Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Kumis Kucing Untuk Batu ginjal

Manfaat Kumis Kucing Untuk Batu ginjal

Manfaat Kumis Kucing Untuk Batu Ginjal

Manfaat Kumis Kucing Untuk Batu ginjal

Manfaat Kumis Kucing Untuk Batu ginjal

Manfaat Kumis Kucing Untuk Batu Ginjal – Apa kita tau apa itu kumis kucing ? kumis kucing (Orthosiphon aristatus) merupakan salah satu tanaman yang berasal dari tanah air kita Indonesia. Kumis kucing dikenal dengan berbagai istilah di beberapa daerah di Indonesia. Kumis kucing memiliki tinggi yang bisa mencapai kurang lebih 2 meter dan memiliki batang yang sedikit beralur. Helaian daunnya berbentuk lonjong dan bundar. Sedangkan, ukuran daunnya mempunyai panjang sekitar 1–10 cm dan lebar 3-5 cm.Kumis kucing adalah tanaman obat tradisional yang telah dimanfaatkan masyarakat Asia sejak jaman terdahulu. Daun ini dipercaya memiliki khasiat untuk mengobati penyakit yang berkenaan dengan ginjal. Di luar negeri ramuan daun ini dapat di temukan juga dengan sebutan Indian Kidney Tea dan Java Tea. Tanaman kumis kucing memiliki nama latin Orthosiphon aristatus. Tanaman ini bisa tumbuh di iklim tropis dan subtropis.  meliputi Asia Tenggara, sampai Asia Timur hingga ke Australia (Queensland).Daun Kumis kucing, ada 2 macam, yaitu kumis kucing basah ada juga kering kedua nya sama sama baik,

Ciri cirri tumbuhan Kumis kucing :

1.    Berbatang basah serta tegak

2.    Bagian bawah berakar tunggang

3.    Daun bundar / lonjong, panjangnya sekitar 1 hingga 10 cm.

4.    Posisi daun pada batang berselang seling

5.    Tulang daun bercabang- cabang

6.     Mahkota bunga berwarna putih atau putih keunguan. Dengan panjang 7 sampai 29 cm

7.    Benang sari mencuat keluar mirip dengan kumis kucing

8.    Panjang tangkai daun 7 s/d 29 cm

Tumbuhan kumis kucing biasanya dimamfaatkan untuk pengobati berbagai jenis penyakit di antara  mengobati penyakit batu ginjal. Kencing batu atau biasa juga disebut kebnyakan orang batu ginjal adalah salah satu penyakit saluran kemih yang  berupa infeksi, obstruksi, rasa sakit, dan metaplasia. Kencing batu sendiri merupakan massa keras seperti batu yang terdapat pada saluran kemih. Jika hal ini terjadi maka akan timbul rasa sakit di area pingang, bisa menyebabkan pendarahan, penyumbatan aliran kemih hingga susah untuk kencing,, atau bisa menyebabkan infeksi.

Adapun gejala penyakit batu ginjal adalah

1.    Munculnya  rasa sakit hebat yang hilang-timbul di daerah  tulang rusuk dan tulang pinggang, yang menjalar ke perut.

2.    Mual dan muntah

3.    Perut menggelembung

4.     Demam dan menggigil

Agar tidak mengalami penyakit ini, kita harus biasakan minum air putih yang banyak dan  jauhi minuman suplemen. Adapun Cara Pengobatan secara tradisional bisa dengan cara

a.    Sediakan 90 gr daun kumis kucing segar

b.    1  gelas air putih

Caranya : cuci  daun kumis kucing setelah dicuci bersih, rebus daun kumis kucing tersebut dengan air hingga airnya tinggal ½ gelas . Minum air  tersebut sebanyak 3 kali perhari.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates