Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Konsumsi Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Konsumsi Ikan Bagi Kesehatan – Ikan adalah salah satu protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat ikan sangat banyak yang bisa didapatkan apabila mengkonsumsi secara rutin. Semua jenis ikan mempunyai banyak manfaat, karena lemak yang terdapat dalam ikan merupakan lemak tak jenuh, dengan demikian membuat ikanmudah untuk bisa dicerna oleh tubuh dengan baik. Adapun kandungan nutrisi ikan diantaranya asam lemak Omega-3, Vit. D serta viatmin B2 (riboflavin), calsium, fosfor, mineral (zat besi, seng, yodium, magnesium serta kalium). Berikut beberapa manfaat ikan diantaranya:

1. Dapat mencegah cegah terjadinya penyakit jantung
Manfaat ikan yang pertama yaitu mencegah terjadinya penyakit jantung. Hasil penelitian di suku bangsa Eskimo yang bertempat tinggal di Greenland mempunyai prevalensi dari penderita penyakit jantung yang sangat rendah. Sama halnya dengan di Jepang, disana jarang sekali ditemukan orang yang mengalami  jantung koroner. Secara umum, orang Jepang serta orang Eskimo suka makan ikan dalam jumlah besar engan demikian risiko untuk menderita penyakit kardiovaskuler ataupun penyakit jantung bisa lebih ditekan.

2. Menjadi makanan pendamping nasi terbaik
Ikan salah satu sumber protein hewani yang mempunyai banyak keunggulan yakni kaya akan protein, vitamin, mineral serta kalori rendah. Ikan sangat bagus untuk yang ingin menjaga kesehatan pencernaan selain dapat diperoleh dari sayuran. Kandungan gizi yang ada dalam ikan juga sangat baik untuk tubuh seperti asam amino esensial  maupun non esensial dan mempunyai daya aborpsi yang tinggi yaitu 90-100%.

3. Dapat mencegah penyakit kolesterol
Orang yang mempunyai kadar kolesterol di atas 300 mg/dl, ia akan yang rentan terkena penyakit jantung koroner. Akan tetapi, ancaman dari penyakit kolesterol tidak akan terjadi jika rutin mengkonsumsi ikan. Manfaat minyak ikan (cold liver) yang ada di dalam ikan, mengandung asam lemak  tak  jenuh yang baik untuk kesehatan jantung yakni asam lemak omega tiga.

4. Dapat digunakan untuk program diet sehat
Mengkonsumsi ikan merupakan salah satu pilihan terbaik untuk diet. Kandungan dalam ikan kaya akan vitamin, mineral serta nutrisi. Seseorang yang suka makan ikan biasanya akan jarang makan – makanan yang banyak mengandung lemak jenuh seperti yang ada dalam daging ataupun keju.

5. Dapat menyehatkan sistem kardiovaskuler
Untuk mencegah penyakit berat seperti gagal jantung, seseorang dapat mengkonsumsi ikan. Mengolah ikan yang sehat akan mencegah terjadinya akumulasi dari trigliserida, akan mengurangi trigliserida yang berlebihan dan akan meningkatkan HDL (kolesterol yang baik), serta akan mencegah adanya pembekuan darah. Dengan demikian akan memudahkan sistem kerja kardiovaskuler.

6. Mencerdaskan otak
Manfaat omega 3 dalam ikan merupakan sebagai nutrisi yang dapat mencerdaskan otak.

7. Akan menstabilkan tekanan darah tinggi
Jenis lemak yang terdapat dalam minya ikan yaitu asam lemak omega-3 yang sangat penting untuk mencegah serta menstabilkan tekanan darah tinggi. Ikan salmon dan mackerel mempunyai kandungan tinggi asam lemak omega 3.

8. Dapat mengurangi risiko stroke
Konsumsi daging ikan secara rutin akan membantu menstabilkan tekanan darah serta sangat baik untuk sistem kardiovaskuler tubuh.

9. Dapat membuat mata dan kulit menjadi lebih sehat
Kandungan fosfor serta vitamin yang cukup tinggi sangat penting alam membantu kesehatan mata serta kulit. Vitamin D serta vitamin B2 sangat penting untuk kesehatan tulang serta kulit. Omega 3 juga bermanfaat untuk mencegah inflamasi yang menjadi penyebab penuaan dini.

10. Dapat mengurangi risiko adanya kanker
Konsumsi ikan dengan rutin akan mengurangi risiko terkena kanker prostat serta jenis kanker lainnya yang dapat berbahaya bagi tubuh.

11. Dapat mencegah terjadinya peradangan
Kandungan asam lemak omega 3 bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan serta mengurangi risiko untuk terkena penyakit arthritis.

12. Dapat mencegah depresi
Depresi pada tubuh dan otak dapat dicegah dengan mengkonsumsi ikan.

13. Dapat mengurangi resiko terkena alzheimer
Konsumsi ikan akan membantu meningkatkan fungsi neuron pada otak yang bermanfaat untuk memori serta daya ingat otak.

14. Dapat mencegah dimensia
Dimensia merupakan penyakit yang berhubungan dengan otak, asam lemak omega tiga akan sangat penting dalam mengurangi risiko terkena penyakit dimensia.

15. Untuk ibu hamil dan masalah prematur
Kandungan gizi yang terdapat dalam ikan, sangat penting untuk mengurangi risiko melahirkan prematur. Serta kandungan asam lemak omega 3 akan meningkatkan fungsi otak janin di dalam kandungan.


16. Mencegah Diabetes

Ikan merupakan salah satu jenis makanan yang baik untuk penyakit diabetes, selain itu ikan akan membantu melancarkan peredaran darah dalam mencegah terjadinya diabetes.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates