Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mitos Mengenai Kesehatan Seputar Mensturasi

Mitos Mengenai Kesehatan Seputar Mensturasi

Mitos Mengenai Kesehatan Seputar Mensturasi

Mitos Mengenai Kesehatan Seputar Mensturasi

Mitos Mengenai Kesehatan Seputar Mensturasi

Mitos Mengenai Kesehatan Seputar Mensturasi – Di zaman modern ini masih ada sebagian masyarakat yang mempercayai tentang adanya mitos yang belum tentu kebenarannya. Termasuk seputar masalah kesehatan yang dapat dijelaskan dengan penjelasan ilmiah. Diantaranya siklus bulanan atau menstruasi, mari kita simak penjelasan ilmiahnya.

1.  Minuman dingin memperlambat menstruasi
Faktanya siklus menstruasi diatur oleh hormon estrogen dan progesterone. Terlambat menstruasi terjadi saat hormon seorang wanita tidak seimbang yang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor fisik, seperti kelelahan, stress dan juga penyakit.

2. Tidak boleh keramas saat menstruasi
Terbayang bagaimana lepeknya rambut teman-teman jika selama menstruasi tidak mencuci rambut, sedangkan saat menstruasi teman-teman harus lebih ekstra menjaga kebersihan tubuh, termasuk rambut.

3. Minum soda dapat mempercepat menstruasi
Belum ada penelitian yang membuktikan kalau mengonsumsi minuman bersoda dapat mempercepat menstruasi. Yang ada jika teman-teman terlalu banyak mengkonsumsi minuman bersoda malah akan mempengaruhi keseimbangan nutrisi dalam tubuh yang otomatis dapat mempengaruhi siklus menstruasi.

4.  Berhubungan intim saat menstruasi tidak akan hamil
Walaupun sedang menstruasi, sperma tetap dapat masuk ke dalam Miss V dan sperma tersebut dapat bertahan selama 7 hari.

5. Pembalut dapat menyebabkan kemandulan
Sedang menstruasi, kelembaban daerah intim meningkat karena cairan (darah dan lendir keputihan). Hal ini memudahkan terjadi infeksi kuman (jamur, bakteri, virus). Maka diperlukan penggunaan pembalut yang dapat menampung darah-lendir. Pilih pembalut yang dirasakan nyaman saat memakainya, tidak terjadi iritasi dan ganti pembalut saat merasa sudah lembab. Terutama pada hari 1-2 menstruasi atau saat banyak-banyaknya dan sedang beraktifitas, dianjurkan menganti pembalut setiap 2-4 jam sekali agar daerah intim terhindar dari kelembaban.

6.  Nyeri perut saat menstruasi menandakan adanya kista
Nyeri perut bawah saat menstruasi adalah normal, perbedaan rasa nyeri (ringan sampai berat) tergantung dari kesehatan fisik dan psikis seorang wanita (keletihan, emosi tidak stabil, daya tahan tubuh). Biasanya tidak lebih dari 3 hari dan sifat nyeri akan berkurang seiring dengan berkurangnya aliran darah menstruasi.Jika nyeri menstruasi tidak tertahankan (pingsan), nyeri dirasakan lebih dari 3 hari bahkan jumlah darah menstruasi mengalir banyak setiap harinya, terjadi terus menerus setiap siklus menstruasi (3-6 bulan berturut-turut), segera konsultasikan ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

7.  Saat menstruasi tidak boleh berenang karena menyebabkan kemandulan
Jika saat menstruasi dapat dipastikan kenyamanan pembalut dan pakaian renang yang digunakan, tidak ada salahnya untuk berenang.

8.  Minum Obat pereda nyeri saat menstruasi mempengaruhi kesuburan
Obat pereda nyeri aman digunakan selama mengikuti anjuran dokter.

9.  Tidak boleh olahraga saat haid
Beberapa orang mengalami mood yang lebih baik serta tubuh yang lebih nyaman ketika berolahraga di saat haid, jadi pilih saja olahraga-olahraga ringan yang akan membuat teman-teman lebih nyaman dan tidak terlalu memforsir energi.

10. Mandi air hangat memeprbanyak darah haid
Mandi air air hangat justru membantu meringankan nyeri haid

11. Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah
Penelitian menyebutkan bahwa rata-rata saat menstruasi, darah yang dikeluarkan oleh tubuh hanyalah 50-150 ml, atau sekitar 4 – 6 enam sendok. Kalau terasa lemas, pasti karena ada gangguan fisik lain.

12.  Menstruasi normal berlangsung seminggu
Secara medis haid normal berlangsung antara 3 – 10 hari, jika kurang atau lebih dari jumlah hari tersebut, baru terkategori tidak normal.
Nah, teman-teman yang sering mempertanyakan mitos-mitos ini sedikitnya mulai terjawab ‘kan? Jadi jangan dulu mempercayai kebenaran mitos-mitos tersebut sebelum teman-teman mendengar penjelasan ilmiahnya.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates