Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Kenali Bahaya Penggunaan Pembalut

Kenali Bahaya Penggunaan Pembalut

Kenali Bahaya Penggunaan Pembalut

Kenali Bahaya Penggunaan Pembalut

Kenali Bahaya Penggunaan Pembalut – Menstruasi merupakan suatu proses yang dialami tubuh untuk mempersiapkan diri alam kegiatan produktifitas selanjutnya. Setiap bulannya wanita akan mengalami ketidaknyamanan fisik selama proses menstruasi. Keluhan yang sering dialamai wanita setiap menstruasi, yaitu keputihan, mual, pusing, demam, gatal-gatal pada kulit, rasa panas serta kram pada bagian bawah perut, radang vagina, radang serviks, nyeri atau sakit pada bagian pinggang.

Pada saat menstruasi, wanita akan terkena infeksi bakteri. Infeksi bakteri menjadi penyebab penyakit kandungan yang lebih serius jika tidak ditangani secara khusus. Selain itu adanya infeksi pada daerah kewanitaan disebabkan karena penggunaan pembalut wanita. Keadaan ini yang membuat pembalut telah menjadi sarang pertumbuhan bakteri meskipun hanya dipakai selama 2 jam.

Kesalahan yang sering dilakukan wanita menstruasi saat pemakaian pembalut, diantaranya:

1. Membuka serta memasang pembalut tanpa melakukan cuci tangan terlebih dahulu.

2. Menyimpan pembalut di tempat yang lembab.

3. Menggunakan pembalut yang sudah kadarluarsa

4. Pemilihan pembalut tanpa mempertimbangkan kualitas pembalut.

5. Menggunakan pembalut yang mengandung obat-obat kimia seperti: pemutih atau pewangi

6. Menggunakan pembalut terlalu lama.

Hampir semua perempuan tidak mengetahui jenis pembalut yang mereka gunakan. Para wanita lebih mengenalnya harga pembalut yang mereka gunakan tanpa mengetahui resiko yang mereka hadapi. Pembalut termasuk bagian klasifikasi produk cepat saji, atau produk sekali pakai. Oleh sebab itu, produsen kerap memanfaatkan kertas daur ulang sebagai bahan dasar dalam pembuatan pembalut. Pembalut yang beredar dipasaran terbuat dari kertas yang di daur ulang. Tujuan produsen untuk menghemat biaya produksi sebab pembalut merupakan produk sekali pakai.

Dimana proses daur ulang dengan menggunakan bahan kimia, yaitu untuk pemutihan, untuk pembuangan bau, untuk sterilisasi bakteri. Biasanya pada bahan penyeraplah yang akan mengandung bahan kimia secara berlebihan dengan demikian akan menyebabkan terjadinya gangguan pada organ reproduksi. Serta yang lebih memperburuk keadaan pada pembalut yaitu lapisan bawah yang kedap udara dengan demikian tidak ada sirkulasi oksigen pada daerah organ reproduksi.

Cara mengecek kualitas pembalut, diantaranya:

1. Suntikan 35-50 ml/cc air pada permukaan pembalut air sebagai pengganti darah.
2. Diamkan beberapa saat kemudian tekan selembar tissue yang di taruh pada permukaan pembalut ini adalah posisi saat wanita duduk, sehingga ada tekanan pada pembalut.
3. Apa yang anda dapat rasakan? Apakah tissue anda menjadi basah? Apabila tissue anda menjadi basah, ini menandakan daya serap yang dimiliki pembalut kurang baik.
4. Apabila dibayangkan, setiap bulan wanita selalu menggunakan pembalut yang permukaan atasnya selalu basah?
5. Siapkan setengah gelas air putih, usahakan gunakan gelas yang bening ataupun transparan serta alat pengaduk seperti: sumpit.
6. Sobek pembalut setelah itu ambil bagian inti di dalamnya atau bahan penyerap, kapas. Masukkan ke dalam gelas berisi air untuk sebagian dari bagian inti pembalut anda, kemudian aduk.
7. Apa yang dilihat? Apakah bagian inti pembalut akan hancur, seperti pulp kertas serta air berubah menjadi keruh? jika jawabannya iya, hal ini menandakan pembalut menggunakan bahan yang kurang berkualitas, atau kertas daur ulang.
8. Bisa dibayangkan, setiap bulan menggunakan pembalut yang dibuat dari kertas daur ulang, dengan bahan kurang berkualitas serta proses pembuatan menggunakan bahan kimia yang berbahaya?
Awas bahaya zat dioxin yang ada dalam pembalut, berikut dampak yang akan ditimbulkannya:
1. Menyebabkan Kanker Mulut Rahim
2. Menyebabkan Kanker Payudara
3. Menyebabkan Kanker Rahim
4. Menyebabkan Tumor Uterus
5. Menyebabkan Kista
6. Menyebabkan Myom

About yanti nurjayanti

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates