Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Cabai Bagi Kesehaatan

Manfaat Cabai Bagi Kesehaatan

Manfaat Cabai Bagi Kesehaatan

Manfaat Cabai Bagi Kesehaatan

Manfaat Cabai Bagi Kesehaatan

Manfaat Cabai Bagi Kesehaatan – Hasil kegiatan penelitian menyimpulkan di balik rasa pedasnya, cabe mempunyai banyak manfaat khususnya bagi kesehatan.  Beberapa manfaat cabe dapat mengurangi resiko kanker, dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bahkan dapat menyembuhkan luka. Seorang ahli penyakit dalam, sangat menganjurkan konsumsi makanan pedas secara teratur agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Ujarnya, mengkonsumsi makanan pedas dengan tidak berlebihan sangat baik bagi kesehatan serta mengurangi resiko kanker. Hasil penelitian menyimpulkan, kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabe yang menimbulkan rasa pedas, mampu membunuh sel kanker tanpa merusak sel normal. Disamping itu, hasil penelitian juga menyimpulkan, dengan menambah cabe dalam setiap masakan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hasil penelitian itu juga menyimpulkan, makanan pedas dapat menstabilkan kadar insulin dalam darah. Dalam takaran cabai yang tidak berlebihan, konsumsi makanan pedas bahkan berguna untuk kesehatan lambung. Berikut hasil studi menjelaskan, capsaicin dapat mengurangi asam lambung serta berfungsi sebagai anti inflamasi.

Berikut manfaat lain apabila mengkonsumsi cabai, diantaranya:

1. Bermanfaat untuk Penyembuh Luka dan Pereda Demam Tinggi
Masyarakat di pedesaan tanaman cabe banyak digunakan untuk penyembuh luka, sedangkan daunnya dapat digunakan sebagai penurun demam tinggi. Caranya ambilah segenggam daun cabe rawit, keudian tumbuk hingga halus. Tambahkan satu sendok minyak selada serta campurkan kedua bahan ini hingga rata. Kemudian tempelkan ramuan tadi pada ubun – ubun atau dibalurkan pada seluruh badan.  Adanya zat capsaicin pada cabe merah dapat menghilangkan rasa sakit.

2. Dapat meredakan pilek dan hidung tersumbat
Kandungan capsaicin yang terdapat dalam cabai dapat mengencerkan lendir. Dengan demikian, lendir yang menyumbat rongga hidung akan menjadi encer serta keluar. Sehingga, hidung menjadi tidak tersumbat dan hal ini berlaku pada penderita sinusitis serta batuk berdahak.

3. Cabe dapat menurunkan risiko terkena stroke, penyumbatan pembuluh darah dan impotensi serta jantung koroner. Dimana, dengan mengkonsumsi cabai secara rutin, darah akan tetap encer serta kerak lemak pada pembuluh darah tidak akan terbentuk. Sehingga, darah akan mengalir dalam tubuh dengan lancar. Dengan demikian, cabai juga bermanfaat untuk mengurangi terjadinya penggumpalan darah atau trombosis.

4. Bermanfaat sebagai antibiotik alami
Cabai dapat meringankan sakit kepala serta meringankan nyeri sendi.

5. Cabai dapat meningkatkan nafsu makan bagi yang mengkonsumsinya. Kandungan dalam cabai yaitu capsaicin yang dapat merangsang produksi untuk hormon endorphin yakni hormon yang dapat meningkatkan rasa nikmat serta kebahagiaan. Dengan demikian nafsu makan meningkat.

6. Kandungan antioksidan dalam cabai dapat digunakan untuk mengatasi ketidaksuburan (infertilitas), afrodisiak serta memperlambat proses penuaan.

7. Ekstrak buah cabai rawit mempunyai daya hambat untuk pertumbuhan jamur Candida Albicans yang merupakan suatu jamur pada permukaan kulit.

8.  Bermanfaat untuk gangguan rematik serta frostbite atau jari sakit akibat kedinginan.

9.  Daun cabai dapat digiling untuk dibalurkan di daerah yang sakit guna mengatasi sakit perut serta bisul.

10. Bermanfaat untuk mengobati perut kembung.

11. Dapat membantu pembakaran kalori hingga 25%.

12. Dapat memberikan kalsium dan fosfor bagi tubuh.

13.  Buah cabai mengandung vitamin C lebih banyak dari pada jeruk serta pro vitamin A lebih banyak dari pada wortel yang sangat diperlukan untuk tubuh.

Walaupun banyak manfaat yang bisa diambil dari mengkonsumsi cabai, akan tetapi dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi cabai secara berlebihan. Sehingga tidak salah apabila menyisipkan makanan pedas dalam menu harian secara berkala.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates