Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat ASI Eklusif

Manfaat ASI Eklusif

Manfaat ASI Eklusif

Manfaat ASI Eklusif

Manfaat ASI Eklusif

Manfaat ASI Eklusif – ASI merupakan sumber nutrisi untuk bayi. Komposisi yang terkandung dalam air susu ibu menunjang tumbuh kembang bayi terutama terdapat kandungan antibodi alami yang dapat membantu dalam mencegah infeksi serta gangguan kesehatan pada bayi.  ASI Ekslusif yaitu pemberian air susu ibu tanpa memberikan makanan tambahan pada bayi yang berusia 0-6 bulan.  Pemberian ASI ekslusif sangat dianjurkan sampai usia bayi 4 bulan namun lebih baik diberikan hingga usia bayi 6 bulan. Kemudian pemberian ASI ekslusif dapat diberikan dengan makanan tambahan. Pemberian ASI ekslusif sangat didukung oleh UNICEF agar dapat meningkatkan kesadaran ibu menyusui. Berikut kita akan kenali jenis ASI untuk mendukung pemberian asi ekslusif:

1.  Colostrum
Colostrum merupakan cairan dengan warna agak kuning umunya pada hari 1-3 setelah kelahiran. Jenis ASI ini bisa memberikan manfaat untuk bayi karena mengandung protein yang dapat berguna sebagai antibodi.

2.  Jenis Susu Transisi
Merupakan jenis ASI yang diproduksi setelah kolostrum dengan rentang waktu 4-10 kelahiran bayi. Dalam susu transisi terdapat immunoglobin protein serta laktosa dengan kosentrasi yang lebih rendah dari pada kolostrum namun memiliki kandungan lemak serta jumlah kalori yang tinggi. Warna dari ASI susu transisi ini lebih putih dari kolostrum

3.  Jenis Susu Matur
Susu matur merupakan ASI yang keluar setelah 10 hari dan seterusnya. Warna dari susu matur ini yaitu berwarna putih kental sehingga komposisi dari ASI yang keluar dari isapan pertamanya yaitu lemak serta karbohidrat yang lebih banyak dibandingkan dengan isapan terakhir. Dengan demikian jangan terlalu cepat memindahkan bayi pada saat sedang menyusui sebelum hisapan pada bayi habis.

Kegunaan ASI ekskusif Pada Bayi

1.  Manfaat memberikan ASI ekslusif pada bayi yaitu dapat mengurangi jenis penyakit saat tumbuh dewasa. Sebuah penelitian menyimpulkan bahwa anak yang disusui dengan ASI ekslusif maka akan mengurangi berbagai jenis penyakit seperti obesitas, hipertensi serta diabetes melitus tipe 2. Selain itu penelitian lain menyimpulkan anak yang diberi ASI secara eksklusif mempunyai kemampuan test intelegensia yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang mendapatkan susu formula.
2.  Pemberian ASI memberikan manfaat pada bayi karena mudah dicerna apabila saat pencernaannya belum begitu sempurna (dibawah usia 6 bulan).
3. Pemberian ASI dapat menyempurnakan tumbuh kembang bayi.
4. Pemberian ASI dapat menjadi antibodi alami tubuh bayi khususnya yang berhubungan dengan penyakit infeksi.
5. Kondisi ASI akan selalu ada pada suhu yang tepat dengan demikian tidak perlu khawatir akan membuat bayi terlalu panas atau dingin.
6. Komposisi serta volume ASI akan disesuaikan dengan kebutuhan bayi.

Manfaat ASI Ekslusif untuk Ibu

1. Setelah bersalin ibu mengalami pendarahan yang akan dibantu dengan pemberian ASI ekslusif selain itu akan mempercepat pengecilan rahim seperti semula. Keadaan ini diakibatkan karena pada saat melahirkan serta segera disusukan akan membantu dalam merangsang hisapan bayi serta diteruskan ke hipofisis pars posterior yang akan mengeluarkan hormon jenis progesterone.
2. Manfaat ASI eksklusif bagi juga akan membantu mengembalikan tubuh ibu setelah hamil. Dengan menyusui sehingga timbunan lemak pada tubuh ibu akan dipergunakan untuk membentuk ASI dengan demikian berat badan ibu akan kembali stabil.
3.Kemudian akan terjalin ikatan batin antara ibu serta anak akan lebih terjaga karena ibu akan dengan mudah mengekspresikan sayang kepada anaknya. Sehingga ikatan batin semakin kuat. Begitupun dengan pemulihan kesehatan ibu yang akan semakin cepat pada saat ibu memberikan ASI ekslusif pada bayi.
4. Manfaat lain untuk ibu saat memberikan ASI eksklusif yaitu dapat mengurangi risiko kanker payudara serta juga kanker ovarium.
Dari penjelasan tersebut diatas, begitu penting seorang ibu memberikan ASI eksklusif, yaitu dengan memberikannya tanpa makanan serta cairan apapun selama minimal 4 bulan maksimal selama 6 bulan.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates