Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Singkong dan Daun Singkong

Manfaat Singkong dan Daun Singkong

Manfaat Singkong dan Daun Singkong

Manfaat Singkong dan Daun Singkong

Manfaat Singkong dan Daun Singkong – Menurut seorang ahli pakar tanaman obat efek farmakologis, singkong bermanfaat sebagai antioksidan, antikanker, antitumor serta menambah nafsu makan. Bagian yang dikonsumsi pada tanaman ini yaitu daun serta umbi. Umbi singkong mengandung kalori, protein, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zatbesi, vitamin B serta vitamin C dan amylum. Daun singkong mengandung vitamin A, B1 serta vitamin C, kalsium, kalori, forfor, protein, lemak, hidrat arang, serta zat besi. Selain itu, kulit batang mempunyai kandungan tannin, enzim peroksidase, glikosida, serta kalsium oksalat. Berikut Manfaat Singkong dan Daun Singkong, diantaranya:

a. Dapat melancarkan pencernaan
Singkong merupakan umbi yang banyak mengandung Insoluble Fiber (Serat yang tidak larut dalam air). Serat ini berfungsi melancarkan proses buang air besar dan mampu menyerap serta membuang toksin dalam usus.

b. Dapat mengobati sakit kepala
Manfaat daun singkong yang lain yaitu untuk mengobati sakit kepala. Caranya yaitu dengan kompres daun singkong. Ambillah daun singkong beberapa lembar, kemudian tumbuklah sampai halus, setelah itu kompreskan pada bagian yang sakit.

c. Dapat mengobati diare
Daun singkong dapat mengobati mengobati diare. Dengan cara merebus daun singkong pada air ±900 cc, kemudian biarkan sampai tinggal separuhnya atau sebanyak 450 cc. Setelah itu saring daun tersebut sampai menjadi separuhnya lagi. Kemudian minumlah rebusannya dua kali sehari yaitu pagi dan sore.

d. Dapat mencerdaskan otak
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam daun singkong ada berbagai kandungan asam amino yang dibutuhkan tubuh baik untuk membantu merubah karbohidrat menjadi energi, membantu pemulihan kulit serta tulang, dapat meningkatkan daya ingat, dapat meningkatkan kinerja otak serta dapat meningkatkan metabolisme asam amino lain. Kaitannya dengan mencerdaskan otak ada beberapa asam amino yang ada dalam daun singkong yaitu asam glutamik, asam phenilalanin, asam tirosin serta asam triptophan.

e. Dapat berguna sebagai obat luka bernanah dan terbakar
Untuk mengatasi luka bernanah, ambilah batang singkong segar kemudian ditumbuk lalu ditempelkan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk luka akibat garukan, singkong diparut kemudian ditempelkan pada bagian yang sakit serta diperban. Untuk luka akibat terkena benda panas, singkong diparut kemudian diperas. Setelah itu airnya didiamkan beberapa saat sampai patinya mengendap, kemudian patinya dioleskan pada bagian yang luka.

f. Dapat mengatasi Rematik
Untuk pemakaian luar, ambillah sebanyak lima lembar daun singkong, 15 gr jahe merah, serta kapur sirih secukupnya, kemudian dihaluskan serta ditambahkan air secukupnya. Setelah dihomogenkan, kemudian ramuan dioleskan pada bagian tubuh yang sakit. Untuk digunakan sebagai oral, ambilah 100 gr batang singkong, 1 batang sereh serta 15 gr jahe kemudian direbus dengan 1.000 cc air sampai tersisa 400 cc. Setelah itu, disaring kemudian diminum airnya sebanyak 200 cc. minumlah ramuannya dua kali sehari.

g. Obat Cacingan
Untuk menyembuhkan cacingan pada anak, caranya sebanyak 60 gr kulit batang singkong serta 30 gr daun ketepeng cina direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 300 cc. Kemudian disaring serta diminum airnya menjelang tidur. Untuk mengatasi beri-beri, 200 gr daun singkong dan dimakan sebagai lalap.

h. Dapat meningkatkan Stamina
Agar dapat meningkatkan stamina, ambillah 100 gr singkong, 25 gr kencur serta 5 butir angco (kurma merah) yang sudah dibuang bijinya, kemudian di blender dengan menambahkan air secukupnya. Setelah itu tambahkan madu kemudian diminum.

i. Kegunaan lain dari singkong
Yaitu sebagai obat penambah darah karena mempunyai kandungan zat besi yang tinggi, untuk kompres pada luka bakar karena dapat mempercepat proses pendinginan, umbi singkong dapat digunakan sebagai obat panas dalam dengan cara diparut serta diambil air perasannya, air perasan umbi singkong mengandung getah serta tepung sehingga dapat digunakan untuk obat maag serta panas dalam, air perasan umbi mampu mengobati luka pada lambung, berguna sebagai antibiotik. Selain itu untuk yang mengalami, panas dalam air perasan umbi singkong dapat mendinginkan daerah pencernaan. Singkong juga bagus untuk diet rendah kalori.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates