Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kenali Penyebab Hiperpigmentasi Pada Bibir

Kenali Penyebab Hiperpigmentasi Pada Bibir

Penyebab Hiperpigmentasi Pada Bibir

Penyebab Hiperpigmentasi Pada Bibir

Kenali Penyebab Hiperpigmentasi Pada Bibir – Bibir hitam akan membuat seseorang hilangnya percaya diri karena bibir menjadi salah satu tampilan pertama pada seseorang terutama pada wanita. Terdapat beberapa masalah keesehatan yang terjadi pada bibir salah satunya hiperpigmentasi pada bibir.
Berikut beberapa penyebab hiperpigmentasi pada bibir, diantaranya:

1. Akibat Panasnya terik matahari
Alasan pertama mengapa bibir seseorang hitam adalah sebagai akibat terlalu seringnya mendapat pancaran panas terik matahari. Gunakan lip balm yang mengandung SPF.

2. Penggunaan lipstik berlebih
Bahaya lipstik adalah memberikan efek jangka panjang seperti bibir hitam. Beberapa wanita memang menyukai penampilan sempurna dengan bibir merah merekah. Ternyata penggunaan lipstik menjadi salah satu penyebab bibir menghitam. Namun bukan berarti dilarang menggunakan lipstick. Akan tetapi, kandungan paraffin dan juga logam pada lipstick akan mampu berpotensi membuat bibir menjadi tidak sehat. Apabila terlalu lama menggunakan, apalagi hingga lupa dibersihkan sebelum tidur. Kondisi ini mampu menjadikan penumpukan zat-zat tersebut yang akan menyebabkan bibir hitam.

3. Akibat kebiasaan merokok
Salah satu tanda pecandu rokok yaitu mempunyai bibir yang menghitam, tidak hanya bibir menjadi hitam, selain itu bahaya merokok juga akan merusak seluruh organ dan juga akan menjadi penyebab penyakit mematikan. Dalam kandungan rokok terdapat nikotin yang tinggi. Hal ini akan menjadikan pigmen bibir menebal, selai itu bibir menjadi pecah-pecah, menghitam, serta kering.

4. Akibat mengeringnya bibir
Bukan hanya kelembaban kulit yang seharusnya anda perhatikan. Kelembaban bibir juga sangat penting. Sebab bibir yang tidak lembab menjadi rusak, seperti pecah-pecah dan menghitam.

5. Akibat Kebiasaan Menggigit bibir
Biasanya menggigit bibir terjadi saat merasa cemas, khawatir, gerogi atau takut.

6. Akibat Konsumsi teh dan kopi
Kebiasaan meminum teh dan juga kopi akan menjadikan bibir hitam. Karena kandunganya terdapat kafein tinggi.

7. Akibat Kurang konsumsi buah
Tidak sukanya mengkonsumsi buah akan menjadikan bibir hitam. Sebab kandungan vitamin C yang ada dalam buah akan menjaga kesehatan bibir.

8. Akibat Alergi
Seperti akibat penggunaan kosmetik, seperti beberapa kandungan yang akan membuat bibir menjadi hitam yaitu kadar timbale, mercury serta wax yang cukup tinggi.

9. Akibat Kurang nutrisi
Pada orag yang sedang menjalani program diet, akan mempunyai asupan nutrisi yang kurang dengan demikian vitamin yang akan menjadikan bibir cerah tidak bisa dikonsumsi.

10. Akibat Keadaan tubuh menua
Salah satunya akibat pengaruh hormon, salah satu hormon yang paling berperan pada wanita yaitu esterogen. Esterogen juga berperan penting dalam proses regenerasi kulit, termasuk pada kulit bibir.

11. Akibat Konsumsi obat
Seseorang yang terlalu banyak mengkonsumsi obat, akan mampu membuat bibir hitam.

12. Akibat Keturunan biologis
Apabila kedua orang tua mempunyai bibir hitam secara genetis, maka kemungkinan besar anak akan mewarisi bibir hitam tersebut.

13. Akibat Konsumsi Alkohol
Bahaya alkohol untuk kesehatan selain mematikan serta dapat menyebabkan sirosis hati sampai berbagai kelainan dan juga kerusakan bagian tubuh lainnya termasuk kesehatan bibir .


14. Akibat Konsumsi Narkoba

Efek yang paling cepat dirasakan yaitu bibir menghitam secara permanen.

15. Akibat Anemia
Anemia atau kekurangan darah akan membuat bibir hitam.

Cara mengatasi bibis hitam:

1. Olesan Lemon ditambah madu.
2. Menggunakan Gliserin.
3. Minum air putih yang cukup.
4. Gunakan olesan almond oil.
5. Mengkonsumsi Jus mentimun.
6. Menggunakan Olesan Olive oil.
7. Menggunakan Lip balm SPF 30.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates