Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Mitos Seputar Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Mitos Seputar Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Mitos Seputar Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Mitos Seputar Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Mitos Seputar Bayi Yang Perlu Anda Ketahui

Mitos Seputar Bayi Yang Perlu Anda Ketahui – Di era modern saat ini masih banyak beberapa orang yang mempercayai beberapa hal tentang mitos, salah satu mitos yang hingga saat ini masih sering di bicarakan ialah mengenai mitos bayi baru lahir, untuk lebih jelasnya mari simak pembahasan beberapa mitos berikut ini :

1.  Jangan Keluar Rumah Sebelum Umur Bayi 40 Hari
Daya tahan tubuh bayi baru lahir masih sangat rendah, malah hampir tidak ada. Kalau ada kuman atau virus yang masuk ke dalam tubuhnya, akan langsung sakit.

2. Plasenta/Ari-Ari Harus Dikubur
Tidak ada hubungannya dengan kesehatan atau perkembangan maupun pertumbuhan bayi, kalaupun ari-ari dibuang tidak akan ada masalah. Namun jangan membuag plasenta begitu saja. Khawatirnya, ada orang yang akan menyalahgunakan plasenta ini untuk berbagai tujuan. Pada tali pusat terdapat jaringan yang bisa dijadikan bahan dasar kosmetik. Selain itu, terdapat stem cell, merupakan bibit kloning paling sempurna dalam pembuatan manusia baru. Tidak heran di negara-negara maju sudah dibuat undang-undang yang melarang penggunaan stem cell sebagai bibit kloning.

3.  Menjemur Bayi Bisa Menghilangkan Kuning Pada Kulit Bayi
Anggapan ini tidak berlaku untuk negara kita yang berada di daerah khatulistiwa, di mana pantulan sinar matahari sudah overdosis untuk mengubah pro-vitamin D menjadi vitamin D dalam kulit. Jadi, cukup punggungnya saja yang sudah ditelanjangi. Sebaiknya sebelum jam 9 pagi, di mana sinar biru yang terdapat pada sinar matahari masih ada. Sinar biru ini bisa membantu liver menurunkan kadar bilirubin. Hindari sinar matahari menerpa langsung mata anak, karena bisa merusak retinanya. Jika kuningnya telah hilang, anak tidak usah dijemur lagi.

4. Simpanlah Kitab Suci Di Dekat Tempat Tidur Bayi
Akan lebih bermanfaat bila dibaca dan dijalankan, bukan sekadar diletakkan di dekat tempat tidur bayi.

5. Bayi Main Ludah Pertanda Rambut Ibu Akan Rontok
Main ludah dari segi medis pertanda baik, yaitu tubuh anak menyimpan cukup cairan. Demikian pula jika bayi ngeces (air liurnya turun). Yang harus dipertanyakan dan diperiksa adalah jika anak tidak main ludah dan tidak ngeces sama sekali.

6. Rewel Saat Maghrib, Pertanda Melihat Makhluk Ghaib
Waktu senja atau maghrib terjadi pergantian cuaca, angin, suhu, dan kelembapan atau istilahnya sedang terjadi circadian rhythm. Karena bayi masih sangat sensitif terhadap kejadian alam, maka tidak jarang ia merasa tidak nyaman dengan perubahan itu yang ditunjukkan dengan cara menangis.

7.  Anak Korengan Pertanda Bajunya Terbakar
Tubuh kita, terlebih bayi, terdapat beribu-ribu kuman. Mungkin saja saat kekebalan tubuhnya lemah, ada sebagian kecil kulitnya yang terbuka dan dimasuki kuman. Dari situ, terjadilah korengan.

8. Popok/Baju Terlalu Lama Direndam Membuat Bayi Masuk Angin
Masuk angin mungkin terjadi jika baju atau popok yang dipakai anak memang masih lembap.
Jangan sampai ketinggalan untuk terus mengikuti mitos-mitos seputar bayi lainnya, di halaman selanjutnya ya Bun!

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates