Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kenali Penyebab Telat Datang Bulan

Kenali Penyebab Telat Datang Bulan

Penyebab Telat Datang Bulan

Penyebab Telat Datang Bulan

Kenali Penyebab Telat Datang Bulan – Setiap wanita biasanya akan merasa cemas jika telat datang bulan. Terkadang pada saat telat datang bulan berbagai tanda awal gejala datang bulan akan tetap muncul, dengan demikian sering wanita merasa tidak nyaman. Rasa khawatir juga biasanya muncul rasa karena takut menderita penyakit tertentu. Semua wanita yang sehat pada umumnya akan mendapatkan siklus menstruasi selama 11 sampai 13 kali dalam 1 tahun. Artinya bahwa wanita akan mendapatkan siklus menstruasi selama setiap bulan tanpa telat dan juga normal. Periode berlangsungnya menstruasi setiap wanita berbeda akan tetapi waktu yang umum yaitu antara tiga hingga tujuh hari. Akan tetapi apabila lebih dari tujuh hari serta terus terjadi selama beberapa saat sehingga harus dilakukan pemeriksaan. Siklus normal wanita setiap bulan yaitu selama 28 hari, namun untuk wanita dewasa dapat memiliki siklus antara 21 sampai 35 hari. Pada kalangan remaja biasanya siklus lebih dari 35 hari, namun hal ini masih kondisi normal.

Berikut beberapa penjelasan penyebab telat datang bulan:

1. Akibat kondisi Berat Badan
Berat badan sering kali menjadi masalah umum kenapa wanita tidak mempunyai siklus haid yang normal. Berat badan yang terlalu kurus juga menjadi penyebab telat datang bulan. Berat badan akan mempengaruhi semua proses produksi hormon khususnya hormon estrogen.

2. Akibat Olahraga Berlebihan
Wanita yang sering melakukan aktivitas olahraga dengan berlebihan, juga dapat mengakibatkan siklus haid yang tidak normal. Hal tersebut disebabkan akibat aktivitas fisik yang terlalu berat akan membuat tekanan khusus pada rahim serta berbagai organ sekitarnya akan terpengaruh. Dengan olahraga yang terlalu keras juga menyebabkan gangguan produksi hormon estrogen yang mengakibatkan tidak adanya ovulasi.

3. Akibat Stres
Wanita yang sering stres juga akan mengalami gangguan siklus menstruasi. Hal ini terjadi akibat salah satu bagian otak yakni hipotalamus membuat sistem khusus untuk produksi hormon sehingga apabila seorang wanita stres maka tidak bisa bekerja dengan baik.

4. Akibat Gangguan Kelenjar Tiroid
Kelenjar tiroid terletak pada bagian leher yang berguna untuk mengatur sistem metabolisme di dalam tubuh. Metabolisme di dalam tubuh tidak berjalan dengan baik dengan demikian mengakibatkan organ reproduksi tidak dapat bekerja dengan baik.

5. Akibat Penyakit pada Ovarium
Penyakit pada ovarium juga dapat mengakibatkan masalah siklus haid yang tidak teratur. Hal ini biasanya akan dipengaruhi oleh ketidakmampuan organ reproduksi dalam melakukan ovulasi dengan demikian semua sistem hormon dalam tubuh akan mengalami kekacauan.

6. Akibat Pemakaian Alat Konstrasepsi
Beberapa jenis kontrasepsi yang sering menyebabkan telat datang bulan yaitu seperti pil KB, suntik serta IUD.

7. Akibat Menopouse Awal

Usia normal pada wanita akan mengalami menopause yaitu mencapai lebih dari 60 tahun. Namun beberapa wanita bisa mendapatkan menopause masih dibawah usia 40 tahun.

Penyakit dengan Gejala Telat Datang Bulan sebagai berikut:

1. Penyakit Tumor
Salah satu jenis tumor yang biasanya ditandai dengan gejala siklus haid secara tidak teratur yaitu tumor yang tumbuh di bagian kelenjar pituari.
2. Penyakit Amenore Primer
Keadaan ini biasanya sering terjadi pada kalangan remaja yang berusia kurang dari 15 tahun serta sudah mendapatkan siklus haid.
3. Gangguan Amenore Sekunder
Kelainan ini terjadi pada saat wanita pernah mendapatkan siklus menstruasi yang teratur kemudian, berhenti selama lebih dari dua hingga tiga bulan. Keadaan ini lebih sering terjadi pada wanita yang mempunyai masalah pada ovarium serta tumor.
4. Penyakit Oligomenore
Penyakit ini akan mengakibatkan wanita dewasa yang sudah pernah mengalami siklus secara teratur serta setelah itu mengalami masalah pada siklus tertentu.
Cara untuk Mengatasi Telat Datang Bulan
1. Hindari stres.
2. Asupan makanan yang cukup.
3. Usahakan berat badan ideal.
4. Olahraga secara rutin dan tidak berlebih.
5. Usahakan gaya hidup sehat.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates