Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Buah Mengkudu Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat Buah Mengkudu Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi – Mengkudu atau dalam bahasa jawa disebut dengan  buah pace ini merupakan buah yang dipercaya mampu untuk mengobati tekanan darah tinggi (hipertensi). Tumbuhan yang memiliki nama latin Morinda citrifolia ini merupakan tumbuhan asli dari Indonesia. Ciri-ciri tanaman mengkudu ini yaitu pohonnya mempunyai batang tidak terlalu tinggi yakni 3-8 meter. Daunnya bersusun, berhadapan sedangkan bunga dari tanaman mengkudu ini berbentuk bongkol yang kecil-kecil dan berwarna putih. Buahnya berwarna hijau dengan variasi trotol-trotol di permukaan kulitnya. Adapun bijinya banyak dan kecil-kecil yang terdapat dalam daging buah mengkudu.

Buah mengkudu memiliki beberapa kandungan, diantaranya yaitu :
–    Vitamin
–    Protein
–    Mineral
–    Xeronine
–    Scopoletin
–    Proxeronine
–    Steroid alami
–    Alizarin
–    Lysin
–    Sodium
–    Asam kaprat
–    Asam kaprilat
–    Asam kaproat

Khasiat buah mengkudu dalam mengontrol penyakit tekanan darah tinggi ini ada pada kandungan scopoletin-nya. Zat ini mampu membantu melebarkan pembuluh darah yang menyempit, sehingga dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penggunaan buah mengkudu  dalam jangka panjang dapat menjaga stabilitas tekanan darah menjadi normal pada penderita diabetes. Di antara zat-zat gizi tersebut terdapat kandungan yang bermanfaat sebagai antibakteri yang dapat membunuh pseudomonas aeruginosa dan escherichia coli (penyebab diare). Senyawa scopoletin yang terdapat pada buah mengkudu selain bersifat antibakteri, antialergi, antiradang juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda.

Buah mengkudu juga mampu meningkatkan antibodi dan mengurangi terserang penyakit lainnya karena buah mengkudu memiliki kandungan moridin. Zat ini dikenal sebagai antibodi alami di dalam buah-buahan tertentu, salah satunya yaitu buah mengkudu. Di dalam buah mengkudu juga terkandung suatu zat yang mampu merangsang tubuh untuk menghasilkan suatu hormon yang disebut hormon xerodine. Hormon ini bekerja secara kontradiktif. Hormon xerodine ini yang menjadikan scopoletin mampu menjadi adaptogen (penyeimbang). Menurut penelitian dari Fakultas kedokteran Universitas Gajah Mada (UGM) mengenai kandungan buah mengkudu dapat disimpulkan bahwa sari buah mengkudu mampu menurunkan kontraksi otot jantung, sehingga jantung menjadi lebih tenang dan rileks, hal ini dapat menurunkan resiko terjadi jantung koroner. Selain itu, detak jantung juga menjadi lebih teratur dan aliran darah menjadi lebih lancar. Kandungan scopoletin di dalam buah mengkudu juga mampu membersihkan endapan-endapan yang ada di dalam pembuluh darah yang biasanya menyebabkan arterosklerosis (kekakuan pada pembuluh darah).

Buah mengkudu tidak hanya berkhasiat untuk kesehatan, tapi juga sangat berkhasiat untuk kecantikan, kebugaran, rambut dan lainnya. Membuat jus mengkudu tidaklah sulit, hal yang harus anda sediakan tentunya bahan utamanya yaitu buah mengkudu. Untuk mengurangi rasa tidak enak pada buah mengkudu, anda dapat menambahkan rasa seperti madu atau sari buah-buahan. Untuk mendapatkan khasiat yang penuh dari buah mengkudu tentunya anda harus mengolahnya dengan baik agar kandungan di dalam buah tersebut mampu terolah sehingga khasiatnya dapat anda peroleh.

Cara mengolah buah mengkudu untuk menurunkan tekanan darah tinggi adalah sebagai berikut :
Bahan :
–    Buah mengkudu 2 buah yang sudah matang
–    Gula Aren atau madu

Alat :
–    Tumbukan atau blender
–    Saringan
–    Gelas

Cara mengolah :
Pertama-tama bersihkan dahulu buah mengkudu yang sudah matang yang sudah disiapkan tadi, setelah dipastikan bersih kemudian anda buang biji-biji yang terdapat di dalam buah mengkudu tersebut hingga bersih setelah selesai lanjut pada proses penumbukan. Tumbuk atau anda bisa memblender buah mengkudu tersebut. Jika sudah selesai lanjut ke bagian penyaringan gunakan penyaring yang sekiranya mampu menyaring dengan baik. Saring buah yang sudah diblender tersebut dan ambil airnya tuangkan ke dalam gelas yang sudah disiapkan dengan gula arena tau madu, aduk hingga merata dan tambahkan sedikit air panas. Untuk mendapatkan khasiat secara maksimal konsumsi 1 gelas pada pagi hari dan 1 gelas lagi pada sore hari, lakukan hal tersebut selama 3 hari berturut-turut.
Untuk anda yang memiliki masalah kesehatan tekanan darah tinggi atau hipertensi, disarankan untuk mengkonsumsi buah mengkudu secara rutin setiap hari, agar tekanan darah anda menurun. Itulah penjelasan singkat saya dari askep33 mengenai Kandungan dan Manfaat Buah Mengkudu Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi), semoga bermanfaat…

About Ratna Indah ratna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates