Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Posisi Tidur Yang Sehat Untuk Tubuh

Posisi Tidur Yang Sehat Untuk Tubuh

Posisi Tidur Yang Sehat Untuk Tubuh

Posisi Tidur Yang Sehat Untuk Tubuh

Posisi Tidur Yang Sehat Untuk Tubuh

Posisi Tidur Yang Sehat Untuk Tubuh – Setelah beraktifitas, manusia memiliki cara yang tersendiri untuk beristirahat, ada yang istirahat di siang hari serta ada yang istirahat di malam hari sesuai dengan kondisi hidupnya. Kebiasaan tidur yang tidak teratur akan memberikan dampak pada kesehatan, begitu juga sebaliknya kebiasaan tidur yang baik dan teratur akan memberikan dampak yang baik terhadap kesehatan.

Berikut posisi tidur yang sehat untuk tubuh kita:

1.  Posisi kesebelah kanan, kemudian berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri, agar dengan posisi seperti itu proses pencernaan lebih cepat karena condongnya lambung di atas hati. Setelah itu tidur bertumpu pada sisi kanan lagi, agar makanan cepat larut dari lambung, sehingga posisi permulaan serta posisi terakhir tidur bertumpu pada sisi kanan. Selain bermanfaat bagi pencernaan berikut beberapa manfaat lain dari posisi tidur miring kesebelah kanan, yakni :

a. Untuk mencegah jatuhnya lidah ke belakang yang dapat menyumbat jalan nafas, yaitu dengan jalan nafas tidur miring. Selain itu apabila tidur pada posisi terlentang maka relaksasi lidah pada saat tidur dapat mengakibatkan penghalangan jalan nafas, sehingga akan mendengkur. Orang yang mendengkur dapat menyebabkan tubuh kekurangan oksigen bahkan mengakibatkan nafas berhenti untuk beberapa detik yang dapat membangunkan orang yang tidur dengan posisi demikian. Dengan demikian orang tersebut biasanya akan bangun dalam keadaan pusing karena kurangnya pasokan oksigen ke otak.

b. Bagi kesehatan jantung, tidur miring kesebelah kanan membuat jantung tidak tertimpa organ lainnya, karena posisi jantung yang memang berada lebih di sebelah kiri. Tidur bertumpu pada sisi kiri mengakibatkan curah jantung yang berlebih karena darah yang masuk ke atrium akan lebih banyak, sebab paru – paru kanan berada diatas sedangkan paru – paru kanan akan mendapatkan pasokan darah yang lebih banyak dari paru – paru kiri.

c. Untuk kesehatan paru-paru: ukuran paru-paru kiri lebih kecil dibandingkan dengan ukuran paru-paru kanan. Apabila tidur miring ke sebelah kanan, jantung akan jatuh ke sebelah kanan, hal tersebut tidak menjadi masalah karena paru – paru kanan ukurannya lebih besar, lain halnya apabila bertumpu pada sebelah kiri, jantung akan menekan paru kiri yang berukuran kecil, jelas ini sangat tidak baik.

2. Selain posisi tidur yang miring kekanan, posisi tidur yang sehat dengan meluruskan punggung pada saat tidur, manfaatnya adalah supaya organ-organ bagian dalam tidak tertekan, hal tersebut juga melancarkan peredaran darah.

3. Posisi sedikit menekuk kaki
Sedikit menekuk kaki berfungsi untuk mengendurkan otot – otot perut sehingga lebih mudah untuk diperiksa. Agar organ dan otot perut relaksasi lebih sempurna, dengan menekuk kaki sedikit pada saat tidur menolong organ-organ dan otot otot perut itu sendiri untuk relaksasi lebih sempurna. Dengan demikian tidur kita lebih nyaman.

4. Gunakan telapak tangan sebagai bantal.
Sakit leher pada saat bangun merupakan penyebab leher yang tidak lurus pada saat tidur dan biasanya menetap beberapa lama sehingga dapat mengganggu aktifitas.

Berikut beberapa posisi tidur yang tidak baik atau tidak sehat

1. Salah satu posisi tidur yang tidak baik seperti posisi melingkar, sering menyebabkan sakit punggung. Awali tidur dengan posisi telentang dengan bantal di bawah lutut agar melenturkan panggul bagian belakang. Selanjutnya, posisi tidur yang direkomendasikan yaitu miring dengan menghadap ke kanan. Dengan demikian tubuh lebih rileks dan jika menghadap kiri, maka tubuh akan menekan jantung yang berada pada dada bagian kiri.

2. Udara dingin menyebabkan posisi tidur dengan posisi melingkar. Dengan demikian, turunkan suhu AC kamar atau gunakan selimut yang lebih tebal. Hindari tidur dengan jendela terbuka karena dapat mengakibatkan udara kotor masuk ke dalam kamar.

3. Hindari penggunaan obat pembasmi serangga dan pengharum ruangan, karena obat pembasmi serangga dan pengharum ruangan mengandung bahan kimia yang dapat mengakibatkan gangguan pada kulit, hidung, tenggorokan, serta paru-paru. Alangkah baiknya bersihkan kamar pada pagi hari serta jangan masuk kamar sekurangnya 2 jam setelah disemprot.

4. Posisi tidur dengan telungkup membuat pernafasan tidak baik serta mengakibatkan insomnia kronis.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates