Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Hindari Minum Air Dingin Setelah Makan

Hindari Minum Air Dingin Setelah Makan

Hindari Minum Air Dingin Setelah Makan

Hindari Minum Air Dingin Setelah Makan

Hindari Minum Air Dingin Setelah Makan – Mencegah lebih baik dari pada mengobati, itulah nasehat yang sering diingatkan dari orang tua kita. Akan tetapi terkadang kita lalai dan hingga sering melanggar. Pola makanan serta minuman yang dikonsumsi setiap hari sangatlah berpengaruh terhadap kesehatan kita, hidangan cepat saji dan juga minuman dingin merupakan salah satu yang dapat memberikan kontribusi buruk bagi kesehatan. Sebab kebiasaan minuman dingin apabila setelah makan akan mempersempit saluran usus seseorang. Hal tersebut bisa berakibat fatal, kondisi dingin dapat membekukan makanan berminyak yang baru dikonsumsi. Hal ini akan memperlambat proses pencernaan.
Apabila lemak-lemak terbentuk di dalam usus, maka akan mempersempit saluran pencernaan dan semakin lama akan menyebabkan lemak berkumpul dengan demikian akan semakin gemuk atau menuju ke arah timbulnya berbagai penyakit. Selain dampak tersebut, banyak dampak lain yag akan timbul diantaranya:

1. Air dingin akan membuat tubuh membakar kalori lebih banyak
Banyak penelitian menyimpulkan, bahwa minum air dingin akan membuat tubuh membakar kalori. Sebab tubuh akan melakukan ini untuk menggunakan energi dalam memanaskan air dingin sesuai temperatur tubuh. Energi yang dimaksud yaitu untuk proses pencernaan. Pada saat mengunyah makanan, semua energi digunakan agar memudahkan dalam menyerap nutrisi serta menghilangkan racun. Racun yang menumpuk pada organ pencernaan akan menyebabkan kenaikan berat badan. Racun yang terakumulasi akan menghambat kemampuan untuk memecah lemak, sehingga menyebabkan gangguan kemampuan tubuh untuk menentukan apakah kenyang atau tidak kenyang.

2. Air membantu mengencerkan enzim sehingga akan melambatkan pencernaan
Air ataupun minuman cair lain selama makan akan mempermudah atau pengencer alami enzim pencernaan serta asam lambung yang akan membuatnya mudah dalam melakukan pemecahan makanan sehingga akan memperlambat pencernaan. Mengunyah makanan dengan baik ataupun benar akan menciptakan air liur yang cukup secara alami dengan demikian memungkinkan makan serta menelan dengan nyaman tanpa banyak cairan.

3. Cairan dingin akan memperkuat lemak pada perut, yang akan menyebabkan masalah pencernaan. Akan tetapi, para ahli menyarankan agar minum air atau minum- minuman lainnya 20 – 30 menit sebelum atau setelah makan untuk mencegah dehidrasi.

Dari beberapa akibat minum air dingin setelah makan, maka dianjurkan untuk minum air hangat. Sebab air hangat atau minuman dari suhu yang mendekati panas normal tubuh akan meringankan pencernaan. Tentu saja dengan kondisi panas yang layak untuk diminum. Hindari kebiasaan meminuan dingin baik yang sudah didinginkan di kulkas ataupun dicampur es. Minuman yang dingin akan mengakibatkan mengkerutnya saluran – saluran darah dari yang besar sampai sekecil diameter rambut kita. Melihat kebiasaan orang Jepang dan China sudah membiasakan minum teh panas atau sup panas setelah makan dan bukan air dingin. Dengan kebiasaan minum air dingin akan mengurangi ataupun menghambat timbulnya serangan jantung koroner. Bagi seseorang yang mempunyai penyakit jantung koroner, akan memudahkan terjadinya serangan jantung jika mempunyai kebiasaan minum air dingin. Sebab saluran koronernya akan mengeras dan atau mengkerut dengan demikian lubang salurannya dapat mengecil yang pada akhirnya akan menghambat laju dari ke jantung. Oleh sebab itu, untuk menghambat proses mengkerut dan juga mengerasnya saluran koroner, biasakanlah meminum air panas yang layak untuk diminum.

Bagi seseorang yang tidak mengenali tanda – tanda serangan jantung koroner, seseorang akan mengalami tanda seperti tangan sebelah kiri akan merasakan sering pegal- pegal mulai dari jari tangan sampai bahu serta kemudian diikuti seringnya kesemutan. Selain itu, rasa sakit pada dada sebelah kiri sampai tembus ke punggung. Selanjutnya akan diikuti rasa pusing, sesak nafas dan juga berkeringat dingin. Gejala tersebut merupakan awal atau permulaan serangan jantung. Jika kita mengenali gejala tersebut, dengan demikian segeralah melakukan tindakan yaitu minum air panas, sebelum anda minum obat-obat untuk mengencerkan darah. Dengan melakukan terapi saluran koroner dengan air panas yang diminum, tentu saja akan mencegah berlanjutnya serangan jantung.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates