Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Kandungan Buah Naga Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan – Kandungan Buah Naga Yang Bermafaat Untuk Kesehatan. Buah naga merupakan buah dari jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Kebanyakan orang menganggap jika buah yang dianggap membawa berkah ini berasal dari Cina. Padahal, buah ini sebenarnya berasal dari Amerika Latin yang kemudian menyebar ke Israel, Australia, Cina, dan negara Asia Timur lainnya, Srilanka, dan akhirnya ke Asia Tenggara.

Kandungan dan Manfaat Buah Naga diantaranya adalah sebagai berikut :
Dalam 100 gr buah naga, mengandung :
–    Kalori 60 kkal
–    Protein 0,53 gr
–    Karbohidrat 11,5 gr
–    Serat 0,71 gr
–    kalsium 134,5 mg
–    Fosfor 87 mg
–    Zat besi 0,65 mg
–    Vitamin C 9,4 mg
–    Serta kandungan airnya sebanyak 90%.

1.  Sumber Vitamin C
Buah naga kaya akan  kandungan vitamin C yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah naga yang dikeringkan terbukti mengandung 10 kali lebih banyak vitamin C yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

2. Sumber Vitamin B1 (tiamin)
Vitamin lain yang terkandung di dalam buah naga adalah vitamin B1 atau tiamin. Fungsi dari vitamin B1 adalah untuk memproses karbohidrat dengan cepat dan menghasilkan energi untuk tubuh.

3. Sumber Vitamin B3 (niacin)
Buah naga ampuh menurunkan kolesterol di dalam tubuh karena kandungan vitamin B3 atau niasin di dalam buah tersebut. Vitamin ini juga dapat membuat kulit terlihat tampak halus dan bercahaya secara alami dari dalam.

4.  Sumber Vitamin B12
Kandungan vitamin B12 di dalam buah naga dapat meningkatkan nafsu makan. Terutama bagi orang-orang yang sedang dalam masa penyembuhan dan nafsu makan menurun, buah naga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi.

5. Kaya Serat
Buah naga mengandung serat yang cukup tinggi yang sangat berkhasiat untuk mengatasi beberapa masalah pencernaan seperti sembelit atau susah buang air besar.

6. Kaya Akan Mineral
Mineral yang terkandung di dalam buah naga adalah kalsium dan fosfor. Keduanya memiliki peran yang sangat bagus dalam pembentukan tulang, gigi, dan perkembangan sel.

7.  Kandungan Antioksidan
Buah naga merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk mencegah dari serangan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker dan masalah kesehatan lainnya.

8.  Kandungan Protein
Protein merupakan nutrisi yang sangat penting dan dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk enzim, hormon dan senyawa lain. Jagalah kadar protein di dalam tubuh salah satunya dengan mengonsumsi secara teratur buah naga ini.

9.  Rendah lemak
Di dalam buah naga terdapat banyak biji-biji kecil berwarna hitam. Rupanya, biji ini mengandung lemak tak jenuh yang sangat baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan  kolesterol baik dan menurunkan serta menghilangkan kolesterol jahat.

10.  Mengontrol gula darah
Buah ini sangat baik dikonsumsi untuk mengontrol gula darah agar tetap seimbang khusunya untuk penderita diabetes tipe 2.

11. Menurunkan tekanan darah
Konsumsi buah naga dapat mengembalikan tekanan darah seseorang menjadi normal. Berita bagus nih untuk teman-teman yang berisiko terkena serangan jantung dan stroke.

12. Menetralkan racun
Racun di dalam tubuh seperti merkuri, arsen, dan lain-lain sangat membahayakan kesehatan. Namun, semua racun tersebut dapat dinetralkan dengan rajin salah satunya mengonsumsi buah naga.

13. Kesehatan mata
Buah naga mengandung karoten yang sangat membantu menjaga kesehatan mata dan memperbaiki fungsi penglihatan. Ini merupakan informasi terbaik buat teman-teman yang tidak menyukai wortel.
14.  Menurunkan berat badan

15.  Mengobati batuk dan asma

Nah, demikianlah sedikit artikel dari askep33 mengenai kandungan yang terdapat dalam buah naga serta beberapa manfaatnya bagi kesehatan. Sedikit tips bagi teman-teman yang ingin membeli buah naga untuk dikonsumsi, maka pilihlah buah naga yang sudah benar-benar matang. Cirinya adalah bila ditekan terasa empuk dan warna pinknya, bagus serta kulit buahnya mulus. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman…!

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates