Monday , 24 July 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Beberapa Manfaat Dari Mengkonsumsi Buah Tomat

Beberapa Manfaat Dari Mengkonsumsi Buah Tomat

Beberapa Manfaat Dari Mengkonsumsi  Buah Tomat

Beberapa Manfaat Dari Mengkonsumsi Buah Tomat

Beberapa Manfaat Dari Mengkonsumsi Buah Tomat

Beberapa Manfaat Dari Mengkonsumsi  Buah Tomat  – Mengkonsumsi semua jenis buah-buahan salah satunya buah tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan. Buah tomat dapat mengurangi resiko terjadinya penyakit diabetes, jantung dan bahkan kanker. Buah ini juga dapat meningkatkan kesehatan kulit dan rambut, meningkatkan energi, serta berat badan yang sehat. Secara umum, dengan meningkatkan konsumsi buah-buahan secara signifikan dapat mengurangi risiko obesitas bahkan kematian dini.
Berikut beberapa manfaat penting makan tomat bagi tubuh kita diantaranya yaitu :

1.  Menurunkan resiko Kanker
Karena tomat mengandung antioksidan kuat seperti vitamin C dan likopen, maka dengan sering makan buah tomat setiap hati dapat membantu mencegah terpaparnya radikal bebas yang telah diketahui dapat menyebabkan kanker, termasuk jenis kanker yang paling umum terjadi yaitu kanker prostat dan kanker kolorektal (kanker usus). Likopen dalam tomat dapat menurunkan resiko kanker prostat, sementara betakaroten yang tinggi di dalam buah tomat mampu mencegah timbulnya kanker kolorektal. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang diet kaya akan bauh tomat mungkin memiliki risiko lebih rendah terhadap jenis kanker tertentu, terutama kanker prostat, kanker kolorektal dan kanker paru. Penelitian lebih lanjut berbasis manusia masih diperlukan untuk mengetahui apa sebenarnya manfaat likopen dalam pencegahan atau pengobatan kanker.

2.  Menormalkan Tekanan darah
Mengurangi asupan natrium sangat penting sekali untuk menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi, namun meningkatkan asupan kalium juga sama pentingnya karena efek vasodilatasinya. Menurut literatur, asupan kalium yang tinggi dapat menurunkan resiko terjadinya kematian dari semua penyebab hingga 20%. Buah tomat juga tinggi akan kandungan kalium.

3.  Menyehatkan jantung
Kalium, vitamin C, serat dan kolin adalah senyawa yang ditemukan dalam jumlah cukup banyak pada buah tomat, dan semuanya sangat diperlukan untuk meningkatkan kesehatan jantung. Peningkatan asupan kalium yang disertai dengan asupan natrium yang rendah merupakan perubahan pola makan yang sangat bagus untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Asupan tinggi kalium juga dapat menurunkan resiko stroke, mencegah kehilangan atau menurunnya massa otot, menjaga kepadatan mineral tulang, serta dapat menurunkan pembentukan batu ginjal.

4. Manfaat bagi penderita diabetes
Penelitian telah membuktikan bahwa penderita diabetes tipe 1 dengan diet tinggi serat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah, dan pada diabetes tipe 2 memiliki manfaat untuk kadar gula darah, lipid, dan kadar insulin. Secangkir jus buah tomat mengandung sekitar 2 gram serat.

5.  Meremajakan Kulit
Kolagen (zat yang mendukung kulit) sangat bergantung pada vitamin C. Karena vitamin C yang terkandung di dalam buah tomat adalah nutrisi penting yang bekerja di dalam tubuh sebagai antioksidan yang  sangat berguna untuk mencegah kerusakan kulit akibat panas matahari, polusi, kerutan dan secara keseluruhan dapat meningkatkan tekstur kulit.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates