Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan

Manfaat Labu Siam Bagi Kesehatan – Labu siam merupakan sejenis sayuran yang sering dikonsumsi oleh banyak masyarakat di negara Indonesia. Labu siam mempunyai bentuk buah seperti buah pear, akan tetapi warna labu siam mempunyai warna hijau. Hasil suatu penelitian dapat menyimpulkan bahwa labu siam mempunyai banyak nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh seseorang. Labu siam merupakan sayuran yang sangat rendah akan kalori, labu siam dengan tinggi serat, serta labu siam kaya akan mineral. Berikut ini beberapa manfaat labu siam bagi kesehatan diantaranya:

1. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan
Dengan kandungan kalori yang sangat rendah dalam labu siam, dengan demikian labu siam mampu menurunkan berat badan. Labu siam juga tidak mengandung lemak jenuh, kolesterol serta juga mengandung serat yang cukup tinggi.

2. Dapat Mencegah Bayi Lahir Cacat
Labu siam merupakan sayuran yang mempunyai kandungan B complex yakni Folat yang sangat dibutuhkan pada proses pembelahan sel, dengan demikian pada ibu hamil konsumsi folat akan membantu pertumbuhan sang janin serta dapat menghindarkan bayi dari cacat syaraf.

3. Dapat Membantu Menurunkan Kolesterol
Labu siam tidak mengandung lemak jenuh, sehingga labu siam bisa digunakan untuk mengendalikan tingkat kolesterol yang tinggi.

4. Dapat Mencegah Penyakit Kanker
Labu siam mengandung antioksidan yaitu apigenin serta luteolin, yang bermanfaat untuk melawan serta membersihkan radikal bebas yang menjadi penyebab kanker.

5. Menjadi Sumber Stamina
Labu siam juga mengandung potassium dimana salah satu jenis elektrolit bermanfaat sebagai sumber stamina bagi tubuh.

6. Dapat Mencegah Penuaan Dini
Labu siam adalah sayuran yang mengandung flavonoid yang cukup baik, yang dapat membantu melawan zat – zat berbahaya contohnya Reactive Oxygen Species (ROS) yaitu suatu zat turunan dari oksigen akan tetapi bersifat reaktif dengan demikian bisa membahayakan bagi tubuh, serta radikal – radikal bebas akibat penuaan dini dan juga penyakit berbahaya lainnya.

7. Menjadi Sumber Antioksidan
Labu siam mengandung vitamin C, dimana vit C menjadi salah satu anti oksidan yang akan membantu mencegah kerusakan sel ataupun untuk mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh seseorang.

8. Dapat Mengobati Batu Ginjal
Daun Labu siam dapat digunakan untuk pengobatan batu ginjal.

9. Dapat Mencegah Sembelit
Dengan mengkonsusmi labu siam, dapat menambahkan asupan serat yang diperlukan tubuh, sehingga akan mencegah terjadinya sembelit.

10. Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Dengan mengkonsumsi labu siam dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi pada seseorang.

11. Dapat Mengobati Kembung
Labu siam akan bermanfaat untuk mengobati gangguan pada perut, labu siam juga mengandung unsur – unsur yang termasuk dalam zat diuretik dimana kegunaannya untuk mengobati perut kembung.

12. Dapat Mencegah Penyakit Jantung
Vitamin C yang terdapat dalam labu siam, berguna sebagai anti oksidan, selain itu dapat mencegah terjadinya penyakit yang diakibatkan oleh radikal bebas seperti salah satunya yaitu penyakit jantung.

13. Menjadi Sumber Berbagai Mineral
Kandungan mineral dalam labu siam, dapat menjaga sistem kekebalan, dapat menjaga kekuatan serta kepadatan tulang dan gigi, serta dapat mempertahankan kesehatan metabolisme.

14. Dapat Mencegah Anemia
Kekurangan vitamin B2 dan zat besi dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah merah atau disebut anemia.

15. Dapat Mengurangi Resiko Penyakit Stroke
Labu siam yang menjadi sumber folat sangat baik untuk tubuh serta membantu menstabilkan homocysteine yang ada dalam darah.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates