Friday , 26 May 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahaya Tidak Lancar Buang Air Besar

Bahaya Tidak Lancar Buang Air Besar

Bahaya Tidak Lancar Buang Air Besar

Bahaya Tidak Lancar Buang Air Besar

Bahaya Tidak Lancar Buang Air Besar

Bahaya Tidak Lancar Buang Air Besar – Buang air besar yakni langkah akhir dari proses pencernaan, dimana material solid akan dikeluarkan oleh organisme, semi solid maupun cair sebagai material sisa yang akan dikeluarkan tubuh melewati anus. Manusia mengeluarkan tinja dengan frekuensi yang bervariasi mulai dari beberapa kali sehari ampai beberapa kali dalam seminggu.  Masalah yang terjadi pada pencernaan akan berpengaruh secara langsung terhadap kegiatan buang air besar. Pada saat buang air besar terganggu serta menjadi tidak normal, bisa disimpulkan bahwa terjadi sesuatu yang salah terjadi pada saluran pencernaan serta harus segera ditangani. Berikut ciri-ciri buang air besar sehat:

1. Bentuk serta tekstur feses
Feses yang sehat melonjong sempurna, bertekstur sedang, tidak terlalu keras serta tidak terlalu cair. Feses yang terlalu keras dapat diindikasikan tubuh kekurangan air atau penyerapan air tidak maksimal, sementara feses yang cair dapat diindikasikan asam lambung yang terlalu tinggi.

2. Warna dari feses
Warna feses akan bervariasi setiap kali buang air besar. Warna feses yang hitam menandakan terjadi pendarahan dalam system pencernaan, warna kehijauan artinya kekurangan zat besi, warna merah mengindikasikan adanya pendarahan pada saluran pencernaan bagian akhir serta warna putih menandakan penyakit hepatitis. Untuk warna feses yang normal pada umumnya adalah coklat hingga coklat kekuningan.

3. Aroma dari feses
Feses dengan bau yang menyengat ataupun busuk menandakan adanya masalah pada saluran pencernaan dalam tubuh.

»  Bahaya tidak lancar buang air besar
Buang air besar tidak lancar seringkali menimbulkan masalah yang cukup mengganggu, selain akan menimbulkan rasa yang amat tidak nyaman pada bagian perut, juga dapat menimbulkan komplikasi penyakit lain. Berbagai penyebab yang mengakibatkan buang air besar tidak lancar adalah sebagai berikut:

1.  Akibat Wisata
Hal ini menjadi salah satu penyebab paling umum, saat sedang berwisata ataupun berada di tempat lain, seringkali tidak akan ingin untuk buang air besar sampai waktu yang cukup lama (hingga 1 minggu) dengan alasan tidak nyaman ataupun tidak biasa untuk buang air besar di tempat yang baru.

2.Akibat Stress
Stress menjadi salah satu penyebab dari berbagai macam penyakit tidak terkecuali pencernaan.

3.  Akibat Kekurangan air
Akibat kekurangan air akan membuat feses menjadi lebih keras serta dapat menghambat sekresinya melalui anus.

»  Dampak buang air besar tidak lancar

1.  Terjadi Wasir
Pada saat aktivitas buang air besar terhambat, otot – otot pencernaan akan terus berkontraksi serta berusaha untuk mengeluarkan feses dengan demikian akan menyebabkan pembuluh darah menjadi bengkak serta menyebabkan gejala wasir.

2.  Terjadi Radang usus
Pada saat feses terhambat untuk keluar melalui anus,untuk mengelarkan feses, usus akan terus berkontraksi. Seiring berjalannya waktu, feses yang mengering akan melukai usus serta dalam tahap ekstrim, usus dapat robek dan juga terinfeksi.

3.  Terjadi Kanker usus
Kotoran yang terlalu lama ada dalam pencernaan akan menimbulkan radang usus kemudian infeksi. Infeksi tersebut akan terus berkontak dengan feses dengan demikian akan menyebabkan adanya virus kanker pada usus.

4.  Terjadi Perut kembung
Feses yang menumpuk di dalam salran pencernaan akan menghasilkan gas yang menyebabkan perut akan menjadi kembung serta terasa sangat tidak nyaman.

5.  Mengakibatkan Penyakit lain
Buang air besar tidak lancar dapat mengakibatkan berbagai penyakit lain meskipun mempunyai kemungkinan kecil, contohnya penyaki gagal ginjal, terjadi gangguan jantung serta gangguan hormone dan lannya.

»  Cara agar melancarkan buang air besar

1.  Kebutuhan air yang cukup
Akibat kekurangan air akan menyebabkan feses menjadi kering serta sulit untuk dikeluarkan.

2.  Membatasi konsumsi kafein
Kafein dapat mengurangi kelembaban pada system pencernaan serta menyebabkan feses menjadi kering dan juga sulit dikeluarkan.

3.  Konsumsi sayuran dan buah buahan
Serat sangat berfungsi untuk menjaga kesehatan feses. Dengan konsumsi serat akan menjaga kelembapan feses dengan demikian tidak kering serta lebih mudah disekresi melalui anus.

4.  Dianjurkan untuk konsumsi probiotik
Biasakan makan dan minum yang mengandung probiotik seperti yoghurt serta produk minuman tertentu yang dapat menjaga kesehatan pencernaan serta melancarkan buang air besar.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates