Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Yang Dapat Meningkatkan Trombosit

Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Yang Dapat Meningkatkan Trombosit

Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Yang Dapat Meningkatkan Trombosit

Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Yang Dapat Meningkatkan Trombosit

Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Yang Dapat Meningkatkan Trombosit

Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Yang Dapat Meningkatkan Trombosit – Jambu biji memiliki nama latin yaitu Psidium guajava dan termasuk dalam keluarga Myrtaceae. Di beberapa daerah di Indonesia, jambu biji dikenal dengan sebutan jambu siki atau jambu klutuk. Dapat disebut jambu klutuk karena ketika dimakan, bijinya keras berbunyi klutuk klutuk.

Buah jambu biji memiliki rasa yang sangat manis tetapi ada juga yang rasanya sangat asam. Daging buahnya ada yang berwarna merah muda dan ada juga yang berwarna putih. Bijinya keras, banyak dan kecil-kecil. Akan tetapi, saat ini sudah ditemukan varietas unggul dimana rasanya sangat manis dan hampir tanpa biji.

Kandungan gizi dalam 100 gram buah jambu biji ada bermacam-macam, diantara yaitu :
–    Energi 49 kal
–    Protein 0,9 gr
–    Lemak 0,3 gr
–    Karbohidrat 12,2 gr
–    Serat 5,6 gr
–    Kalsium 14 mg
–    Fosfor 28 mg
–    Zat Besi 1,1 mg
–    Vitamin A 25 IU
–    Vitamin B1 0,02 mg
–    Vitamin C 87 mg
–    Air 86 gr

Menariknya ternyata bagi penderita demam berdarah buah jambu biji ini dapat meningkatkan kadar trombosit dalam darah yang dikarenakan buah jambu biji ini mengandung flavonoid. Dalam beberapa penelitian, terungkap bahwa daun jambu biji sudah terbukti mampu menghambat aktifitas enzim reverse transcriptase dari virus dengue, kandungan tanin yang yang terdapat dalam daun tersebut mampu menghambat enzim reverse transcriptase maupun DNA polymerase dari virus serta mampu menghambat terjadinya pertumbuhan virus yang berinti DNA maupun RNA. Menurut uji klinis, pemberian daun jambu biji ekstrak kering selama 5 hari bisa mempercepat peningkatan jumlah trombosit >100.000/µl, pemberian ekstrak kering setiap 4-6 jam dapat meningkatkan jumlah trombosit >100.000/µl setelah 12-14 jam, tanpa menimbulkan efek samping pada tubuh.

Manfaat buah jambu biji selain dapat meningkatkan trombosit juga ada manfaat lain, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Menyembuhkan infeksi
Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam buah jambu biji ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Apabila dikonsumsi saat menderita flu atau radang tenggorok dapat mempercepat penyembuhan akibat infeksi.

2. Mencegah kanker
Kandungan vitamin C yang tinggi serta senyawa flavonoid di dalam buah jambu biji memiliki sifat antioksidan yang kuat yang dapat menghambat produksi nitrosamine dan zat pemicu kanker. Vitamin C yang cukup dalam darah dapat mendorong kerja selenium dalam menghambat sel kanker, terutama kanker paru-paru, , payudara, prostat, dan usus besar. Likopen di dalam buah jambu biji merah mampu menghambat oksidasi lemak sehingga mencegah timbulnya kanker.

3. Mengatasi penyakit jantung koroner
Kandungan kalium di dalam buah jambu biji mampu membantu jantung berdetak lebih teratur. Kandungan asam linoleat, asam elagat, asam korbigen dan juga serat mampu mengikat lemak sehingga menghindari terbentuknya plak dalam pembuluh darah yang dapat menyebabkan timbulnya jantung koroner.

4. Mengatasi diabetes
Serat pectin yang terdapat di dalam buah jambu mampu berperan menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi
Jambu biji dapat menurunkan tekanan darah tinggi karena kadar kaliumnya dan juga seratnya yang mampu mengikat lemak.

6. Mengobati disentri
Jambu biji kaya akan astringents ( senyawa yang membuat gusi terasa lebih kencang dan segar setelah mengunyah daun jambu biji atau buah jambu biji yang masih mentah ) . Zat alkali di dalam jambu biji memiliki kemampuan sebagai desinfektan dan anti – bakteri , sehingga membantu menyembuhkan disentri oleh adanya pembentukan lendir mikroba yaitu dengan menghambat aktivitas lendir dari bakteri penyebab disentri di dalam usus.

7. Meningkatkan  Fungsi Otak
Vitamin B di dalam buah jambu biji memiliki peran penting dalam fungsi otak . Jambu biji kaya akan vitamin B3 dan B6, Vitamin B3 dikenal sebagai niacin yang berfungsi untuk merangsang fungsi otak dan meningkatkan aliran darah, dan Vitamin B6 dikenal sebagai pyridoxine ini merupakan nutrisi penting untuk fungsi otak dan saraf .

8. Sumber vitamin B kompleks
Jambu biji juga merupakan sumber vitamin B kompleks seperti niasin, Vitamin B6 ( pyridoxine ), Vitamin E, Vitamin K, asam pantotenat dan mineral seperti magnesium, tembaga dan mangan . Mangan digunakan tubuh sebagai co-faktor untuk enzim antioksida dan superoksida dismutase. Tembaga diperlukan dalam memproduksi sel darah merah .

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates