Saturday , 27 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pepaya Untuk Kesehatan – Saya yakin kita semua pasti pernah memakan pepaya, kebnayakn kita sering mengkomsumsi dari buah pepaya nya dan daun nya ternya selain itu juga ada juga yang bisa mamfaat kan selain buah dan daun nya. Mari kita kupas tentang pepaya.Tanaman pepaya yaitu merupakan jenis tanaman yang diklasifikasikan kedalam famili Caricaceae, berupa herba yang berasal dari Amerika Tengah dan Hindia Barat sampai kawasan sekitar Meksico dan Coasta Rica. Pepaya atau bisa di sebut Carica papaya.  merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan sedikit basah. Sebagian Pohon pepaya tidak bercabang, tumbuh hingga setinggi 5 sampai dengan 10 m, yang memiliki  daun-daunan yang membentuk seperti  spiral pada batang pohon bagian atas. permukaan batang pepaya terlihat bekas perlekatan daun. batang tidak memiliki cabang. arah tumbuh batang tegak lurus. Daunnya berbentuk bulat atau bundar atau bisa di sebut orbicularis, merupakan daun tunggal bertulang daun menjari dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Tetapi daun bercangap menjari. Permukaan daun licin, sedikit mengkilat (nitidus), daging seperti perkamen.

Sistematika tumbuhan, tanaman pepaya diklasifikasikan sebagai
1.    Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
2.    Famili: Caricaceae
3.    Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
4.    Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
5.    Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
6.    Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
7.    Sub Kelas: Dilleniidae
8.    Ordo: Violales
9.    Famili: Caricaceae

Ternyata papaya pun Selain bisa dikonsumsi, beberapa bagian pohon pepaya juga bisa  dimanfaatkan untuki obat tradisional misalanya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Hampir semua bagian dari pohon pepaya bisa dimanfaatkan sebagai obat seperti Daunnya, Bunga, Biji, Akar, Getah, sampai Kulit Pepaya nya pun bisa di manfaatkan .

Adapun manfaat papaya adalah  :
1.    Untuk Menambah nafsu makan
Tidak sulit membuat ramuan penambah nafsu makan. Cukup ambil daun papaya yang segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah gelas. Semua bahan dicampur, kemudian ditumbuk bisa juga diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya, selanjutnya diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak.

2.    Untuk  Mencegah kanker
Di jelaskan oleh beberapa penelitian, batang dan daun pepaya mengandung banyak getah putih seperti susu. yang berpeluang bisa dikembangkan sebagai antikanker,  Journal Society of Biology mengutip. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

3.    Untuk  Menghilangkan jerawat
Daun pepaya juga dapat digunakan untuk mengatasi jerawat. Dengan Cara, ambil 2 sampai 3 lembar daun pepaya yang sudah tua. Jemur sebentar kemudian tumbuk sampai halus. Kemudian , tambahkan satu setengah sendok air. kemudian oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat seperti memakai masker. Biarkan beberapa saat, lalu bilas hingga bersih.

4.    Untuk Mengontrol tekanan darah.
Sediakan  lima lembar daun pepaya, kemudian rebus dengan setengah liter air. Rebus  hingga tinggal tiga perempatnya. Lalu  Dinginkan sebelum diminum. Kalou perlu, tambahkan gula merah atau madu agar terasa tidak pait.

5.    Untuk Mengobati nyeri haid.
Bagi kamu para wanita yang mengalami nyeri ketika  haid, ada baiknya kamu mencoba dengan  resep tradisional dari daun pepaya ini. Dengan cara ambil 1 lembar daun pepaya, asam jawa dan garam secukupnya. Rebus dengan segelas air samapai masak. Dinginkan, lalu diminum.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates