aktif pada malam hari
Malam hari adalah waktunya beristirahat, tidak banyak gangguan atau kebisingan dari luar, sehingga ibu hhamil lebih fokus pada gerakan bayi di dalam perut.

10. Mual-mual pada ibu hamil hanya terjadi pada pagi hari
Perubahan  hormone pada wanita hamil terjadi sepanjang  hari, sehingga rasa mual  bisa saja terjadi pada siang, sore atau malam hari.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates