Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Hindari Hiperpigmentasi pada Leher

Hindari Hiperpigmentasi pada Leher

Hindari Hiperpigmentasi pada Leher

Hindari Hiperpigmentasi pada Leher

Hindari Hiperpigmentasi pada Leher

Hindari Hiperpigmentasi pada Leher – Warna kehitaman atau hiperpigmentasi pada kulit merupakan salah satu pemicu menurunnya kepercayaan diri bagi sebagian wanita. Hiperpigmentasi merupakan penggelapan area kulit yang disebabkan oleh melanin meningkat serta dapat meningkatkan kerusakan akibat peradangan. Dengan demikian, berbagai produk pemutih menjadi satu dari beberapa solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal warna kehitaman pada kulit.

Area leher yang lebih banyak tersembunyi serta jarang diperhatikan ternyata dapat menimbulkan rasa kurang percaya diri apabila warnanya semakin menghitam. Namun pada dasarnya area kulit leher yang ideal berwarna sama dengan kulit wajah ataupun tubuh. Akan tetapi, ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan area kulit leher menjadi lebih hitam, gelap serta kurang cerah meskipun tertutup oleh potongan rambut yang panjang ataupun jilbab. Beberapa penyebab menghitamnya atau hiperpigmentasi pada area leher diantaranya:

1. Terkena paparan sinar ultraviolet
Sengatan sinar matahari yang secara langsung terkena kulit dalam jangka waktu yang cukup lama akan mengakibatkan kulit leher terbakar. Utamanya bagi pengendara sepeda motor, area leher secara langsung akan berhubungan dengan teriknya sinar matahari. Apabila dibiarkan terlalu lama, lama kelamaan warnanya akan semakin gelap serta membentuk garis hitam di leher.

2. Menggunakan parfum yang disemprotkan langsung ataupun dioleskan ke area leher
Apabila kulit tergolong sensitif, dalam menggunakan parfum ataupun kosmetik yang sedikit banyak mengandung bahan kimia dapat mengakibatkan iritasi, mengakibatkan kemerahan, gatal kemudian akan membekas serta membuat warna leher akan menghitam. Bagi wanita untuk menjaga penampilan, biasanya lebih fokus merawat serta membersihkan area kulit wajah dibandingkan leher. Tumpukan kotoran yang ada, debu ataupun keringat yang tidak dibersihkan secara rutin akan menyebabkan pori-pori menjadi tersumbat. Pada akhirnya kotoran akan menumpuk serta mengakibatkan kulit leher menjadi lebih kusam.

3. Akibat bakat dan gemuk
Warna kulit leher yang menghitam atau timbulnya garis leher yang warnanya lebih gelap dari warna kulit disekitarnya dapat disebabkan oleh bakat ataupun kegemukan. Untuk bakat, pigmen setiap orang akan berbeda-beda yang terkadang mengakibatkan warna kulit di area leher akan lebih hitam. Sedangkan untuk beberapa orang dengan kelebihan berat badan, sering ditemukan area hitam pada sekitar leher yang bentuknya menyerupai garis.

Cara mengatasi hiperpigmentasi

Menurut dokter spesialis akupuntur penyebab masalah kesehatan di atas dapat diatasi serta dikurangi dengan beberapa perawatan kulit yang dapat dilakukan rutin setiap hari. Dengan perawatan ini akhirnya wanita akan kembali membangun rasa percaya diri mereka pada saat memiliki leher jenjang dengan warna kulit yang rata serta cerah. Berikut beberapa perawatan diantaranya:

1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung menyengat pada kulit terutama di wilayah leher. Seseorang dapat menyiasatinya dengan menggunakan syal pada leher untuk mencegah sinar ultraviolet secara langsung atau tidak beraktivitas pada saat panas terik matahari.

2. Pada saat kulit sekitar leher berkeringat serta terasa gatal, alangkah baiknya untuk menghindari kebiasaan menggaruk karena akan mengakibatkan hiperpigmentasi.

3. Hindari dalam menggunakan kosmetik, lotion ataupun sabun yang mengakibatkan alergi.

4. Menggunakan lotion whitening, lotion whitening hanya bisa mematahkan rantai pembentukan pigmen. Sehingga apabila penggunaan pemutih ataupun whitening diberikan dalam dosis serta dengan waktu yang tepat dengan demikian kulit akan mengalami proses pengurangan warna kehitaman tersebut. Akan tetapi, dianjurkan untuk tidak berlebihan pada saat menggunakannya. Apabila digunakan secara rutin maka tidak menutup kemungkinan warna gelap akan berkurang selama kurang lebih 2 minggu setelah pemakaian lotion. Akan tetapi, perubahan ini tidak bisa dipastikan karena setiap orang mempunyai pigmen yang berbeda-beda, tergantung dari proses serta kegiatan yang dilakukannya.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates