Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Sayur Bayam Dan Bahayanya

Manfaat Sayur Bayam Dan Bahayanya

Manfaat Sayur Bayam Dan Bahayanya

Manfaat Sayur Bayam Dan Bahayanya

Manfaat Sayur Bayam Dan Bahayanya

Manfaat Sayur Bayam Dan Bahayanya – Bayam merupakan salah satu jenis sayur yang banyak dikonsumsi serta bergizi, karena jenis sayuran ini mudah tumbuh di daerah kita, kandungan mineralnya cukup komplit, tapi ada yang tidak baik untuk kesehatan seperti kandungan Ca oksalat yang cukup tinggi sehingga tidak baik untuk penderita gangguan ginjal. Selain itu juga sayuran bayam ini mengandung zat besi tinggi, dimana zat besi nya berupa senyawa Fe +2 atau ferro, senyawa ini apabila terkena udara (O2) agak lama dan dengan proses pemanasan reaksinya dipercepat menjadi ferri atau Fe +3, senyawa ini bersifat toksik untuk tubuh apabila dikonsumsi, sehingga jangan biarkan sayur bayam lebih dari 6 jam dan di panaskan lagi. Kandungan lain dalam sayur bayam juga mengandung senyawa nitrat (NO3) dan apabila teroksidasi dengan udara senyawa nitra akan berubah menjadi nitrit (NO2) yang juga bersifat racun untuk tubuh apabila dikonsumsi.

Konsumsi yang berulang menimbulkan residu bahaya hasil oksidasi sayur bayam akan terus menumpuk serta muncul setelah beberapa waktu yang memang cukup lama. Residu akibat oksidasi sayur bayam, dalam tubuh akan memicu timbulnya penyakit sianosis pada manusia. Sianosis merupakan ketidakmampuan hemoglobin untuk mengikat oksigen, sehingga menyebabkan seluruh jaringan tubuh terasa lemas akibat kekurangan oksigen.

Bayam merupakan sumber protein serta asam amino yang sangat diperlukan tubuh, dimana asam amino sangat penting untuk melindungi keadaan tubuh hingga tidak mudah terkena penyakit. Manfaat bayam sangatlah banyak. Namun, kandungan gizi yang tinggi itu tidak akan berarti apabila dilakukan pengeloalaan yang kurang tepat.  Hal sejenis ini dikarenakan sayuran bayam memiliki kandungan zat besi yang apabila salah dalam memasaknya, zat-zat tersebut akan beralih menjadi racun untuk tubuh dan akan mengganggu kesehatan. Sehingga, apa saja yang perlu diperhatikan agar sayur bayam benar- benar aman serta menyehatkan untuk dikonsumsi?

Berikut beberapa panduan memasak sayur bayam yang benar agar tidak menimbulkan resiko pada saat dikonsumsi, yaitu:

1. Tidak boleh dipanaskan berulang
Bayam banyak mengandung zat besi atau senyawa ferro (Fe²+) yang sangat baik untuk kesehatan badan. Namun, apabila dipanaskan terus-menerus atau secara berulang, akan terjadi oksidasi pada sayur bayam. Dimana oksidasi tersebut yakni pengikatan oksigen, yang akan mengakibatkan Fe²+ yang awalnya baik bakal beralih menjadi Fe³+ atau senyawa ferri yang beracun untuk badan (racun). Oleh karena itu, masaklah bayam hanya untuk sekali makan.

2.  Segeralah dimakan
Dalam sayur bayam, selain mempunyai kandungan zat besi, bayam juga mempunyai kandungan nitrat (NO³). Akan tetapi apabila terlalu lama bersentuhan dengan udara, akan berubah menjadi nitrit (NO²) yang berbentuk senyawa tidak berwarna, berbau serta beracun. Sehingga sayur bayam apabila setelah matang harap segera untuk dikonsumsi. Sayur bayam yang telah dimasak atau diolah lebih dari 6 jam tidak dianjurkan untuk dikonsumsi kembali.

3.  Pilihlah bayam yang segar
Sayur bayam segar yang baru dicabut dari persemaian akan mempunyai kandungan senyawa nitrit kurang lebih sebanyak 5mg per kg. Bayam yang disimpan pada lemari es selama dua minggu akan mempunyai kandungan nitrit bertambah hingga 300mg per kg. Dengan demikian, dalam waktu 1 hari penyimpanan, senyawa nitrit akan bertambah sebesar 7%.

4. Gunakan panci stainless steel
Hindari memasak bayam pada panci besi ataupun aluminium, karena senyawa ferro akan bereaksi dengan bahan besi atau aluminium. Alangkah baikya gunakan panci nirkarat (stainless steel).

Dengan demikian, mulai saat ini STOP mengkonsumsi sayur bayam yang sudah dimasak lebih dari 6 jam serta cermati saat proses memasak sayur bayam yang benar agar tidak mepunyai resiko pada saat dikonsumsi.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates