Thursday , 19 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Apa Penyebab Terjadinya Keguguran

Ketahui Apa Penyebab Terjadinya Keguguran

Ketahui Apa Penyebab Terjadinya Keguguran

Ketahui Apa Penyebab Terjadinya Keguguran

Ketahui Apa Penyebab Terjadinya Keguguran – Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan keguguran. Bagi mereka yang sudah mengalami keguguran tentu ingin mengetahui penyebab terjadinya keuguguran tersebut dengan demikian pada saat kehamilan selanjutnya hal ini tidak terulang lagi. Selain itu juga, dengan mengetahui informasi ini sehingga dapat melakukan perencanaan kehamilan supaya keguguran dapat dihindari. Berikut penyebab keguguran yang harus diketahui diantaranya:

1. Akibat Kelainan Kromosom
Kondisi ini terjadi akibat kerusakan sperma atau sel telur dengan demikian kromosom hasilnya tidak dapat sempurna. Dampaknya, akan terjadi kelainan kromosom pada saat embrio dihasilkan. Untuk wanita hamil yang sudah dua kali atau lebih telah mengalami keuguguran maka dianjurkan untuk melakukan tes medis.

2. Akibat Rahim atau Leher Rahim Lemah
Jika bentuk rahim tidak normal sehingga embrio tidak bisa berkembang atau tidak dapat memperoleh asupan makanan yang dapat membuatnya tidak bisa bertahan hidup. Kondisi leher rahim lemah mengakibatkan rahim tidak dapat menahan janin yang semakin hari semakin membesar, pada saat serviks melemah sehingga janin akan lebih rentan mengalami keguguran.

3. Akibat Masalah Sistem Kekebalan Tubuh atau Imunologi
Terkadang tubuh wanita dapat menganggap sperma merupakan sebuah benda asing, dampaknya sistem imun yang ada dalam tubuh wanita akan menyerang embrio yang sudah dihasilkan.

4. Akibat Penyakit Yang Tidak Diobati
Diabetes ataupun gangguan tiroid yang tidak diobati menyebabkan lingkungan yang dapat merugikan untuk rahim. Pada keadaan ini, embrio akan lebih sulit untuk hidup lebih lama dan juga bertahan hidup.
5. Akibat PCO atau Polycystic Ovary Syndrome
Wanita yang mengalami PCO memiliki kadar hormon testosteron yang sangat tinggi dengan demikian siklus menstruasi serta ovulasinya tidak dapat teratur. PCO ini menyebabkan resistensi insulin.
6. Akibat Infeksi Bakteri
Infeksi bakteri bisa meningkatkan peluang keguguran seperti infeksi akibat ureaplasma urealyticum serta mycoplasma hominis yang dapat hidup di dalam saluran orang reproduksi pria ataupun perempuan sehat. Pada seorang wanita, timbulnya infeksi bakteri ini menyebabkan endometrium atau lapisan Rahim akan terjadi peradangan dengan demikian sulit bagi embrio bisa bertahan hidup serta berkembang.
7. Akibat Kebiasaan Buruk Merokok, Minum Alkohol, Narkoba dan Pencemaran Lingkungan
Narkoba merupakan salah satu zat nikotin yang dapat masuk ke dalam plasenta serta dapat mengacaukan pertumbuhan dan suplai dari ke janin, wanita perokok mempunyai resiko dua kali lebih besar kemungkinannya dalam mengalami keguguran dibandingkan wanita yang tidak merokok.
Selain itu sedikitnya minum 2 gelas minuman beralkohol setiap harinya menyebabkan wanita akan sulit hamil hingga keguguran, sementara untuk wanita yang beraktifitas di lingkungan tercemar misalnya perternakan, laboratorium, serta kamar operasi mempunyai resiko keguguran lebih besar.
8. Akibat Penggumpalan darah atau blood clotting.
Beberapa wanita hamil akan mengalami kelainan trombosis atau penggumpalan darah yang dapat menghalangi pembentukan pembuluh darah plasenta.
9. Akibat Pembukaan leher Rahim
biasanya pada usia kehamilan yang lebih lanjut, pembukaan leher rahim yang terlalu cepat atau sebelum masa persalinan bisa mengakibatkan keguguran.

 

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates