Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Hindari Meniup Makanan Atau Meminum Minuman Panas

Hindari Meniup Makanan Atau Meminum Minuman Panas

Hindari Meniup Makanan Atau Meminum Minuman Panas

Hindari Meniup Makanan Atau Meminum Minuman Panas

Hindari Meniup Makanan Atau Meminum Minuman Panas

Hindari Meniup Makanan Atau Meminum Minuman Panas – Pernyataan terkait bahaya meniup makanan panas sudah mulai dibahas setelah banyak yang mengetahui ada hadist nabi yang melarang untuk meniup makanan atau minuman panas yang ada dalam wadah. Semakin berkembanganya teknologi sains sehingga sedikit demi sedikit mulai diketahui kenapa nabi melarang umatnya untuk meniup makanan atau minuman panas, berikut beberapa penjelasan ilmiahnya, diantaranya:

1. Terdapat Asam Karbonat
Penyebab dilarangnya meniup makanan yang pertama ini sangat mempunyai hubungan dengan sebuah zat kimia yang disebut dengan asam karbonat. Asam karbonat degan rumus kimia H2C03 merupakan senyawa kimia yang sebenarnya sudah ada di dalam tubuh, dimana asam karbonat berfungsi untuk mengatur kadar keasaman darah. Dimana semakin tinggi kandungan asam karbonat dalam darah sehingga akan semakin asam darah. Normalnya darah mempunyai batasan kadar keasaman atau pH yaitu 7,35 hingga 7,45. Apabila kadar keasaman ini lebih tinggi dari pH normal sehingga tubuh akan berada dalam keadaan asidosis. Keadaan asidosis cukup berbahaya untuk tubuh yang akan mengkibatkan gangguan jantungan yang ditandai dengan nafas akan menjadi lebih cepat, sesak serta pusing akibat tubuh berusaha menyeimbangkan kadar ph darah. Kemudian apa hubungannya dengan meniup makanan atau minuman panas? Apabila seseorang bernafas ataupun meniupkan nafasnya, maka ia akan mengeluarkan senyawa kimia C02 (karbondioksida). Senyawa karbondioksida ini tidak boleh bersentuhan dengan air, karena apabila bersentuhan dengan air yang mempunyai susunan kimia H20, akan membentuk senyawa asam karbonat yang akan berbahaya untuk tubuh.

2.  Terdapat H. Pylori
Bakteri H. Pylori mempunyai peranan penting terkait bahayanya meniup makanan ataupun minuman yang masih panas. Bakteri H. Pylori merupakan bakteri yang dapat menyebabkan gangguan lambung mulai dari luka kecil sampai luka besar yang akan menjadi tukak lambung. Selain itu, H.Pylori akan sangat mudah menyebar melalui pernafasan. Kemudian akan sangat bahaya sekali apabila seseorang yang mempunyai gangguan lambung dengan secara tidak sadar mempunyai gangguan lambung meniup makanan ataupun minuman yang akan disajikan pada tamu ataupun pada anaknya. Bakteri H.Pylory nantinya akan berpindah serta mengkontaminasi makanan atau minuman tersebut sehingga akan masuk ke dalam tubuh orang lain.

3. Terdapat Mikroorganisme
Pernafasan merupakan jalan keluar bagi mikroorganisme, virus serta bakteri untuk menyebar serta menularkan kepada orang lain. Tidak hanya asam karbonat dan bakteri H. Pylori aja yang dapat menular serta menyebar dengan tiupan ke dalam makanan atau minuman panas, akan tetapi jenis bakteri serta virus lainnya juga akan menyebar. Contoh virus yang akan menyebar yaitu virus penyebab penyakit TBC, virus berbahaya yang terkadang tidak disadari oleh seseorang yang mengalaminya akan sangat mudah menular melalui droplet atau ludah serta pernafasan yang intens.

4.  Terdapat Kotoran
Yang dimaksud kotoran disini diartikan sebagai kotoran yang berada dalam mulut. Mulut merupakan tempat kita menghaluskan semua makanan yang juga dapat dicampur dengan berbagai enzim untuk membantu menghancurkan makanan. Makanan yang hancur tidak seluruhnya akan masuk ke dalam lambung, tentunya masih ada sisa makanan yang menempel di sela – sela gigi. Kondisi tersebut akan berhubungan dengan adab menyajikan makanan pada tamu ataupun orang lain yang sangat tidak sopan apabila meniup makanan atau minumannya. Belum bakteri yang akan mudah berpindah dari mulut ke dalam makanan atau minumannya akibat tiupan.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates