Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahaya Menyimpan Hp Di Bawah Bantal

Bahaya Menyimpan Hp Di Bawah Bantal

Bahaya Menyimpan Hp Di Bawah Bantal

Bahaya Menyimpan Hp Di Bawah Bantal

Bahaya Menyimpan Hp Di Bawah Bantal

Bahaya Menyimpan Hp Di Bawah BantalHampir setiap orang memiliki alat komunikasi yang dinamakan handphone. Efek dari alat komunikasi canggih ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh, meskipun efek tersebut tidak kita rasakan pada saat seketika. Dengan demikian, menyimpan handphone dengan jarak yang terlalu dekat pada saat kita tidur sangatlah tidak dianjurkan oleh para ahli kesehatan.

Para ahli kesehatan sangat menyarankan agar pada saat tidur untuk menjauhkan benda – benda yang bisa menimbulkan efek cahaya, seperti handphone dengan jarak kurang lebih 1 sampai 2 meter dari jarak kita tidur. Dengan seperti itu, akan membantu terhindar dari resiko paparan radiasi yang berlebihan yang dapat menimbulkan efek tidak menyehatkan tubuh, seperti:

1.  Terjadi gangguan Insomnia
Menyimpan handphone terlalu dekat dengan tempat kita tidur, terutama di bawah bantal akan dapat mengganggu kenyamanan dalam tidur. Dengan demikian kita akan sering terjaga manakala terdengar nada-nada yang keluar dari handphone tersebut, misalnya akibat adanya panggilan atau pesan masuk. Disisi lain, hal tersebut juga cenderung mengakibatkan kita untuk ingin selalu menyentuh dan mengoperasikannya. Selain itu, paparan radiasi dari handphone apabila kita meletakkannya terlalu dekat pada saat tidur dapat mengganggu produksi hormon melatonin dalam tubuh kita. Dampaknya akan membuat kita sulit tidur serta hal tersebut berarti kita akan memiliki kualitas tidur yang buruk.

2. Dapat meningkatkan Resiko kanker
Akibat seseorang terbiasa menyimpan handphone di bawah bantal pada saat tidur dapat menyebabkan gangguan sistem saraf pusat. Karena pada saat tidur posisi otak berada di atas bantal yang di bawanya terdapat handphone yang dapat memancarkan radiasi elektromagnetic.

3.  Merusak sel-sel otak
Menurut seorang ahli kesehatan lingkungan menyatakan, bahwa paparan radiasi dari handphone dapat mengakibatkan kerusakan pada sel-sel otak, khususnya pada anak-anak. Hal tersebut dikarenakan  anak-anak sebesar 50% akan lebih mudah menyerap lebih banyak gelombang elektromagnetik dari pada orang dewasa. Dimana tengkorak anak- anak lebih tipis dan lebih kecil, dengan demikian gelombang electromagnetic lebih mudah menembus ke otak mereka.

4.  Berdampak infertilitas
Paparan radiasi ponsel atau hp dapat mempengaruhi produksi sperma pada seorang pria. Hal ini akan sangat berpengaruh pada  tingkat kesuburannya.

5.  Keguguran
Setiap organisme yang hidup mempunyai sel – sel yang dikelilingi oleh medan electromagnetic serta beberapa organ tubuh seperti otak mempunyai medan magnet sendiri yang berperan penting dalam proses pembelahan sel sangat cepat serta diferensiasi terjadi pada janin.

Tips Menghindari Bahaya dari Radiasi HP
Radiasi yang ditimbulkan dari handphone memang tidak besar, namun alangkah baiknya apabila kita lebih bijaksana dalam menyikapi efek sekecil apapun yang bisa ditimbulkan oleh radiasi handphone tersebut agar masa depan nanti tidak berdampak bahaya bagi diri sendiri. Dengan demikian untuk menghindari dari bahaya radiasi handphone dapat dilakukan cara sebagai berikut:
1.  Pada saat tidur simpan handphone sekitar 1 – 2 meter. Hindari menyimpan handphone dekat tubuh apalagi di bawah bantal.
2.  Matikan ponsel atau handphone pada saat tidur.
3.  Gunakan ponsel dengan pelindung atau antiradiasi
4.  Gunakan headset ataupun headphone yang memiliki emitor bluetooth dengan daya rendah.
5.  Gunakan ponsel pada saat kondisi signal full atau signal yang kuat.
6.  Apabila memungkinkan, alangkah baiknya memilih untuk mengirim sms saja dari pada telepon.
7.  Jangan menelpon ataupun menerima telepon di dalam ruangan atau di dalam mobil.
8.  Jangan menggantung Handphone di leher.
9.  Gunakan handphone yang memiliki daya radiasi yang rendah.
10. Simpan Handphone dengan jarak jauh dari jangkauan anak-anak maupun balita.
11. Apabila sedang hamil, alangkah baiknya menjauhkan ponsel atau handphone dari perut.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates