Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Hindari Makanan Cepat Saji

Hindari Makanan Cepat Saji

Hindari Makanan Cepat Saji

Hindari Makanan Cepat Saji

Hindari Makanan Cepat Saji

Hindari Makanan Cepat Saji – Banyak jenis olahan makanan beredar luas di masyarakat yang dikemas secara praktis, dengan demikian mudah dan cepat untuk disajikan. Bukan hanya itu saat ini bahan pendukung untuk membuat makanan seperti bumbu pun banyak tersedia dalam bentuk yang mudah disajikan. Olahan makanan cepat saji ini, untuk sebagian pihak yang kurang memperhatikan kesehatan justru sangat membantu mereka. Orang modern saat ini lebih tertarik mengkonsumsi makanan cepat saji, karena dengan mengkonsumsi makanan cepat saji lebih cepat dan praktis dalam menghidangkan dan mengkonsumsinya serta dalam proses penyajianya menggunakan cara atau proses yang lebih sederhana tidak membutuhkan banyak alat yang digunakan dan tidak memakan waktu yang lama.

Semakin beredarnya makanan cepat saji dengan beragam bentuk kemudahan dalam menyajikannya, banyak ditemukan dampak negatif terkait bahaya yang ditemukan akibat mengkonsumsi makanan cepat saji. Berdasarkan riset para ilmuwan, fakta dan bukti bahwa makanan cepat saji sangat berperan sebagai pemicu munculnya berbagai macam penyakit pada tubuh seseorang yang mengkonsumsinya. Dengan demikian, segala sesuatu yang praktis tentunya mempunyai resiko lebih tinggi dibandingkan dengan yang alami. Pada tahun 2011, hasil riset menyimpulkan bahwa zat adiktif dalam olahan makanan cepat saji dapat beresiko terjadinya alergi terhadap beberapa anak dengan kondisi tertentu, selain itu kandungan lemak yang terdapat dalam makanan cepat saji, menjadi penyebab utama seseorang mengidap penyakit asma.

Berdasarkan data di Amerika Serikat, banyaknya kasus obesitas mayoritas disebabkan oleh konsumsi makanan cepat saji. Hasil riset juga menyimpulkan, salah satu pemicu penyakit eksim dan asma di Amerika Serikat adalah disebabkan oleh tingginya konsumsi makanan cepat saji. Hasil riset lain juga menyimpulkan bahwa konsumsi makanan cepat saji yang dikonsumsi dalam waktu satu minggu, menjadi penyebab gejala asma hingga 39% dari warga Amerika Serikat dan berdasarkan data yang didapat, sebanyak 27% dari jumlah warga di Amerika Serikat korban yang terkena penyakit asma cukup meningkat di level anak-anak.

Berdasarkan data ilmiah seorang peneliti menyimpulkan, orang yang mengkonsumsi olahan serta makanan siap saji berpotensi terkena penyakit diabetes golongan kedua. Komposisi lemak yang ada dalam makanan cepat saji sangat mempunyai potensi terhadap timbulnya penyakit salah satunya diabetes pada kalangan remaja. Meskipun makanan cepat saji mempunyai banyak dampak negatif akibat mengkonsumsinya, di sisi lain masih banyak masyarakat di negeri ini yang meremehkan pola hidup sehat, serta sebagian besar masyarakat sudah menjadi suatu kebiasaan dalam mengkonsumsi makanan atau olahan cepat saji ini. Sehingga mungkin akan sangat sulit apabila sesuatu yang sudah menjadi kebiasaan dan melekat dalam kehidupan sehari- hari kemudian diubah menjadi kebiasaan mengkonsumsi makanan yang alami. Menurut mereka mengkonsumsi makanan cepat saji harus dilakukan agar bisa dikatakan mempunyai pola hidup modern. Pola pandang yang sempit apabila kita harus mengakuinya. Karena di jaman yang serba teknologi serta berkembang ini menjaga pola hidup sehat perlu dilakukan untuk mengimbangi kegiatan serta aktifitas sehari-hari, dimana dengan semakin berkembangnya pola hidup yang semakin modern dan juga teknologi yang semakin canggih tentunya akan juga memberikan dampak negative terhadap keberlangsungan hidup. Sehingga akan banyak penyakit yang mungkin muncul karena tidak menjaga dengan baik pola hidup sehat sebagai dampak dari perkembangan jaman dan teknologi saat ini. Apabila ingin hidup sehat mari kita menjaga pola hidup, semaksimal mungkin hindari olahan makanan yang tersedia praktis (cepat saji) agar bisa hidup sehat.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates