Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Tanda atau Gejala Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan

Tanda atau Gejala Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan

Tanda atau Gejala Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan

Tanda atau Gejala Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan

Tanda atau Gejala Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan

Tanda atau Gejala Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan – Tidur merupakan sesuatu yang wajib dilakukan oleh setiap orang pada waktu malam hari. Mungkin tidak semua orang percaya apabila seseorang mengalami kurang tidur akan berdampak buruk bagi kesehatannya hingga dapat menimbulkan kematian. Tubuh manusia membutuhkan waktu untuk istirahat pada malam hari selain itu agar pikiran bisa tenang akibat setelah seharian beraktivitas sehingga tubuh akan terasa capek serta lemas. Tidur pada jam yang tepat di malam hari akan membuat tubuh seseorang menjadi lebih bugar keesokan harinya pada waktu pagi hari.
Berdasarkan informasi kesehatan, manusia memerlukan tidur sampai 8 jam untuk kalangan orang dewasa, namun untu anak kecil mereka membutuhkan tidur dengan waktu yang lebih banyak di bandingkan orang dewasa. Terkadang orang kurang tidur pada malam hari disebabkan beberapa hal, seperti menonton televisi, ngobrol dengan teman, bekerja serta kegiatan yang lainnya. Apabila diakukan hingga larut malam, hal tersebut sangat merugikan kesehatan. Berikut ini dampak atau akibat dari seseorang apabila kurang tidur pada malam hari:

Tanda atau Gejala Akibat Kurang Tidur bagi Kesehatan
Berikut  tanda atau gejala serta dampak buruk bagi kesehatan akibat kurang tidur pada waktu malam hari, diantaranya :

1.  Akan membahayakan nyawa
Bagi yang memiliki aktivitas berkaitan dengan berkendara, alangkah baiknya jika anda memiliki waktu istirahat di malam hari dengan tidur yang cukup. Apabila anda kurang tidur maka hal tersebut sangat membahayakan nyawa anda pada saat sedang berkendara, hal itu disebabkan oleh hilangnya fokus ketika mnyetir kendaraan akibat mengantuk. Kualitas tidur yang rendah akan berdampak pada kecelakaan pada saat beraktifitas.

2.  Konsentrasi menurun
Dampak kurang tidur dapat membuat seseorang menjadi tidak konsentrasi ketika sedang berfikir. Hal tersebut akan membuat seseorang stress pada saat sedang berfikir namun tidak konsentrasi. Ada baiknya apabila anda yang masih pelajar ataupun pegawai yang setiap harinya sering berfikir untuk tidak tidur larut malam.

3. Dapat menimbulkan berbagai macam penyakit
Apabila tubuh kita kurang tidur, maka akan mengalami gangguan kesehatan untuk tubuh kita karena kurangnya istirahat, dengan demikian tubuh sangat rentan terkena berbagai jenis penyakit, seperti stroke, jantung, hipertensi sampai diabetes.

4. Akan mempengaruhi emosional
Kurang tidur akan mempengaruhi emosional seseorang. contohnya seperti sering marah tanpa sebab yang jelas, sering mengalami stress pada saat melakukan aktivitas serta sering kelihatan murung.

5. Akan mempengaruhi kesehatan kulit dan mata terganggu
Apabila seseorang kurang tidur akan berdampak buruk pada kesehatan mata serta kulit. Dampaknya kulit akan kelihatan pucat serta kusam. Kulit tampak akan kelihatan kerutan serta pada kantung mata akan kelihatan membengkak.

6.  Akan menyebabkan daya ingat menurun
Dampak kurang tidur akan menyebabkan daya ingat menjadi berkurang atau menurun, sehingga seseorang akan sering lupa.

7.  Akan menyebabkan kegemukan
Banyak orang yang berpendapat bahwa kurang tidur dapat membuat seseorang menjadi kurus. Namun hal tersebut tidak benar, karena pada saat seseorang tidak tidur pada waktu malam, keinginan makan akan meningkat tajam, perut akan terasa lapar. Sehingga mereka akan makan atau ngemil serta hal tersebut akan membut kegemukan pada tubuh.

8. Gejala lainnya akibat kurang tidur
a.    Menyebabkan terjangkitnya serangan jantung koroner;
b.    Meningkatnya resiko diabetes;
c.    Daya tahan tubuh akan menurun;
d.    Akan meningkatkan resiko penyakit kanker;
e.    Dapat menyebabkan stress yang berlebihan;
f.    Akan menyebabkan depresi;
g.    Meningkatkan resiko penyakit stroke;
h.    Menurunkan gairah seks;
i.    Suhu tubuh menjadi rendah;
j.    Dapat meningkatkan resiko kematian.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates