Wednesday , 18 October 2017
artikel terbaru :
Home » Info Kesehatan » Ketahui Penyebab Terjadi Secara Mimisan Mendadak

Ketahui Penyebab Terjadi Secara Mimisan Mendadak

Ketahui Penyebab Terjadi Secara Mimisan Mendadak

Ketahui Penyebab Terjadi Secara Mimisan Mendadak

Ketahui Penyebab Terjadi Secara Mimisan Mendadak

Ketahui Penyebab Terjadi Secara Mimisan Mendadak – Mimisan atau disebut epistaksin merupakan suatu gejala keluarnya darah melewati hidung. Mimisan dapat terjadi mulai dari anak sampai orang lanjut usia, mempunyai kemungkinan bisa mengalami gejala mimisan yang sama. Biasanya selama beberapa menit mimisan bisa terjadi mendadak secara mendadak, bahkan hanya beberapa detik saja terjadi. Akan sangat terasa tidak nyaman serta aneh pada bagian hidung pada saat mengalami mimisan, sebab darah segar akan keluar akan tetapi pada hidung tidak akan merasakan sakit ataupun rasa perih. Mimisan terjadi baik pada anak ataupun dewasa diakibatkan karena pecahnya pembuluh darah di bagian dalam hidung.
Berikut terdapat dua jenis mimisan diantaranya:
1. Jenis Mimisan Anterior
Jenis mimisan anterior merupakan salah satu jenis mimisan yang paling sering terjadi. Mimisan anterior terjadi akibat pendarahan pada bagian depan hidung.
2. Jenis Mimisan Posterior
Jenis mimisan posterior lebih memiliki kondisi yang serius dibandingkan mimisan anterior. Pada jenis mimisan posterior pendarahan muncul lebih banyak, yang berasal dari pembuluh darah yang berada pada bagian belakang hidung, yakni diantara langit-langit mulut serta rongga hidung.
Berikut beberapa faktor yang dapat menimbulkan mimisan, diantaranya:

1. Akibat Membuang ingus terlalu keras
Pada saat anda sedang tidak enak badan serta sedang flu, dengan demikian tubuh biasanya dapat merespon dengan mengeluarkan ingus serta bersin bersin. Ingus harus dikeluarkan akan tetapi terkadang beberapa orang membuang ingus yang terlalu keras, dengan demikian pada akhirnya menyebabkan mimisan.

2. Akibat Terlalu dalam mengorek hidung
Kebiasaan mengupil alangkah baiknya anda tidak mengorek hidung terlalu dalam sebab dapat melukai bagian dalam hidung, sehingga akan berpotensi menimbulkan mimisan.

3. Akibat Perubahan tekanan udara
Biasanya perubahan tekanan udara yang dapat menyebabkan mimisan yaitu, udara yang terlalu panas serta udara yang terlalu dingin.

4. Akibat Penggunaan jenis obat-obatan
Akibat kandungan bahan kimia yang terdapat dalam obat-obatan dapat menimbulkan gejala mimisan. Seperti obat aspirin, antikoagulan serta inhaler yang dikonsumsi secara berlebihan.

5. Akibat alergi
Akibat polutan yang terhirup oleh orang yang mengalami sensitif hidungnya, maka dapat menyebabkan mimisan.

6. Akibat Iritasi senyawa kimia
Mimisan juga dapat terjadi akibat adanya iritasi reaksi senyawa kimia. Dimana terjadi iritasi pada bagian rongga serta pangkal hidung yang diakibatkan karena masuknya bahan kimia ataupun senyawa ke dalam hidung.

7. Akibat Penggunaan NAPZA
Obat obatan terlarang serta narkotika disebut dengan narkoba bisa menyebabkan iritasi serta mimisan pada hidung.

8. Akibat tumor pada rongga hidung
Tumor merupakan suatu pertumbuhan benjolan yang tidak normal, dalam hal ini tumor muncul serta tumbuh di bagian rongga hidung. Pada saat tumor semakin membesar, tumor bisa menyebabkan beberapa hal yaitu dapat menutup saluran pernafasan, serta dapat menekan pembuluh darah sampai pecah.

9. Akibat Adanya suatu kelainan pada sistem pembekuan darah
Untuk orang yang menderita kelainan dalam system pembekuan darah atau hemophilia akan mengalami mimisan.

10. Akibat Gejala psikosomatis
Terjadinya kondisi gangguan psikologis dapat  berdampak negative terhadap kondisi tubuh seseorang, salah satunya akan mengalami mimisan.

11. Akibat Terjadi kecelakaan
Kondisi ini mulai dari kecelakaan ringan hingga kecelakaan berat yang dapat mengakibatkan mimisan.

12. Akibat gejala dari penyakit – penyakit tertentu
Penyakit yang dapat menyebabkan mimisan yaitu darah tinggi, demam berdarah, tumor, kanker serta leukemia.

13. Akibat selaput lendir serta pembuluh darah tipis
Selaput lendir hidung akan menjadi kering, keras atau retak dapat disebabkan karena udara dingin atau panas terik hingga menyebabkan mimisan.

About cecep tamahaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates