Thursday , 27 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Hindari Gangguan Makan

Hindari Gangguan Makan

Hindari Gangguan Makan

Hindari Gangguan Makan

Hindari Gangguan Makan – Seseorang yang mengalami gangguan makan mungkin berawal dari mengkonsumsi makanan yang lebih sedikit ataupun lebih banyak dari pada biasanya. Gangguan makan biasanya terjadi selama masa remaja ataupun dewasa awal. Terdapat tiga macam gangguan makan, diantaranya:

1. Gangguan Anorexia, merupakan suatu kondisi dimana seseorang menolak untuk makan cukup kalori. Anoreksia nervosa merupakan keengganan untuk menetapkan berat badan 85% dari yang diprediksi seseorang, ketakutan yang berlebihan dalam menaikkan berat badan, serta tidak mengalami menstruasi selama tiga siklus berturut-turut. Jenis Anoreksia nervosa yaitu restricting – tye anorexia (individu akan menurunkan berat badan dengan berdiet tanpa makan berlebihan) atau muntah kembali (purging). Seseorang akan menekan konsumsi karbohidrat serta makan mengandung lemak. Sedangkan untuk tipe binge-eating atau purging, seseorang makan secara berlebihan setelah itu memuntahkannya kembali dengan segaja

2. Gangguan Bulimia, merupakan suatu kondisi dimana seseorang terlalu overeats atau binging dan setelah itu melakukan pembersihan makanan dengan muntah ataupun menggunakan obat pencahar agar mencegah kenaikan berat badan. Bulimia nervosa atau BN merupakan episode berulang makan berlebihan atau binge eating setelah itu kemudian dengan perlakuan kompensatori yakni seprti muntah, berpuasa, beriadah ataupun kombinasinya. Makan berlebihan dan juga disertai dengan perasaan subjektif akan kehilangan kawalan ketika makan. Muntah yang dilakukan seseorang secara sengaja ataupun beriadah dengan berlebihan, dan penyalahgunaan pencahar, diuretik, amfetamin serta tiroksin juga akan terjadi.

3. Gangguan Eating disorders not otherwise specified, merupakan gangguan makan lainnya yang tidak ditetapkan. Kebanyakan yaitu mirip dengan anoreksia ataupun bulimia akan tetapi dengan karakter yang sedikit berbeda.

Adapun Gejala Gangguan Makan, diantaranya:

1. Anoreksia pada anak serta remaja
Pada anak – anak dan juga remaja dengan anoreksia mempunyai citra tubuh yang terdistorsi. Gejala anoreksia yaitu terjadi kecemasan, timbul depresi, timbul perfeksionisme, kompulsif berolahraga, ketakutan menjadi gemuk, menstruasi jarang atau bahkan berhenti, mempunyai kebiasaan makan yang aneh. Masalah yang timbul akiat anoreksia:
a. Terjadi kerusakan organ utama, terutama otak, jantung serta ginjal
b. Menyebabkan denyut jantung tidak teratur
c. Dapat menurunkan tekanan darah, denyut nadi, suhu tubuh dan juga tingkat pernafasan
d. Mengalami sensitivitas terhadap dingin
e. Mangalami penipisan tulang

2. Bulimia pada anak serta remaja
Orang yang mengalami bulimia biasanya berfluktuasi dengan kisaran berat badan normal, meskipun mereka terjadi kelebihan berat badan. Berikut gejala bulimia diantaranya: dapat menyalahgunakan obat pencahar serta perawatan lainnya untuk menghindari kenaikan berat badan, timbul kegelisahan, makan secara rahasia atau mempunyai kebiasaan makan yang tidak biasanya, dapat menggunakan jari untuk merangsang timbulnya muntah. Komplikasi yang akan terjadi diantaranya:
a. Mengalami kerusakan enamel gigi
b. Mengalami radang kerongkongan
c. Terjadi pembengkakan kelenjar ludah di pipi
d. Mengalami penurunan kadar potasium.

Faktor-faktor yang menjadi Penyebab Gangguan Makan, diantaranya:
1. Faktor sosiokultural yang merupakan tekanan yang berlebihan pada wanita muda agar mencapai standar khusus yang tidak realistis.

2. Faktor psikososial yang merupakan diet yang kaku atau sangat membatasi akan mengakibatkan berkurangnya kontrol yang disertai dengan pelanggaran diet serta menghasilkan makan berlebihan.
3. Faktor kognitif yang merupakan seseorang merasa kurang memiliki kontrol selain diet.
4. Faktor psikodinamika yang merupakan kesulitan berpisah dari keluarga serta membangun identitas individual.
5. Faktor keluarga yang merupakan adanya konflik, kurangnya kedekatan serta pengasuhan, dan gagal dalam membangun kemandirian.
6. Faktor biologis merupakan ketidakseimbangan pada sistem neurotransmiter pada otak yang mengatur mood serta nafsu makan.
7. Kemungkinan pengaruh dari  genetis.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates