Sunday , 22 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Bahaya Penggunaan Ac Terlalu Lama

Bahaya Penggunaan Ac Terlalu Lama

Bahaya Penggunaan Ac Terlalu Lama

Bahaya Penggunaan Ac Terlalu Lama

Bahaya Penggunaan Ac Terlalu Lama – Air Conditioner (AC) merupakan pengatur suhu udara yang biasanya dibutuhkan untuk mendinginkan ruangan serta membuat kondisi udara di ruangan akan terasa nyaman. AC dapat mengatur suhu serta kelembapan di dalam ruangan. Adanya kelebihan dari AC, bukan berarti tidak ada dampak negatif yang akan ditimbulkan. Air Conditioner akan menjadi berbahaya bagi kita, sebagai berikut:

1. Menyebabkan Kelumpuhan wajah
Kelumpuhan wajah akan terjadi pada sisi wajah kita. Penyakitnya dinamakan Bell’s palsy ini akan mengakibatkan terjadinya pembengkakan pada syaraf wajah. Dengan gejala sebagai berikut: mata akan terasa pedih jika terkena air, akan susah berkumur, mulutnya miring, pada saat bicara seperti pelo, pada saat minum sampai meluber serta fungsi pengecapan akan mulai berkurang.

2. Menyebabkan Leher tengeng
Leher angsa atau disebut tortikolis yaitu dengan gejala penderita akan merasa nyeri pada leher serta sakit pada saat menoleh ke salah satu sisi antara kanan ataupun kiri.

3. Menyebabkan Bahu beku
Frozen Shoulder atau disebut bahu beku akan timbul pada saat terbangun dari tidur di pagi hari. Penderita akan mengalami rasa nyeri pada bagian bahu sampai lengan. Pada saat tangan digerakkan akan sangat terasa sakit. Penderita akan mengalami kesulitan melakukan aktivitas yang dibutuhkan gerakan untuk mengangkat tangan.

4. Menyebabkan Sindrom carpal tunnel
Carpal tunnel syindrom dengan gejala kesemutan serta rasa nyeri pada tangan, utamanya pada jari-jari tangan. Gejala ini akan sangat terasa apabila berada dalam ruangan ber AC yang terlalu dingin.

5. Akan Mudah lelah
Kita juga berpotensi menjadi mudah lelah disebabkan saat kita berada dalam ruangan berAC kita kurang menghirup udara segar yang alami, pada sebagian orang, akan mengalami mual, gangguan syaraf, serta sakit kepala, bahkan timbul depresi.

6. Menyebabkan Sesak nafas
AC sebagai pengatur usaha tentu akan berpengaruh untuk sistem pernapasan yang sangat terkait dengan kondisi udara di sekitar kita. AC mempunyai kandungan zat kimia seperti p-dichlorobenzene serta formaldehida. Kandungan kimia tersebut akan memicu penyakit pernafasan seperti rasa sesak pada dada atau asma.

7. Menyebabkan Gangguan reproduksi
AC mengandung senyawa phthalates, yang merupakan senyawa asam phtalic. Apabila zat ini berinteraksi dengan tubuh terlalu lama dapat menyebabkan masalah pada sistem reproduksi kita.

8. Menyebabkan Gangguan kehamilan
Penggunaan AC yang terlalu lama akan mengalami gangguan kehamilan. Hal itu diakibatkan oleh adanya senyawa phthalates yang berdampak pada kondisi janin serta berpotensi lahir cacat.

9. Menyebabkan Kulit kering
Penggunaan AC akan mengakibatkan tubuh mengalami efek kekurangan air putih erta mengalami kekeringan.

10. Menimbulkan Ancaman tertular penyakit
Minimnya sirkulasi udara dalam ruangan ber AC akan menyebabkan potenis penularan virus, bakteri, serta kuman lebih tinggi.

11. Menyebabkan Bahaya bagi mata
Peneliti menyimpulkan bahaya AC lainnya terjadi pada mata. Resiko gangguan pada mata seperti konjungtivis serta blepharitis akan lebih beresiko terjadi apabila terlalu lama berada di dalam ruangan ber-AC.

12. Menyebabkan Kekebalan tubuh menurun
Sel-sel imun akan semakin efektif membunuh virus serta bakteri pada saat kondisi lembab. Akan tetapi AC yang mempunyai humfilder akan membuat kondisi udara menjadi kering.

13. Menimbulkan Flu dan pilek
Penggunaan AC akan mengeringkan selaput lendir pada hidung juga mulut. Dapat diketahui bahwa sinus, hidung, serta ternggorokan akan sangat bergantung pada kelembaban udara yang akan membuat sistem imun bekerja.

14. Menyebabkan Berat badan bertambah
Penggunaan AC akan mempengaruhi penurunan metabolisme tubuh, yang dapat membuat pembakaran kalori melambat bahkan berhenti, apalagi makan-makanan berkalori di dalam ruangan ber AC. Kondisi tersebut yang membuat tubuh akan bertambah gemuk.

15. Menyebabkan Nyeri sendi dan otot
Penggunaan AC yang terlalu dingin menyebabkan viscositas dari joint fluids. Dengan suhu yang ekstrim akan mempengaruhi cairan lubrikasi di dalam sendi-sendi menjadi berkurang. Dengan demikia menyebabkan persendian mudah sekali terasa nyeri.

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates