Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Cacing Bagi Kesehatan

Manfaat Cacing Bagi Kesehatan

Manfaat Cacing Bagi Kesehatan

Manfaat Cacing Bagi Kesehatan

Manfaat Cacing Bagi Kesehatan – Sebagain dari kita menganggap cacing merupakan hewan yang menjijikkan, serta tidak banyak memberi manfaat untuk kesehatan. Hasil penelitian menyimpulkan, cairan selom pada cacing tanah mengandung lebih dari 40 jenis protein. Yang bermanfaat sebagai berikut:

1. Dapat menyembuhkan tifus
Tifus disebabkan dari pertumbuhan bakteri salmonella di dalam organ pencernaan. Dengan mengkonsumsi cacing tanah dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

2. Dapat mengobati diare
Cacing tanah dapat menyembuhkan penyakit diare. Cacing tanah bersifat antibakteri bagi bakteri E.Coli serta shigella yang menjadi penyebab diare.

3. Dapat melancarkan sirkulasi darah
Cacing tanah mempunyai enzim yang dapat menghancurkan lemak jahat pada system sirkulasi darah. Dengan demikian system peredaran darah akan menjadi lebih lancar. Dengan demikian cacing dapat mengobati penyakit tekanan darah tinggi dan juga stroke.

4. Dapat melancarkan pencernaan
Kandungan cacing tanah banyak mengandung protein yang akan membantu proses aktivitas biologis tubuh. Kandungan enzim, seluosa, serta katalisator yang dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme ada di dalam tubuh cacing tanah.

5. Sebagai Antipiretik
Ekstrak cacing tanah yang mengandung nitrogen bersifat basa. Kandungan tersebut akan membantu mengurangi demam tinggi pada penyakit seperti penyakit tifus.

6. Dapat menenangkan syaraf
Pheretima yang ada dalam cacing tanah akan mempengaruhi system saraf manusia. Dampaknya, akan merasa tenang, rasa sakit  berkurang, serta kejang – kejang akan berhenti.

7. Dapat meningkatkan energi
Cacing tanah mengandung taurin yang dapat meningkatkan proses metabolisme lemak kemudian di ubah menjadi ATP atau disebut energy. Sehingga baik untuk program diet.

8. Dapat menyembuhkan luka
Cacing tanah di dalamnya mengandung asam arakidonat yang berguna untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel baru. Keadaan tersebut baik sebagai proses penyembuhan luka dimana membutuhkan pergantian sel mati menjadi sel-sel baru.

9. Dapat meningkatkan nafsu makan
Di sadari ataupun tidak bahwa cacing tanah di dalamnya mengandung banyak protein dimana mengandung enzim yang akan membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Dengan demikian akan membuat system pencernaan dapat berjalan dengan baik serta dikondisikan agar tetap merasa nyaman. Keadaan organ pencernaan yang terjaga berfungsi untuk menstimulus dorongan pola makan yang proporsional dan juga dibutuhkan oleh tubuh.

SARAN KONSUMSI
Cacing tanah merupakan hewan yang menjijikkan apabila dilihat dari habitatnya. Dengan demikian perlu cara pengolahan yang baik sebelum siapapun mengkonsumsinya. Pertamanya kita harus membersihkan kotoran yang ada di dalam perutnya dengan membelah perutnya. kemudian di cuci sampai bersih serta direbus sampai mendidih. Air hasil rebusannya dapat di minum sebagai obat, serta tubuh cacing tanah yang biasanya di buat bubuk serta kemudian di minum dengan madu sekitar tiga gelas per harinya. Akan tetapi kini sudah banyak apotek yang menjual obat jadi dari cacing tanah, dengan demikian kita tidak perlu repot untuk mengolahnya. Akan tetapi juga perlu diingat apabila Anda tetap mengolahnya secara mandiri, harus tetap perhatikan bahwa cacing tanah yang Anda makan sudah higienis atau bersih, sebab jika ada bakteri yang masih menempel pada cacing tanah justru dapat membahayakan tubuh kita yang nantinya mengakibatkan infeksi organ dalam. Setelah itu kemudian jangan biarkan orang yang menderita penyakit yang nantinya meminum obat ini dapat mengetahui atau melihat bagaimana proses pengolahnnya. Usahakan penderita untuk tidak melihat bagaimana proses pengolahnnya agar tidak merasa jijik serta proses pengobatan dapat berjalan lancar.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates