Sunday , 26 March 2017
Home » Info Kesehatan » Ketahui Hormon Pada Wanita Hamil

Ketahui Hormon Pada Wanita Hamil

Ketahui Hormon Pada Wanita Hamil

Ketahui Hormon Pada Wanita Hamil – Hormon merupakan pembawa pesan kimia dari sistem endokrin yang bisa menjamin efektivitas fungsi tubuh dengan melalui sistem komunikasi yang sangat rumit hingga triliunan sel. Hormon merupakan modulator yang penting dari aktivitas selular. Seperti halnya insulin yaitu hormon, yang diproduksi oleh pankreas. Sedikit glukosa di dalam aliran darah merupakan penyebab oleh sekresi insulin oleh pankreas yang tidak cukup ataupun ketidakmampuan tubuh untuk secara layak dalam memanfaatkan glukosa. Tubuh lalu memicu pankreas dalam memproduksi lebih banyak insulin. Insulin merupakan hormon dengan tindakan global serta bisa mengakibatkan tekanan darah tinggi, menyebabkan kelainan lemak darah, fungsi sistem kekebalan tubuh normal serta menyebabkan penuaan biologis dipercepat.

Pada seorang wanita, kadar insulin yang tinggi mengakibatkan tubuh dapat mengubah produksi hormon jauh dari hormon estrogen pada wanita serta produksi hormon testosteron pada laki-laki. Estrogen rendah dengan insulin tinggi dapat mengubah komposisi tubuh dan juga bentuknya, mengakibatkan kenaikan berat badan tidak sehat serta penimbunan peningkatan lemak pada perut. Estrogen mempunyai efek perlindungan untuk mencegah osteoporosis, penyakit jantung dan juga Alzheimer serta dengan tubuh memproduksi estrogen yang rendah dapat meningkatkan terjadinya penyakit tersebut bisa meningkat.

1. Fungsi Hormon pada Perempuan
Tubuh wanita dapat memproduksi 2 hormon yang menonjol yaitu estrogen serta progesteron. Kedua hormon tersebut diproduksi dalam ovarium serta mempunyai peran penting untuk sistem reproduksi wanita.
Estrogen merupakan hormon yang bertanggung jawab dalam perkembangan karakteristik seksual wanita misalnya payudara, vagina, siklus menstruasi, bentuk tubuh dan juga pertumbuhan rambut di bawah lengan serta di sekitar wilayah kemaluan. Pada khususnya untuk wanita, hormon ini dibutuhkan dalam pengembangan yang tepat dari tulang serta proses metabolisme.
Progesteron merupakan hormon lain yang dapat mengatur menstruasi. Mempunyai anti-inflamasi tindakan serta mengatur respon kekebalan tubuh.
Kedua hormon tersebut (estrogen dan progesteron), bersama dengan testosteron serta DHEA dapat bekerja sama untuk memberikan kesehatan yang besar untuk perempuan.

2. Hormon Testosteron serta DHEA
Hormon lain yang diproduksi dalam ovarium yaitu hormon testosteron. Meskipun tidak dianggap sebagai hormon yang terdapat dalam wanita, tubuh wanita bisa memproduksi hormon ini dalam jumlah kecil agar bekerja dengan baik progesteron dan juga estrogen dalam mengatur sistem reproduksi wanita.
Testosteron merupakan hormon yang berhubungan dengan hormon laki-laki. Hal tersebut hormon paling ampuh di antara hormon laki-laki. Akan tetapi, di dalam tubuh wanita hormon ini dapat memainkan peran utama untuk reproduksi. Untuk satu itu merupakan hormon steroid yang dapat mempengaruhi gairah seks wanita. Hal tersebut juga dianggap sebagai usia biologis terbaik untuk seorang wanita untuk hamil sebab perempuan dalam kelompok usia ini mempunyai kesempatan terbaik dalam kehamilan yang sehat serta persalinan.
Pada saat seorang wanita hamil tubuhnya akan melewati berbagai macam perubahan. Kadar hormon dapat meningkat sebab tubuh mempersiapkan dalam mempertahankan kehidupan baik bagi ibu serta janin.
Hal ini khas untuk perempuan dalam mengalami rasa takut serta khawatir pada saat mereka hamil. Keguguran biasanya menjadi tanda bahwa terdapat sesuatu yang tidak baik serta janin tidak sehat untuk hidup. Dengan perubahan yang drastis dalam kadar hormon, banyak wanita yang menemukan bahwa mereka secara tiba-tiba menderita kecemasan serta serangan panik. Mungkin seseorang tidak pernah mempunyai serangan kecemasan ataupun serangan panik dalam hidup Anda hingga Anda menjadi hamil serta tiba-tiba menemukan bahwa ketakutan berada di luar kendali. Tidak ada cara dalam mengetahui bagaimana tubuh pada saat akan bereaksi dalam peningkatan hormon. Peningkatan kadar hormon dapat membuat semua jenis perubahan di dalam tubuh Anda akan tetapi perubahan ini dibutuhkan untuk kehamilan normal serta juga persalinan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates